Ice Age: Continental Drift (2012/US)


Meet the silly gang from the other side

Pertama kali film kartun ini muncul tahun 2002, sudah lama sekali bukan? Lucunya, Ice Age merupakan film kartun yang muncul bukan dari studio yang biasa menelurkan film-film kartun ternama seperti Disney, Pixar maupun Dreamworks, Ice Age merupakan “anak emas” yang lahir dari Blue Sky Studios. Tapi, harus diakui, kemunculan pertama kali Ice Age sepuluh tahun yang lalu sukses mengocok perut saya, saya masih ingat betapa lucunya film yang mengisahkan hewan-hewan prasejarah ini. Tanpa tunggu waktu lama, setelah kesuksesannya mendulang pundi-pundi uang, Ice Age melaju terus, tidak mau kalah dari para pesaingnya. Sampai akhirnya saya menonton installment terakhirnya yang berjudul Ice Age: Continental Drift. Well, tanpa diduga, walau kekonyolannya tidak seintens seri-seri sebelumnya, Manny, Sid dan Diego masih menghibur saya.

Keluarga di film Ice Age sekarang sudah bertambah besar, apalagi ketika Manny (Ray Romano) dan Ellie (Queen Latifah) sudah mempunyai anak gadis yang sedang mengalami masa puber yaitu Peaches (Keke Palmer), kemudian masih ada Sid (John Leguizamo) yang masih bodoh seperti biasa, kedatangan neneknya yang tidak kalah “freak” dari dirinya, dan terakhir tentu saja Diego (Denis Leary) yang masih menjadi pejantan tangguh. Seperti biasa, semua kejadian epik di Ice Age selalu disebabkan hewan bernama Scrat yang terus memburu kenari. Dan di film keempat ini, Scrat telah membuat ulah (yang harus anda tonton sendiri di opening film ini) yang menyebabkan terbentuknya benua baru di bumi, dan hal itu yang menyebabkan Manny, Sid dan Diego terpisah dari kawanannya dan keluarganya, terasing ke lautan luas dan bertemu dengan perompak kejam bernama Captain Gutt (Peter Dinklage), gorila yang mempunyai anak buah tidak kalah “freak” seperti anjing laut, kelinci, kangguru, babi dan harimau saber bernama Shira (Jennifer Lopez) yang nanti menjadi love interest Diego (secara tidak langsung). Maka petualangan yang biasa terjadi darat kini berlanjut ke lautan, apakah Manny, Sid dan Diego bisa mengalahkan Captain Gutt dan anak buahnya?

Tidak perlu menjadi pengamat film senior untuk mengetahui jawabannya, yang jelas Ice Age keempat ini masih tetap menghibur saya, saya masih tertawa puas pada beberapa adegan konyolnya, apalagi jika adegan tersebut melibatkan Sid, dan kali ini ditambah dengan kehadiran neneknya yang annoying, maka bisa dipastikan kekonyolan mereka bertambah. Ceritanya sendiri mengalir dengan mulus dari awal sampai akhir, ternyata petualangan di laut tidak kalah lucunya dengan di darat, bahan leluconnya justru makin bervariasi, tapi tetap, karena stok humornya tetap dipegang oleh Sid yang masih setia disuarakan John Leguizamo, sehingga karakter lain tidak terlalu mendapat tempat untuk menjadi bahan tertawaan (secara verbal) karena sebagian besar hanya mengandalkan lelucon-lelucon visual, padahal ada Nick Frost yang menyuarakan si anjing laut gendut dan Kunal Nayyar, jebolan serial ‘geek’ The Big Bang Theory yang sayang sekali hanya mendapat sedikit jatah untuk mengembangkan karakternya menjadi bahan tertawaan baru.

Tapi diluar itu, film yang dari pertama sampai sekarang skripnya ditulis oleh Michael Berg ini masih mempunyai beberapa amunisi untuk membuat saya tertawa walau tidak seintens ketiga filmnya terdahulu. Belum lagi sekarang ada unsur nyanyian dan tarian didalamnya, apakah karena faktor Nicki Minaj dan Jennifer Lopez yang memerankan mammoth remaja dan harimau disini? Entahlah, yang jelas saya tidak pernah menduga jika yang menyuarakan si perompak gorila ini adalah Peter Dinklage, ternyata dibalik penampilan aslinya yang memang seorang ‘midget’, ia bisa juga menyuarakan karakter yang bengis dan agak brutal (walau masih terlihat konyol) salut!

Untuk sebuah film kartun konyol, lucu dan menghibur, saya pikir Ice Age: Continental Drift masih bisa menjadi pilihan anda yang sedang mencari tontonan keluarga yang menyenangkan. Mungkin jika nanti dibuat lagi sekuelnya, saya harap kekonyolannya kembali seperti film pertamanya, simple tapi bisa membuat saya tertawa sakit perut. Well, not bad, still fun to watch, enjoy guys!

Rating: 3/5

One thought on “Ice Age: Continental Drift (2012/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s