Moonrise Kingdom (2012/US)


Take me with you please

Wes Anderson is back, film terakhirnya yang saya tonton adalah The Darjeeling Limited, perjalanan spiritual aneh nan unik tiga sekawan di India. Maka sekarang Wes Anderson kembali dengan film ringannya yang masih ada unsur aneh, unik atau mungkin absurd, tapi entah kenapa tetap enak ditonton. Film terbarunya tersebut berjudul Moonrise Kingdom, film yang menjadi pembuka festival film Cannes tahun ini memang sudah mendapat banyak pujian karena kesederhanaanya, dan hal tersebut terbukti langsung ketika saya menonton film yang menceritakan cinta terlarang anggota pramuka cilik ini. Well, tanpa basa basi, Moonrise Kingdom masuk ke jajaran film favorit saya tahun ini, no doubt! (bukan band)

Ceritanya berkutat di sebuah pulau kecil bernama New Penzance pada tahun 60-an. Pulau sederhana ini dihuni oleh beberapa warga, polisi, pemandu dan para anggota pramuka yang sedang kemping. Hingga suatu hari warga New Penzance dihebohkan oleh hilangnya salah satu anggota pramuka bernama Sam (Jared Gilman) yang kabur entah kemana. Lucunya, hilangnya Sam dibarengi dengan hilangnya Suzy (Kara Hayward), anak dari Walt (Bill Murray) dan Laura Bishop (Frances McDormand). Maka pencarian pun dilakukan, sang ketua pimpinan pramuka saat itu (Edward Norton), Kapten Sharp (Bruce Willis) dan para anggota pramuka cilik lainnya memulai pencarian kedua bocah berumur 12 tahun ini yang ternyata sudah lama merencanakan misi kawin lari mereka. Ya, anda tidak salah baca, kedua bocah ini memang sedang jatuh cinta.

Dilihat dari premisnya, film ini sebenarnya tidak begitu aneh kalau dibandingkan dengan film-film Wes Anderson terdahulu, tapi jujur, ciri khas keanehan dan keunikan Wes Anderson tetap terasa di film berdurasi 90 menit ini. Ceritanya sederhana, tapi kekuatan akting para aktor-aktor ternama yang berkumpul di film ini membuat Moonrise Kingdom menjadi suatu suguhan film keluarga ‘nyeleneh’ yang menarik dan menghibur.

Filmnya sendiri diselingi dengan beberapa narasi dari Bob Balaban yang dengan santainya menjelaskan letak geografis New Penzance. Bahkan scoring film ini juga membuat saya mau ketawa, karena dari mulai opening hingga ending, scoring musik yang digubah oleh Alexander Desplat ini berhubungan erat satu sama lain, dari mulai jenis instrumen yang sedang dibunyikan hingga pengulangan-pengulangan nada di beberapa scene tertentu, brillian!

Tapi diantara hadirnya para aktor-aktor Hollywood ternama dari mulai Bruce Willis sampai Harvey Keitel yang terlihat konyol, kualitas sesungguhnya film ini justru muncul dari kekuatan akting para bintang mudanya, siapa lagi kalau bukan Jared Gilman dan Kara Hayward yang memerankan pasangan cinta monyet yang bermasalah. Kedua bintang muda ini benar-benar menjadi pusat perhatian sebenarnya dari film ini, chemistry cinta monyet mereka mengalir lepas, polos, lucu sekaligus nyeleneh. Mungkin ada beberapa adegan tidak pantas untuk dilakukan bocah berumur 12 tahun di film ini, tapi justru itulah yang menjadi keunikannya, humor-humor ‘janggal’ ala Wes Anderson yang muncul di film-filmnya tetap menjadi menu utama di Moonrise Kingdom, singkat, padat dan menghibur.

Diantara para aktor-aktor top tersebut jangan lupakan aktor langganan Wes Anderson, Jason Schwartzman yang ikut andil meramaikan kekonyolan kelompok pramuka retro ini. Kemudian Tilda Swinton yang mempunyai peran sebagai social services yang sekaligus menjadi nama panggilannya juga, aneh tapi nyata! Sekali lagi Wes Anderson membuktikan kapasitasnya sebagai sutradara yang bisa menyuguhkan film sederhana walau dibalut dengan karakter-karakternya yang unik sekalipun. Film ini adalah contoh singkat sebuah film cinta yang menceritakan kisah cinta yang tidak biasa, tidak klise dan tidak monoton. Tetap romantis lewat caranya yang tidak biasa dan tetap bisa dinikmati semua orang.

Overall, Moonrise Kingdom adalah sajian film drama komedi romantis yang paling hangat tahun ini, ditambah dengan settingan jadul dan kedigdayaan kelompok pramuka yang tidak seeksklusif jaman sekarang, Moonrise Kingdom adalah hiburan komplit bagi anda yang suka dengan film-film ringan tapi berkualitas. Semoga Moonrise Kingdom memenangkan Oscar, entah untuk nominasi apa, tapi saya sangat berharap film ini mendapat tempat di ajang penghargaan film bergengsi tersebut. Well, just enjoy the adventure of Sam and Suzy!

Rating: 5/5

One thought on “Moonrise Kingdom (2012/US)

  1. Pingback: The Grand Budapest Hotel (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s