The Watch (2012/US)


Grown ups goes wrong!

The Watch merupakan film komedi terbaru Ben Stiller yang sudah lumayan lama saya antisipasi kedatangannya, dan akhirnya ditonton juga. Tidak bisa dipungkiri, The Watch termasuk film komedi yang seharusnya punya ‘nama’ tahun ini karena diisi oleh jajaran komedian yang mewakili tiap generasi dan lintas negara. Pertama tentu saja ada Ben Stiller dan Vince Vaughn yang sudah menjadi langganan film komedi Hollywood, kedua ada kehadiran Jonah Hill yang memang sedang naik daun, dan terakhir adalah Richard Ayoade, komedian Inggris ini merupakan magnet terbesar untuk film The Watch mengingat jumlah fanbasenya di Amerika sendiri sudah cukup banyak. Belum lagi film ini disutradarai oleh sutradara spesialis komedi Akiva Schaffer dan naskahnya pun ditulis salah satunya oleh Seth Rogen, dan melibatkan alien didalamnya, well, kurang apalagi?

Ceritanya sendiri berkutat di empat orang dewasa yang mempunyai latar belakang membosankan, ada Evan (Ben Stiller) yang gemar bersosialisasi sekaligus menjadi pelopor berdirinya pasukan siskamling The Watch ini, kemudian Bob (Vince Vaughn), pria trendy yang sudah berkeluarga dan protektif, kemudian Franklin (Jonah Hill), remaja yang sebenarnya lumayan ‘sakit jiwa’ dan terakhir adalah Jamarcus (Richard Ayoade), pria british yang terlalu polos dan terlalu jujur. Mereka berempat membuat perkumpulan ‘jaga malam’ The Watch untuk menyelidiki kematian salah satu tetangga mereka yang dicurigai karena ulah binatang buas yang ternyata ulah alien! Apakah dengan ketololan yang dimiliki masing-masing karakter ini bisa menyelamatkan bumi dari invasi alien yang mempunyai darah sekental sperma para pria?

Kalimat terakhir saya sudah mengindikasikan bahwa film ini adalah film komedi vulgar yang berisi banyak sekali lelucon kasar yang biasa kita temui kalau menonton film-film yang dibintangi oleh Jonah Hill ataupun ada Seth Rogen didalamnya. Maka dengan kehadiran Ben Stiller, The Watch diharapkan mampu membawa intensitas komedi brutal ala Seth Rogen dkk lebih tinggi lagi. Tapi kenyataanya tidak seperti yang diharapkan, kehadiran empat komedian disini justru saling menutupi ciri khas masing-masing karakter, kalau boleh dibilang hanya Ben Stiller dan Vince Vaughn yang paling vokal disini, bahkan Richard Ayoade yang diharapkan mampu membuat kegilaan tambahan juga tidak begitu vital perannya disini.

Tapi tetap, momen-momen menggelikan sekaligus kocak banyak dijumpai oleh saya sepanjang film ini berjalan, apalagi jika keempat karakter utama disini sudah saling bertemu dan mulai ngobrol entah kemana. Ben Stiller sebagai komedian paling senior disini diplot menjadi karakter paling bijak yang sayang sekali kebijaksanaanya gampang dibelokkan oleh Bob yang to the point dan Franklin yang seenaknya. Ya, walau tidak maksimal, film yang berdurasi kurang lebih 90 menit ini tetap memberikan hiburan yang berarti bagi saya.

Walaupun ceritanya mudah ditebak dan terbilang cheesy untuk film komedi yang diisi oleh para komedian ternama, at least The Watch lumayan menghibur dan membunuh waktu luang saya. Siapa tahu anda butuh tontonan super ringan yang diisi dialog-dialog tolol dan aneh ala Richard Ayoade, The Watch mungkin menjadi pilihan yang paling tepat buat anda, enjoy guys!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “The Watch (2012/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s