The Inbetweeners Movie (2011/UK)


They’re just fuckin mental

Bicara tentang film yang mengisahkan petualangan remaja labil yang berlibido tinggi, mungkin kita semua akan ingat kepada film American Pie yang telah menutup franchise-nya dengan American Reunion beberapa waktu yang lalu. Lalu bila Amerika punya American Pie, maka Inggris punya The Inbetweeners Movie yang diangkat dari serial berjudul sama di negara yang saat ini sedang sumringah karena Skyfall baru saja rilis dan menjadi film James Bond yang paling dibicarakan sepanjang masa. Tapi saya belum mau membicarakan agen terhebat di Inggris tersebut, saya mau membicarakan dulu empat remaja yang tidak bisa dibilang terhebat di Inggris, tapi ternyata lebih buruk jika mereka jauh dari tanah kelahirannya sendiri.

Will (Simon Bird), Jay (James Buckley), Neil (Blake Harrison) dan Simon (Joe Thomas) adalah empat orang remaja yang ternyata sedikit ‘loser’ di mata orang-orang, ketika hari kelulusan tiba, mereka memutuskan untuk berlibur ke luar negeri, tepatnya ke Yunani. Dengan harapan mereka bisa menjadi orang yang tidak terlalu loser seperti di negaranya sendiri, mereka berempat sadar bahwa idiom “jadilah diri sendiri” ternyata lebih kuat dari pengaruh motivasi semalam suntuk Mario Teguh sekalipun. Apalagi hidup Will, Jay, Neil dan Simon di Yunani berubah ketika mereka bertemu dengan empat wanita muda yang ternyata tertarik dengan tindak tanduk bodoh mereka.

Film komedi remaja ini adalah film komedi sederhana yang bertumpu pada kekuatan empat karakter berbeda yang diperankan oleh para aktor remaja beraksen british kental ini. Kalau anda penggemar lelucon ala Inggris, The Inbetweeners Movie mungkin bisa jadi alternatif lain, tapi kalau dilihat dari kadar kelucuannya, A Few Best Men masih menjadi film komedi Inggris favorit saya tahun ini.

Tapi untuk sebuah film komedi yang menitikberatkan pada humor remaja yang baru lulus SMA, film ini lumayan menghibur, karena lelucon seksnya masih kentara, karena disaat-saat seperti merekalah bukan kita merasakan hal yang sama? Dimana hanya ada seks di otak kita. Saya tidak pernah menonton film serialnya, tapi satu film ini, yang khusus dibuat untuk menutup akhir dari serialnya, cukup menggambarkan secara konkrit kegilaan remaja Inggris yang masing-masing mewakili sifat nerd, mellow, sok cool dan sok tahu ini.

Hampir tidak jauh berbeda dengan American Pie, di film ini juga kita disajikan beberapa pemandangan topless sekaligus pemandangan menjijikan hasil kelakuan empat remaja labil ini (sebenarnya hanya satu remaja yang paling labil disini, Simon). Tidak lupa aksen dan istilah british yang kental juga menambah daya tarik dari film ini, dimana film-film komedi Inggris sangat mengandalkan dialog-dialog kasar yang mungkin anda tidak akan mengerti, tapi setelah beberapa saat anda baru mengerti, ha-ha. Selain disuguhi kelakuan absurd empat remaja yang nongkrong di bar yang tidak laku selama berlibur di Yunani, beruntung ada para wanita ‘tandem’ mereka yang menjadi pemanis paling manis di film ini, tipikal Inggris, agak aneh, lucu tapi bisa jadi liar dalam waktu bersamaan.

Overall, The Inbetweeners Movie merupakan film yang fun, scoringnya asyik, petualangannya asyik (sekaligus sedikit menjijikan) dan tentu saja para wanitanya asyik. Sebagai sebuah film panjang penutup film serialnya, film ini mungkin bisa menjadi hiburan anda di waktu senggang, apalagi anda yang suka sekali dengan lelucon ala british. So, happy watching lads!

Rating: 3/5

One thought on “The Inbetweeners Movie (2011/UK)

  1. Pingback: The Inbetweeners 2 (2014/UK) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s