Safety Not Guaranteed (2012/US)


Well, do you believe time travel?

Saya sangat menantikan film ini, film yang berjudul Safety Not Guaranteed ini sudah menyita perhatian saya jauh-jauh hari sebelum rilis. Film ini muncul dengan tema time travel, tema sci-fi yang sudah dibombardir oleh Looper beberapa pekan lalu, lalu apa yang membuat saya tertarik pada film yang dibintangi oleh Aubrey Plaza dan Mark Duplass yang kebetulan menjadi produser eksekutif dari film romantis indie low budget ini? Sederhana saja, film-film drama sederhana yang berada dibawah supervisi Duplass bersaudara tidak pernah mengecewakan saya, sebut saja film terakhir mereka yang sama bagsunya, Jeff, Who Lives at Home. Walau tidak disutradarai langsung oleh Duplass bersaudara, mau tidak mau, film ini kental dengan nuansa quirky dan weird ala film-film Duplass bersaudara. So here we go!

Tiga orang jurnalis sebuah majalah di Seattle bernama Jeff (Jake Johnson), Darius (Aubrey Plaza) dan Arnau (Karan Soni) mempunyai tugas untuk meliput seorang pria bernama Kenneth (Mark Duplass) yang memasang iklan di sebuah majalah, bahwa dirinya sedang mencari partner untuk time travel kembali ke tahun 2001. Jeff sebagai jurnalis senior berinisiatif untuk meliput berita tentang Kenneth yang bisa disimpulkan agak ‘gila’, padahal Jeff hanya ingin bertemu pacar lamanya yang tinggal tidak jauh dari tempat tinggal Kenneth. Maka yang tersisa hanyalah Darius, seorang wanita yang super pasif dan pesimistis, yang harus berpura-pura menjadi partner untuk time travel Kenneth dimana Arnau tidak bisa diandalkan karena sedang dalam pencarian jati diri (yang teramat geek).

Film ini mungkin akan membuat anda tertipu, sedari awal saya sebagai penonton dibuat bertanya-tanya, apakah Kenneth benar-benar melakukan time travel dan berencana melakukannya lagi bersama Darius? Derek Connoly sebagai penulis naskah film ini berhasil membuat penonton untuk terus bertanya-tanya bagaimana film ini akan berakhir, tapi sementara, ia terus mengembangkan jalinan cerita semua karakter di film ini dengan sangat mulus. Jeff dan Arnau menemukan tempatnya sementara Darius dan Kenneth menemukan apa itu definisi ‘partner’ yang bisa diandalkan.

Tanpa disadari, film ini bagaikan sebuah film drama indie ala Duplass bersaudara yang sama sekali tidak membutuhkan mesin waktu untuk membuat premis film ini menarik semua orang. Tapi ternyata Safety Not Guaranteed setia dengan jalinan cerita yang dibuatnya, mempertahankan rasa penasaran penonton hingga akhir film tanpa melupakan esensi penting dari maksud yang ingin disampaikan lewat film ini sendiri. Mungkin kita pernah berada di titik terendah dalam kehidupan ini, tapi ada satu titik dimana kita harus percaya bahwa kita bisa kembali menemukan apa yang kita mau. Kita bisa kembali meraih semua yang kita inginkan, apapun itu, bahkan kebahagiaan, asal kita percaya.

Bukan masalah kembali ke waktu yang kita inginkan, tapi apakah kita siap untuk kembali meraih yang kita inginkan? Tanpa plot rumit ala film time travel lainnya (kecuali Looper yang super standar) Safety Not Guaranteed tidak akan menjamin anda bakal langsung jatuh cinta pada film ini. Tapi bagi saya pribadi, walau tidak sesuai ekspektasi awal (berharap lebih banyak unsur sci-fi) tapi ternyata film ini tetap memberikan pengalaman manis tentang kehidupan. Didukung para aktor-aktornya yang terbilang jarang terlihat di film-film besar, hal tersebut justru membuat film ini makin membumi, skrip yang solid, Mark Duplass yang gemilang dan Aubrey Plaza yang menggemaskan.

Kalau anda suka film-film Duplass bersaudara, saya jamin anda akan suka film arahan Colin Trevorrow ini. Sebagai sebuah indie flick alumnus Sundance Film Festival, Safety Not Guaranteed berhasil membuat saya makin jatuh cinta dengan film-film drama indie yang mempunyai pesan, musik dan mood yang saling melengkapi. Apakah anda sudah percaya bahwa ini film time travel? Anda harus saksikan sendiri. Enjoy their beautiful journey guys!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “Safety Not Guaranteed (2012/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s