Ted (2012/US)


Well, let’s get high!

Ted merupakan film komedi yang dapat saya katakan “the finest comedy of this year”, walau tidak sebegitu hebatnya, tapi harus saya akui, Ted adalah film komedi yang saya butuhkan tahun ini. Lucunya, Mark Wahlberg juga menjadi faktor saya makin suka dengan film yang naskahnya ditulis dan disutradarai oleh “founding father”-nya serial “gila” Family Guy, Seth MacFarlane ini. Jujur saya tidak pernah menonton serial Family Guy satu episode sekali pun, dan saya tidak tahu siapa itu Seth MacFarlane, tapi karena ada Mark Wahlberg dan boneka yang bisa berbicara serta tulisan “film ini khusus dewasa” di setiap bioskop yang menayangkannya, well, I’m sold!

John Bennet (Mark Wahlberg) adalah seorang pria yang sedari kecil berteman dengan boneka beruangnya yang bisa berbicara. Bonekanya yang bernama Ted (Seth MacFarlane) adalah jawaban dari harapan John yang semasa kecilnya hidup merana tak pernah punya teman. Beranjak dewasa, ketika John sudah menjalin hubungan dengan Lori (Mila Kunis), Ted tidak pernah lepas dari sisi John. Tapi Lori mulai risih, karena bagaikan “best friend forever salah arah”, Ted dan John tak bisa dipisahkan, walau umur mereka sudah tak muda lagi, tapi ketika bersama Ted, John menemukan kebebasan yang absolut. Ya, kadang usia tak lagi muda tapi jiwa menolak untuk tua, maka persahabatan Ted dan John diuji ketika Lori menginginkan hubungan yang serius dan lebih dewasa.

Dibalik plotnya yang sederhana, Ted menyuguhkan humor garis keras ala Amerika yang benar-benar menohok dan menusuk siapapun, dari mulai rasisme, vulgarisme hingga anarkisme. Seth MacFarlane menciptakan sosok boneka lucu lewat sudut pandangnya yang brillian. Lelucon satirnya sudah melewati batas kemanusiaan yang gila, apalagi dengan tema 80-an yang kental, dan membawa serta ikon Flash Gordon yang diperankan langsung oleh Sam Jones, the real Flash Gordon. Jangan lupakan unsur komikal yang muncul di setiap adegan film ini, seperti adegan John mengendarai mobilnya bak Flash Gordon yang lengkap dengan kilatan cahaya dan scoring musiknya, menjadi lelucon visual yang berhasil membuat saya tertawa lunglai.

Selebihnya adalah lelucon-lelucon gila yang tidak usah dipertanyakan lagi, bahkan ada beberapa yang sangat familiar, bisa dibilang Seth MacFarlane mengulang beberapa lelucon klasik dengan suguhan baru yang benar-benar menghibur. Bahkan menurut saya, sumber tawa bukan berasal dari Ted seorang, Mark Wahlberg berhasil memberikan penampilan terbaiknya ketika harus berperan di film komedi gila seperti ini, mengingatkan saya pada film The Other Guy, Mark Wahlberg mengulang kembali ekspresi polos dan sok tahunya di film Ted ini tapi minus kelakuan emosionalnya.

Walau jutaan orang berpendapat Mila Kunis terlalu muda untuk menjadi pasangan Mark Wahlberg, well it doesn’t matter, saya tetap menikmati film ini dari awal sampai akhir, bahkan saya tidak begitu memperhatikan hubungan John dan Lori malahan. Jangan lupakan para cameo di film ini serta peran antagonis super konyol yang diperankan dengan sangat epik oleh Giovanni Ribisi, freak sekaligus weirdo! Ya, Ted menjadi film yang sangat menghibur, dari menit awal sampai menit akhir, saya berhasil tertawa lepas, walau ditutup dengan ending yang sebenarnya klise, tapi sindiran Seth MacFarlane belum benar-benar berhenti sampai closing credit muncul.

Mungkin setelah ini saya akan mencoba untuk menonton serial Family Guy. Well, tunggu apalagi, kalau anda suka film komedi brutal, Ted tidak boleh anda lewatkan, dan sekali lagi, film ini untuk dewasa ya, jangan sampai anda membawa anak-anak anda yang masih terlalu polos untuk menonton film ini, he-he. Enjoy this movie, the comedy of the year ladies and gentlemen!

Rating: 4.5/5

 

 

 

One thought on “Ted (2012/US)

  1. Pingback: A Million Ways to Die in the West (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

