Stolen (2012/US)


Why always me?

Kata siapa Nicolas Cage makin absurd? Tidak dengan film terbarunya ini yang berjudul Stolen. Jutaan orang menganggap Stolen adalah versi ‘sampah’ dari Taken yang dibintangi oleh Liam Neeson dan sukses menjadi film yang sekuelnya juga ditonton oleh lebih banyak orang lagi dari film pertamanya, tapi bagi saya, film bertema penculikan seperti ini sudah banyak di film-film lain sebelum Taken, apalagi Liam Neeson tidak harus menjadi perampok ulung untuk menyelamatkan putrinya di Taken. Ya, film garapan sutradara khusus action, Simon West ini ternyata memberikan suguhan film action popcorn yang kualitasnya jauh lebih baik daripada film-film action absurd Nic Cage sebelumnya.

Plotnya mungkin tidak terlalu orisinil, tapi cerita dimulai ketika Will (Nicolas Cage), Vincent (Josh Lucas) dan Riley (Malin Åkerman) yang berprofesi sebagai geng perampok gagal melaksanakan pekerjaan terakhirnya, Will tertangkap, dan harus mendekam di penjara selama delapan tahun. Bebas dari penjara, Will masih diawasi oleh agen FBI yang serasa dirinya Tompi, Harlend (Danny Huston). Tapi sayang, ternyata bukan Will saja yang menderita selama delapan tahun, rekan lamanya, Vincent masih dendam kepada Will, karena ia tidak percaya bahwa uang rampokan terakhirnya dibuang oleh Will begitu saja. Maka dengan tindakan ekstrim, Vincent yang sudah seperti orang lumpuh, menculik putri Will yang sudah beranjak remaja, Alison (Sami Gayle). Disekap di dalam taksi, Will dan Vincent kucing-kucingan di tengah festival Mardi Grass New Orleans sambil dibuntuti Harlend. Siapa yang menang? Anda tidak harus lebih pintar dari saya, karena ini adalah film Nicolas Cage, semua tahu siapa yang jadi juaranya (bukan nyanyi).

Jujur, saya tidak memasang ekspektasi berlebih kepada film ini setelah melihat Nicolas Cage menjadi bintang utama di film yang naskahnya ditulis oleh David Guggenheim ini, tapi itulah bagusnya, ternyata film ini melebihi ekspektasi saya dari film-film Nic Cage sebelumnya yang masih terlalu absurd dan lumayan kejar setoran. Stolen, menjadi film action popcorn yang ringan dan renyah untuk ditonton, menghibur di beberapa aspek, seperti adegan kejar-kejaran di tengah kota yang sedang ramai-ramainya dan adegan perampokan yang menggunakan metode canggih nan menipu ala Ocean’s Eleven. Ya, secara materi, film ini memenuhi syarat untuk menjadi film action popcorn yang menghibur dan tidak terlalu kacangan.

Tapi selain Nic Cage dan rambutnya yang tidak pernah berubah gaya di sekitar enam film terakhirnya, ada Josh Lucas yang menjadi karakter antagonis nan kejam di film ini. Berkendara keliling kota, menjadi supir taksi urakan dengan kaki palsu, ternyata Josh Lucas berhasil meyakinkan penonton bagaimana caranya menjadi penjahat paling menyebalkan walaupun dalam keadaan cacat. Dengan rambut gondrongnya yang berwarna pirang ala vokalis The Used, Josh Lucas merupakan lawan tangguh yang cocok bagi Nic Cage yang selama ini selalu diberi lawan-lawan tolol di setiap film-film terakhirnya (yang lumayan tolol juga).

Walau Stolen mempunyai poster yang terlihat murahan, filmnya sendiri tidak terlalu murahan (untuk kelas film action ala Nic Cage tentunya). Mungkin jauh dari ketegangan ala Taken, tapi Stolen adalah film action yang paling cocok ditonton untuk membunuh waktu luang anda, tidak terlalu bagus memang, tapi tidak terlalu buruk juga, dengan kata lain, film ini menghibur! Enjoy the action from your old pal action movie.

Rating: 3/5

One thought on “Stolen (2012/US)

  1. saya gak penasaran sama film ini karena udah sering nonton film cage yang bisa dibilang gitu2 aja, memang sih film ini sedikit murahan untuk aktor sekelas cage, tapi film cage selalu punya ke unikan tersendiri yang setidaknya harus kita simak, itu yang bikin saya menonton film ini.

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s