Bernie (2011/US)


Hello? Love my new hairstyle?

Jack Black adalah sosok komedian sekaligus musisi yang penampilannya sulit dilupakan, pertama saya kepincut dengan aktingnya tentu saja lewat film The School of Rock yang legendaris itu, setelahnya masih ada film “epiknya” seperti Pick of Destiny yang mengangkat kisah bandnya sendiri, Tenacious D, setelah itu masih banyak film-film lain dari Jack Black yang memorable dan bernuansa ‘indie’ seperti Be Kind Rewind. Tapi cukup untuk film-film lamanya, setelah curhat di album terakhirnya, Rize of the Fenix, nampaknya Jack Black benar-benar ingin fokus pada dunia musik, tapi sebelum itu, anda tidak boleh melewatkan penampilan anehnya di film terbaru garapan sineas yang berhasil membuat Before Sunrise dan Before Sunset dan tentunya The School of Rock melegenda, Richard Linklater, yang berjudul Bernie.

Bernie (Jack Black) adalah seorang pengurus rumah duka profesional di Carthage, kota kecil di negara bagian Texas Amerika. Bernie merupakan orang paling ramah di Carthage, sangat populer karena kemampuannya untuk berhubungan sosial dengan sesama, aktif di berbagai lembaga sosial hingga perkumpulan teater, dapat dikatakan Bernie adalah ‘superstar’ lokal bagi warga Carthage yang hampir setengah penduduknya adalah para kaum lansia. Masalah mencuat ketika Bernie dikabarkan dekat dengan seorang janda tua kaya bernama Marjorie Nugent (Shirley MacLaine), Nyonya Nugent adalah seorang janda tua kaya yang super judes dan ultra galak, dapat dikatakan separuh penduduk Carthage benci pada dirinya. Tapi dari situ timbul gosip bahwa Bernie hanya mengincar harta dari Nyonya Nugent, gosip yang terendus oleh seorang jaksa wilayah Carthage, Danny Buck (Matthew McConaughey) yang mencurigai kenapa Nyonya Nugent menghilang selama sembilan bulan lamanya, apakah Bernie yang terkenal super baik itu melakukan sesuatu padanya?

Bernie merupakan sebuah film drama ‘aneh’ yang mempunyai tone komedi yang sama dengan film-filmnya Coen Brothers, kelam dan ironis tapi sedikit konyol. Dibalut dengan konsep semi dokumenter, film ini merupakan film yang diangkat dari kisah nyata yang memang benar pernah terjadi di tahun 90-an dimana seorang Bernie Tiede yang dikenal sangat baik oleh penduduk kota Carthage tiba-tiba saja membunuh Nyonya Nugent yang entah mengapa masih tetap menyebalkan dan menjadi super posesif pada diri Bernie. Bisa dibilang ini adalah kejadian aneh tapi nyata, dimana orang sebaik Bernie bisa gelap mata.

Uniknya, kejadian kelam tersebut dibalut dengan tone konyol ala Jack Black yang berpenampilan menjadi “mister perfect” di segala aspek, sampai perlahan-lahan kita akan dibawa untuk mengenal diri Bernie sebenarnya, bahwa ia tetaplah manusia yang mempunyai perasaan, dimana dirinya tidak bisa menjadi seorang ‘budak’ dari Nyonya Nugent yang entah mengapa mempunyai sifat ‘ajaib’ seperti itu. Dengan sosok Bernie, kita akan melihat perspektif seorang pria biasa yang dianggap pembunuh keji oleh penegak hukum.

Maka sosok Danny Buck yang diperankan dengan sangat apik oleh Matthew McConaughey membawa kita untuk melihat dari perspektif seorang penegak hukum, apakah betul hukum memandang sama semua orang di ruang pengadilan? Kasus Bernie yang terjadi di Texas merupakan kasus paling unik yang pernah saya lihat, apalagi kasus tersebut nyata dan pernah terjadi. Sampai Jack Black sendiri menyempatkan ngobrol langsung dengan Bernie yang masih menjalani masa hukumannya di bui untuk memperdalam karakternya di film ini.

