The Campaign (2012/US)


Two crazy man in one stage

The Campaign, film ini menjadi film komedi paling hangat di Amerika sana mengingat tahun 2012 adalah tahunnya pemilihan umum yang kita tahu hasil akhirnya dimenangkan oleh Barrack Obama lengkap dengan foto kemenangannya yang dramatis. Ya, momentum kemenangan ini nampaknya diikuti oleh The Campaign, karena sukses ‘memenangkan’ hati saya yang puas tertawa terbahak-bahak melihat aksi dua anggota kongres yang berebut tampuk kepemimpinan di gedung putih, siapa lagi kalau bukan Will Ferrell dan Zach Galifianakis yang bisa dibilang sebagai duel epik dua komedian solid Hollywood.

Cam Brady (Will Ferrell) sebagai anggota kongres langganan wilayah North Carolina selalu menang dalam tiap pemilu, tapi di tahun kelimanya ini, Cam mendapat lawan serius yang sangat tidak terduga, yaitu Marty Huggins (Zach Galifianakis), pria lembut taat agama yang sangat sayang keluarga abnormalnya. Mau tak mau Cam yang merasa Marty tidak ada kans untuk menang dalam pemilihan ini harus bekerja keras melawan kampanye polos ala Marty yang didukung oleh Motch bersaudara yang ternyata mempunyai niatan tersendiri terhadap kampanye Marty yang sebenarnya tidak terlalu tahu dunia politik yang kotor.

The Campaign bisa dibilang film komedi paling ‘waras’ Amerika tahun ini, karena selain kegilaan dan lelucon vulgar plus kasar ala Will Ferrell, ada isu yang sebenarnya ingin diangkat di film ini. Jay Roach selaku sutradara berusaha menangkap aroma persaingan politik yang memang kotor tapi dengan cara yang lucu. Sindirian keras dimana-mana, dari kehadiran Motch bersaudara yang menjadi sosok pengusaha kaya hingga segala cara yang dilakukan Cam supaya menang kampanye, baik itu secara verbal hingga fisikal. Saya tidak hanya tertawa puas menonton tingkah laku dua kandidat konyol ini, tapi saya jadi makin yakin, Amerika saja sudah sadar bahwa dunia politik mereka kotor sekotor-kotornya, lalu bagaimana dengan negara kita sendiri?

Bukannya mau sok patriotis, tapi film ini memang medium paling ampuh untuk mengajari masyarakat bahwa yang namanya kejujuran itu masih sangat mahal di dunia politik. Hal tersebut digambarkan lewat karakter Marty yang notabene ‘clueless’, tapi di sisi lain, kita diperlihatkan bagaimana rasanya menjadi seorang politisi yang dikontrol oleh orang yang lebih berkuasa. Ending film ini menjelaskan itu semua, bahwa pada akhirnya hanya dibutuhkan kejujuran untuk memberikan efek pencitraan yang sebenarnya, walau kejujuran tersebut sangat memalukan untuk diungkapkan.

Diluar pesan moral yang bisa saya bilang sangat ‘dasar’ tapi mengena, The Campaign sukses menyuguhkan suatu parodi politik kotor yang dibawakan dengan sangat sempurna oleh Will Ferrell dan Zach Galifianakis yang sekali lagi selalu mendapat peran orang aneh. Didukung Jason Sudeikis sebagai tim sukses Cam, menurut saya penampilan Will Ferrell masih menjadi daya tarik tersendiri di film ini. Kegilaan dan humor verbal yang dipadupadankan dengan mimik tololnya menjadi menu utama yang berhasil membuat saya tertawa tanpa henti, contohnya adegan ketika Cam disuruh oleh Marty untuk membacakan doa, gila!

Beruntung, kekonyolan-kekonyolan yang disuguhkan Will Ferrell diimbangi dengan ‘keanehan’ ala Zach Galifianakis yang seperti biasa tetap mendapat tempat di film berdurasi 90 menitan ini. Perilakunya yang mendekati gay tetap memberikan hiburan tersendiri, apalagi kepolosannya yang menjadi senjata andalan Zach Galifianakis dalam berakting kocak nan konyol. Well, The Campaign adalah film komedi yang mempunyai isu berbobot tapi tetap menghibur dan bisa mengocok perut saya dari awal sampai akhir, apalagi kalau anda suka dengan film-film komedi Will Ferrell, film ini wajib masuk daftar tontonan anda as soon as possible. Enjoy the silly campaign guys!

Rating: 4/5

One thought on “The Campaign (2012/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s