Red Lights (2012/US)


Levitation is so yesterday

Ketika bicara soal paranormal activity (bukan film), pasti timbul banyak pertanyaan, apakah hal itu benar adanya? Atau hanya tipuan mata sesaat? Lalu apa bedanya dengan pesulap? Lalu apakah betul kekuatan psikis seperti telekinetik dan telepati itu ada? Maka anda harus menonton film berjudul Red Lights ini untuk mencari tahu jawabannya. Sebenarnya jawabannya pun tidak begitu memuaskan, karena film yang disutradarai oleh orang yang bertanggung jawab atas film horor klaustrophobik beberapa tahun lalu yang berjudul Buried, Rodrigo Cortés, tidak memberi jawaban apakah kekuatan psikis itu benar adanya lewat film ini.

Kita akan berkenalan dengan dua ilmuwan bernama Matheson (Sigourney Weaver) dan Buckley (Cillian Murphy) yang gemar membongkar kegiatan-kegiatan psikis palsu yang beredar di masyarakat, seperti berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal, mempunyai bakat melukis yang tiba-tiba muncul dalam semalam dan kegiatan-kegiatan psikis lain yang menurut orang adalah sebuah keajaiban tapi menurut Matheson dan Buckley adalah omong kosong. Hingga suatu waktu, datang Simon Silver (Robert De Niro), orang yang 30 tahun lalu berhasil membuat geger dunia dengan kekuatan psikis yang ia miliki. Apakah Simon Silver betul-betul orang yang mempunyai kekuatan psikis? Atau ia hanyalah penipu yang tidak beda dengan orang-orang yang sudah pernah ditemui Matheson dan Buckley? Jawabannya ternyata lebih mengagetkan dari hipotesa saya sebelumnya.

Saya berkata seperti itu karena saya tidak akan merusak keasyikan anda ketika nanti berencana menonton film ini. Tapi dengan premis dan sinopsis yang beredar, film ini sendiri ternyata berhasil ‘menipu’ saya dengan muatan ceritanya yang sebenarnya mempertanyakan apakah ilmu pengetahuan dan keajaiban itu bisa disandingkan atau tidak. Rodrigo Cortés membuat hal tersebut menjadi menarik untuk ditonton, tapi tidak seperti Buried dimana anda akan ditinggalkan kelelahan dan kesal di akhir film, dalam film yang mempunyai sedikit ‘twist’ ini, kita akan menghirup nafas lega karena semuanya selesai tanpa rasa sesal seperti yang dialami Ryan Reynolds waktu dirinya terkubur hidup-hidup di dalam tanah.

Sepertinya tahun ini adalah tahunnya Sigourney Weaver, yang entah sudah berapa kali saya melihat film yang dibintangi olehnya, walau porsinya tidak banyak, Sigourney Weaver memberikan kesan bahwa pepatah “tua-tua makin menjadi” itu ada benarnya, dimana para anggota Expendables mempunyai cara sendiri untuk eksis di layar lebar, Sigourney kembali beraksi lewat film-film sederhananya. Beruntung ia ditemani oleh Cillian Murphy yang tiga kali muncul di film Batman karya Nolan. Makin menarik dan makin misterius, Cillian Murphy menurut saya menunjukan kebolehannya memerankan ilmuwan yang sangat terobsesi dengan seorang Simon Silver yang ia yakini palsu, tidak begitu gila, tapi saya lebih suka jika ia menjadi seorang yang maniak seperti Scarecrow, he-he.

Pada akhirnya, apakah kekuatan psikis itu benar-benar ada atau tidak? Saya sendiri tidak akan memberi jawabannya, tapi kalau anda sudah pernah menonton film Unbreakable, mungkin anda sudah tidak kaget lagi dengan ending film ini yang mempunyai ‘tone’ yang sama (ups, apakah terlalu spoiler? He-he). Ya, Red Lights merupakan sebuah film yang lumayan asyik, walaupun tidak begitu keren, film ini tetap menghibur dari beberapa aspeknya, lalu bagaimana dengan Robert De Niro? Ya, tonton saja sendiri film ini, enjoy guys!

Rating: 3/5

 

 

 

2 thoughts on “Red Lights (2012/US)

  1. Bener bgt..film ni gak terlalu banyak action,tp ceritanya oke banget,endingnya diluar pikiran sya….mantap deh wajib tonton….

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s