American Reunion (2012/US)


Old habit never dies!

American Pie bisa jadi salah satu film bersejarah di Amerika yang mengubah wajah perfilman anak muda “liar” Amerika hingga saat ini. Ketika itu, atau mungkin sampai sekarang, siapa yang tidak tahu Stifler dan istilah Sherminator? Saya yakin semua yang sekarang sudah berumur minimal 25 tahun pasti tahu kegilaan-kegilaan yang dilakukan Stifler dan empat temannya, terutama Finch, di film American Pie ini, berlanjut ke American Pie 2 kemudian American Wedding (lupakan film-film lain yang mencatut nama American Pie) hingga akhirnya American Reunion yang baru saya tonton ini. Well, sebuah perjalanan hebat, tidak terasa sudah lebih dari satu dekade video pre-ejakulasi Jim masih menimbulkan efek yang luar biasa konyol hingga sekarang.

Kita tahu Jim (Jason Biggs) dan Michelle (Alyson Hannigan) sudah menikah, dan mereka sudah mempunyai anak, hidup bahagia? Seharusnya, tapi sayang, krisis paruh baya menimpa Jim dan Michelle ketika mereka sudah tidak bisa saling “memuaskan”. Maka, ketika acara reuni angkatan 99 (lengkap dengan musiknya) digelar, Jim dan Michelle berusaha melupakan hal tersebut sejenak, dengan cara berkumpul kembali dengan para sahabatnya, yaitu Finch (Eddie Kaye Thomas), Oz (Chris Klein), Kevin (Thomas Ian Nicholas) dan jangan lupakan si gila Stifler (Seann William Scott). Belum cukup berkumpul dengan para sahabat, para mantan dan cinta lama rekan-rekan Jim mulai bermunculan kembali, tapi jangan khawatir, kali ini mereka tidak akan mengajarkan kita untuk menjadi gila seperti jaman SMA, tapi memberi pelajaran penting bahwa krisis paruh baya itu bisa dilewati dengan sedikit kegilaan tentunya.

Saya tidak pernah menduga, ternyata American Reunion total menghibur saya, sesuai dengan jaman dan umur, ceritanya sangat pas ditonton oleh kita yang sempat menikmati film pertamanya dulu. Walau Adam Herz menyerahkan tampuk penulisan script kepada Jon Hurwitz dan Hayden Schlossberg, bukan berarti kekonyolan film ini berkurang, malah konyolnya pas bagi kita yang telah menyaksikan perjalanan panjang film anak-muda-hingga-menjadi-dewasa-gila ini.

Tidak banyak dari para alumnus American Pie yang bersinar setelahnya, sebut saja Alyson Hannigan, John Cho dan tentunya Seann William Scott yang menurut saya alumnus paling sukses dari semua rekannya di American Pie, bahkan Jason Biggs pun seperti hilang entah kemana. Tapi hebatnya, Seann William Scott masih bisa memberikan performa liarnya seperti 13 tahun yang lalu. Tetap vulgar, tetap kasar dan tetap mempunyai libido tinggi tidak ubahnya para ABG sekarang. Sama halnya seperti Eugene Levy sebagai ayah jim yang penampilannya seperti tak lekang oleh waktu, bahkan ibu Stifler pun sudah terlihat sangat tua (walau sedikit).

Dengan mengembalikan semua karakter gila di film-film terdahulunya, American Reunion sukses membuat saya reuni lagi dengan para karakter film ini. Apalagi ceritanya yang sebenarnya klise untuk formula reunian, tetap bisa menghadirkan lelucon-lelucon konyol yang sukses mengocok perut saya (apalagi semua adegan yang melibatkan Stifler). Beberapa cameo klasik pun ikut muncul, jangan lupakan Neil Patrick Harris yang muncul sesaat di acara  dance off-nya Oz.

Jika ditelaah lebih lanjut, saya pikir seri American Pie adalah seri film anak muda Amerika yang paling masuk akal dan tidak berlebihan jika dibandingkan dengan film-film anak muda liar Amerika lainnya yang sepertinya “it’s all about sex”. Tidak seperti American Pie, khususnya American Reunion, setidaknya kita belajar satu atau dua hal dari lelucon vulgar dan kasar Stifler. Yeah, it’s not about boobs anymore, it’s about how we can live our life while keep the party going. Enjoy this reunion guys!

Rating: 4/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s