Girls Walk Into a Bar (2011/US)


Pointless conversation?

Sebenarnya saya lumayan berharap banyak dari film yang filenya mengendap di hardisk setelah sekian lama ini. Film yang saya maksud adalah film berjudul Girls Walk Into a Bar yang disutradarai dan ditulis oleh Sebastian Gutierrez yang pernah menangani film Elektra Luxx. Malahan film yang bercerita tentang kejadian di beberapa bar dalam semalam ini terinspirasi dari film Elektra Luxx tersebut, sampai aktris utamanya pun, Carla Gugino bermain lagi di film ini. Tapi entah kenapa, sepanjang film ini berjalan, ceritanya kurang banyak berkembang, hanya mengandalkan benang merah yang menghubungkan tiap karakternya.

Ceritanya berawal dari pertemuan Nick (Zachary Quinto) dan Driver (Carla Gugino), yang nanti anda akan tahu sebenarnya mereka membicarakan apa di bar remang-remang tersebut. Tapi setelah pertemuan itu, dompet milik Driver dicopet oleh pencuri semi-tampan bernama Henry (Aaron Tveit), yang juga mempunyai adik berprofesi stripper bernama Teresa (Emmanuelle Chriqui). Beda halnya dengan Driver, setelah pertemuan sebelumnya, Nick harus berurusan dengan Aldo (Danny DeVito) perihal uang yang diinvestasikannya, yang ada Aldo malah menyuruh Nick mengikuti anak buahnya untuk merampok sebuah klub ping-pong “ilegal” yang dijaga oleh resepsionis cantik bernama June (Rosario Dawson) yang di akhir cerita nanti malah tertarik dengan partner Driver yang bernama Salazar (Josh Hartnett). Semua kejadian tersebut berlangsung di bar yang random dan mempunyai ciri khas, musik dan gaya penerangan masing-masing.

Susahnya membuat film yang mengandalkan dialog antar karakternya adalah ‘topik’ yang ingin diangkat, apalagi mengandalkan ensemble cast seperti ini, sebenarnya film yang rilis di Youtube setahun silam ini mempunyai start yang bagus ketika cerita diawali dengan permasalahan yang dimiliki Nick, tapi sayang, menginjak paruh kedua, cerita inti dari awal, mengapa Nick membutuhkan uang dalam jumlah besar dari Aldo tidak diteruskan, setidaknya tidak dituntaskan dengan masuk akal, yang ada cerita beranjak ke permasalahan Driver yang ternyata memang menjadi karakter yang paling disorot di film ini.

Tapi dengan konsep yang terbilang repetitif, dimana ada permasalahan, masuk kedalam bar, minum sedikit dan kemudian keluar bar lagi untuk lanjut ke adegan berikutnya dengan format sama tidak cukup untuk membuat penonton betah menonton film yang sebenarnya mempunyai ide lumayan orisinil ini. Beruntung tidak semua dialog yang terjadi sepanjang film ini pasaran, dan beruntung film ini bersetting di sebuah bar yang sebagian besar dihuni oleh para stripper cantik nan seksi, sehingga saya tidak sampai tertidur ketika menyaksikan film berdurasi kurang dari 90 menit ini.

Girls Walk Into a Bar mungkin terbilang karya yang masih terlalu ‘idealis’ dari seorang Sebastian Gutierrez, dimana sebenarnya saya tidak keberatan dengan gaya penyampaian film yang lebih mengutamakan percakapan daripada aksi ini. Sayangnya, permasalahan yang dialami tiap karakternya anti-klimaks, tidak bisa memuaskan penonton seperti saya yang berharap ada sesuatu yang lebih mengejutkan dibanding dengan stereotip benang merah antar karakternya seperti yang sudah dilakukan Babel, Crash dan masih banyak lagi. Jujur, yang membuat saya menonton film ini karena ada Zachary Quinto di dalamnya, penampilannya masih tetap prima, sama halnya dengan Carla Gugino yang ‘menyengat’ sedari awal sampai Danny DeVito yang hanya muncul selewat tapi leluconnya lumayan memorable.

Diluar itu semua, Girls Walk Into a Bar jauh dari harapan saya sebagai film ‘indie’ yang mengandalkan satu setting dan storyline yang kuat. Setidaknya itu yang saya tangkap, memang tidak bisa dinikmati semua orang, tapi at least adegan penutup film ini yang dibarengi dengan closing creditnya bisa membuat anda tersenyum sedikit setelah anda dibuat bertanya-tanya selama satu jam lebih, he-he. Enjoy if you want, but skip it if you busy.

Rating: 2.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s