Hukum di masyarakat memang menjadi sebuah pedang bermata dua, bahkan orang sebaik Bernie pun harus merasakan keadilan, dan memang harus seperti itu, tapi sekali lagi, film ini membawa kita untuk melihat tanggapan para warga Carthage yang tahu betul sosok Bernie luar dalam, bahwa perbuatannya itu hanyalah khilaf semata, dimana Nyonya Nugent adalah cobaan terbesar bagi Bernie yang notabene seorang yang religius, dan sayangnya Bernie tidak tahan dengan cobaan tersebut sampai akhirnya empat peluru dimuntahkan lewat senapan armadilonya ke Nyonya Nugent.

Bagi saya, apa yang terjadi pada Bernie memang seharusnya terjadi, dia seharusnya ditangkap, uniknya, setelah sembilan bulan pasca kematian Nyonya Nugent, Bernie masih seperti orang yang sama, entah apa yang ada di pikirannya, walaupun pada akhirnya ia mengakui perbuatannya, tapi kasus yang menimpa Bernie benar-benar unik, super unik!

Richard Linklater tahu betul ketika menggarap film ini, sebagai seorang sineas yang memang lahir di Texas, ia menghadirkan nuansa Texas yang sangat kental dengan para warganya yang beraksen khas. Jeniusnya adalah kehadiran Matthew McConaughey sebagai penegak hukum Texas yang memerankan karakternya agak sedikit konyol tapi tetap memukau, mengingatkan saya pada karakternya yang ia perankan di Lincoln Lawyer, superb!

Selain itu, kumpulan rekaman wawancara dengan penduduk Carthage menyoal Bernie ditampilkan dengan sangat mulus, konsisten dan bahkan beberapa penduduk yang diwawancara adalah penduduk asli yang tahu betul jalan cerita kasus yang menimpa Bernie dulu, hampir terasa sekali nuansa dokumenternya. Sementara bagaimana dengan Jack Black? Tidak usah ditanya, do’i selalu memberikan 100% di setiap film-filmnya, walau beberapa orang menyebut Jack Black terlalu ‘lebay’, tapi saya tetap menyukai sosok ekspresif di film-filmnya, dapat dikatakan, tidak ada lagi aktor yang cocok memerankan karakter Bernie yang notabene adalah superstar lokal kota Carthage. Hanya Jack Black seorang, percayalah.

Keadilan itu hanyalah masalah perspektif, tapi pada akhirnya, hanya satu jalan keadilan yang harus ditempuh, dan menurut saya, apa yang menimpa Bernie adalah sesuatu yang sudah sangat amat adil. Ia mungkin pernah gelap mata, tapi orang tidak akan lupa dengan kebaikannya yang kadang terlalu ‘aneh’, he-he. Well, enjoy this simple drama from Richard Linklater guys!

Rating: 3/5

4 thoughts on “Bernie (2011/US)

  1. Kalo kita Jeli…mendengarkan salah satu lagu pengiring difilm ini, maka kita akan segera tahu bahwa itu lagu adalah lagu ” Ibu pertiwi” karya dari Maestro Indonesia “Ismail Marzuki”, Tangga nadanya sama persisss…
    Kulihat ibu pertiwi
    Sedang bersusah hati
    Air matamu berlinang
    Mas intanmu terkenang

    Hutan gunung sawah lautan
    Simpanan kekayaan
    Kini ibu sedang susah
    Merintih dan berdoa.
    ( Adegan sebelum Burnie Membunuh )

    Like

  2. betul sekali, barusan tak sengaja aq nonton di TV langganan, kok ada nada musik yang tak asing, dan ternyata itu lagu ibu pertiwi karya indonesia asli…,

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s