Jeff, Who Lives at Home (2011/US)


Where is lilypad bro?

Bagi yang familiar dengan serial How I Met Your Mother pasti tahu Jason Segel, komedian berbadan tinggi besar ini memang sudah identik dengan karakter Marshall di serial yang sudah berjalan tujuh season itu. Penampilan memorable Jason Segel yang paling saya ingat mungkin ketika dirinya bermain di film I Love You, Man. Karena di film tersebut ia berduet dengan aktor yang identik dengan film-film komedi favorit saya, Paul Rudd. Well, lama tak melihat Jason Segel muncul di layar lebar, kali ini Marshall kembali lagi di film terbaru Duplass bersaudara yang berjudul Jeff, Who Lives at Home.

Jeff (Jason Segel) adalah seorang pria berumur 30 tahun yang masih tinggal bersama ibunya, lebih tepatnya tinggal di basement rumah ibunya, Sharon (Susan Sarandon) yang sedang berkutat dengan ‘secret admirer’ di kantornya. Jeff yang hobi mengganja ini percaya dengan yang namanya takdir, hingga suatu hari, ketika selesai merekam suaranya sendiri yang mengutarakan betapa bagusnya film Signs (saya setuju dengan Jeff) di toilet, Jeff menemukan ‘pertanda’ yang bisa mengubah kehidupannya, kakaknya, Pat (Ed Helms) yang sedang bersitegang dengan istrinya, Linda (Judy Greer), bahkan kehidupan ibunya. So, apa anda percaya dengan yang namanya takdir? Duplass bersaudara mencoba menjawab pertanyaan sederhana tersebut lewat film ini.

Tidak banyak film Duplass bersaudara yang saya tonton, tapi film terakhir mereka, Cyrus, yang dibintangi oleh Jonah Hill dan John C. Reilly tergolong film sederhana yang bagus. Itulah yang saya rasakan ketika menonton Jeff, Who Lives at Home ini, kualitas sama baiknya dengan Cyrus dengan peningkatan disana-sini, termasuk membawa tema cerita yang tidak biasa, yaitu ‘takdir’ yang ditilik dari sudut pandang seorang yang kurang produktif.

Drama yang diusung oleh Duplass bersaudara memang tergolong menarik, sangat indie dan tidak biasa, mungkin hampir mirip dengan film-film drama yang ditulis oleh Diablo Cody, tapi tetap bisa dicerna oleh penonton awam sekalipun. sama halnya seperti Cyrus, yang bercerita tentang pentingnya rasa pengertian antara satu sama lain, di film ini juga kita akan menyaksikan bagaimana Jeff berusaha untuk membuat orang-orang di sekelilingnya mengerti akan dirinya, termasuk kakaknya yang tidak pernah menganggap serius omongan adiknya.

Film ini akan memberikan pelajaran berharga jika kamu percaya dengan yang namanya takdir dan keajaiban. Jeff akan mengajari kita bahwa yang namanya kebetulan itu tidak ada, tapi yang namanya takdir itu pasti dan absolut. Film berdurasi kurang dari 90 menit ini menyuguhkan hari bersejarah Jeff yang percaya bahwa hari tersebut adalah hari dimana ‘takdir’ merubah hidupnya, bahkan keluarganya yang sedang didera masalah-masalah pribadi sampai semua perjalanan epik Jeff hari itu ditutup dengan ending yang manis.

Sekilas film ini seperti film komedi yang menceritakan seorang pemalas akut yang tidak pernah keluar rumah, tapi dibalik itu, Jason Segel memberikan performa terbaiknya ketika memerankan karakter Jeff yang menurut saya pribadi sangat cocok dengan dirinya. Duet Jason Segel dengan Ed Helms sebagai sepasang kakak beradik mengalir dengan natural, bagaikan melihat kakak adik yang tidak pernah akur, tapi siapa sangka justru kisah paling romantis di film ini bukanlah hubungan Pat dan Linda, melainkan hubungan Jeff dan Pat yang sudah lama terbengkalai.

Well, sebagai sebuah film drama komedi yang lebih berat ke drama, Jay Duplass dan Mark Duplass berhasil menyuguhkan tontonan yang menghibur sekaligus bermakna. Walau sedikit ‘cheesy’ di akhir-akhir film, tapi Duplass bersaudara tetap mengemas keseluruhan film ini dengan sangat manis dan kadang mengejutkan. Overall, Jeff, Who Lives at Home adalah tontonan yang cocok bagi anda yang suka film-film drama komedi yang bergaya indie tapi mempunyai cita rasa tinggi. Just enjoy this movie!

Rating: 4/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s