End of Watch (2012/US)


Don’t fuck with the police!

Bicara soal film bertema polisi yang penuh ketegangan, saya pikir hanya ada beberapa sineas Hollywood yang bisa membuat film polisi sarat aksi yang berkualitas, salah satunya adalah David Ayer yang berhasil menulis dan membawa Training Day menjadi ‘pakem’ modern untuk film-film polisi kotor di Amerika sana. Masih datang dari David Ayer, setelah lumayan memukau saya lewat penyutradaraannya di Street Kings beberapa tahun yang lalu, kini ia kembali hadir dengan film polisi actionnya yang kalau boleh saya bilang film action terbaik tahun ini. Ya, apa lagi kalau bukan End of Watch, film ini mempunyai cerita sederhana, yaitu kehidupan dua polisi muda dalam bertugas sehari-hari, tapi bukan David Ayer namanya kalau film ini tidak bisa membuat saya terpaku di depan layar monitor, simply the best police action movie of this year!

Brian (Jake Gyllenhaal) dan Mike (Michael Peña) adalah dua polisi Los Angeles yang bertugas bersama, mereka patroli mengelilingi jalanan Los Angeles yang hampir mirip dengan situasi di dalam game Grand Theft Auto, dimana para gangster saling berperang, khususnya gangster Meksiko dan gangster niggah yang adu kekuatan dengan saling memberikan kejutan setiap malam dengan cara tembak menembak. Uniknya, semua kegiatan yang dilakukan Brian dan Mike direkam oleh sebuah kamera tangan, sama halnya dengan kegiatan ilegal para gangster dan semua lapisan masyarakat yang tertangkap di film ini. Sampai puncaknya adalah ketika Brian dan Mike mulai diincar oleh para gangster Meksiko karena mereka berdua adalah dua polisi yang paling ‘kepo’ tentang dunia kriminal di Los Angeles. Maka Brian dan Mike sadar bahwa idiom “curiosity kill the cat” bisa terjadi pada mereka kapan saja.

Sinematografi apik menjadi hal pertama yang paling memukau dari kisah dua polisi yang gemar bercanda ini. Bagaimana tidak, David Ayer memaksimalkan penggunaan kamera amatir dari berbagai sudut, dari mulai kamera tangan, kamera kecil yang menempel di saku Brian dan Mike, kamera mobil polisi hingga kamera para gangster pun menjadi andalan David Ayer untuk memperlihatkan kengerian menjadi seorang penegak hukum ketika mereka berada di jalanan yang sesungguhnya, dan berhadapan dengan penjahat yang sesungguhnya.

Selain itu, pengembangan karakter dan cerita benar-benar disajikan secara mulus, mengalir dan mengoyak emosi, dimana David Ayer tahu betul dimana sebuah drama dan aksi harus dimunculkan di film yang notabene penuh dengan suara desingan peluru ini. Ya, disini kita dibawa menyelami dua karakter utama yang sadar bahwa tugas mereka menjadi polisi tiap harinya makin berat, dan pengorbanan apa yang harus dilakukan demi pekerjaan yang bisa membunuh mereka kapan saja.

Hal tersebut tidak akan tersaji dengan sempurna kalau bukan karena penampilan Jake Gyllenhaal dan Michael Peña yang sempurna. ‘Bromance’ diantara pria dewasa yang menghadapi tugas maut tiap harinya ini tersaji apa adanya, setiap ejekan, pujian hingga lelucon yang saling mereka lemparkan selalu berhasil mencairkan suasana tegang dan mencekam yang mereka hadapi di hari yang sama, tapi pada akhirnya, hubungan Brian dan Mike-lah yang menjadi klimaks film ini, dimana persahabatan mereka tidak hanya sekedar saling ejek, saling dukung atau saling memberi nasihat, tapi lebih dari itu.

Hanya satu kata untuk film yang membuat Jake Gyllenhaal dan Michael Peña harus mengikuti latihan patroli bersama polisi sungguhan selama lima bulan demi mendalami karakter yang mereka perankan, sempurna! End of Watch adalah film aksi yang mempunyai segalanya, kejahatan dan drama yang ditampilkan dari berbagai sudut lensa kamera membuat film ini terasa nyata dan tentunya ceritanya yang sederhana tapi berhasil dieksekusi dengan sangat baik. Ya, inilah suguhan film aksi terbaik dari David Ayer sejauh ini, dan mungkin sepanjang tahun ini, kalau anda pecinta film polisi dan action, keterlaluan kalau End of Watch sampai dilewatkan. Enjoy the heat!

Rating: 5/5

4 thoughts on “End of Watch (2012/US)

  1. Pingback: Sabotage (2014/US) | zerosumo

  2. Pingback: Jajaran Film Terbaru DC Movie Universe Terkuak! | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s