Abraham Lincoln: Vampire Hunter (2012/US)


Step off Edward!

Siapa yang tidak tahu film Wanted, saya pikir penggemar Angelina Jolie tahu film action yang setengah-tidak-masuk-akal-tapi-tetap-keren tersebut. Ya, kegilaan dan ketidakwajaran dalam sebuah film action memang sudah menjadi ciri khas dari Timur Bekmambetov, sutradara asal Rusia yang lebih dulu menggebrak dengan film action fantasinya, Night Watch. Kali ini, dengan plot gila lainnya, Timur menyajikan sebuah film action seorang pemburu vampir yang ternyata berprofesi menjadi presiden Amerika ke-16, yaitu Abraham Lincoln, yang akrab disapa Abe the vampire hunter!

Abraham Lincoln: Vampire Hunter, seperti judulnya, anda pasti akan menganggap film ini adalah sebuah film lelucon tolol semata yang menceritakan presiden amerika itu pemburu vampir (kecuali jika anda masih berumur lima tahun). Tapi kesampingkan “lelucon tolol”-nya, film ini adalah film action keren nan nyeleneh (walau memang masih sedikit tolol) yang dijamin bisa menambah fans Abraham Lincoln di belahan dunia lain yang belum tersentuh oleh kedigdayaan Amerika.

Abraham Lincoln (Benjamin Walker) muda trauma karena ibunya dibunuh oleh Jack Barts (Marton Csokas) yang ternyata seorang vampir, dendam tak tertahankan, Abe yang sudah beranjak remaja berusaha membantai Jack Barts seorang diri, tapi karena ia tidak tahu menahu cara membunuh vampir, Abe hampir tewas diserang pembunuh ibunya. Disaat itulah ia ditolong oleh seorang pria misterius bernama Henry (Dominic Cooper), yang kelak menjadi mentornya untuk membunuh para vampir yang ternyata sudah ada di tatanan sosial rakyat Amerika sejak dahulu kala. Bersenjatakan kampak, Abe muda yang ternyata rajin berorasi, juga rajin memburu vampir, terutama Jack Barts, musuh bebuyutannya, dan Adam (Rufus Sewell), majikan dari Jack Barts, vampir murni yang ternyata sangat rasis.

Ternyata film ini tidak sepenuhnya action, itulah yang membuat saya kaget, saya pikir Timur akan bersenang-senang total di film ini, tapi ia juga setia dengan kisah perjuangan asli sang presiden yang diselipkan dengan alter egonya sebagai pemburu vampir. Walau tidak ‘have fun’ sepenuhnya seperti film Wanted, sekuen-sekuen actionnya tetap asyik untuk ditonton, apalagi ketika jurus kampak Abe yang bisa mencapai 100 hit combo ketika membantai para vampir kelas teri, benar-benar sebuah mimpi basah bagi siapapun yang ingin melihat presidennya beraksi secara ‘nyata’, melawan vampir pula!

Benjamin Walker juga mempunyai wajah yang lumayan mirip dengan Abe, tapi mungkin terlalu tampan, entah kenapa, tapi aktor muda ini lumayan memberikan penampilan yang meyakinkan di film action fantasi ini. Tidak terlalu mellow dan bisa menyesuaikan ketika ia memerankan Abe yang sudah tua, tetap bijaksana sekaligus bad-ass dalam waktu bersamaan. Mungkin Dominic Cooper yang memerankan Henry juga bisa menjadi karakter kedua yang mencuri perhatian, rambut spikenya yang terlalu gaya di masa pemerintahan Abe memang konyol, tapi gayanya sebagai mentor Abe lumayan keren, karena sejak kapan kejujuran bisa membelah pohon? Secara sedari awal Henry sendiri adalah seorang *sensor* tentu saja ia bisa melempar musuhnya ke langit, istilahnya self motivating, supaya Abe lebih bersemangat mengayunkan kampaknya.

Jadi, kalau anda sudah terlalu mabuk, jawabannya hanya dua, ingin mencium wanita atau ingin membunuh orang? Jawaban saya sederhana, kalau anda sudah terlalu mabuk, tonton saja langsung film ini, dijamin tingkat kekerenannya bertambah tiga kali lipat, karena bagi saya yang tidak mabuk saja, film ini masih tetap keren, enjoy the action, ridiculous but fun as hell!

Rating: 3.5/5

5 thoughts on “Abraham Lincoln: Vampire Hunter (2012/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s