Ruby Sparks (2012/US)


True love will find a way somehow

True love will find a way somehow

Ada beberapa film drama romantis yang lumayan ‘surreal’ dalam penyampaian ceritanya, contoh yang paling gampang tentu saja film Eternal Sunshine of the Spotless Mind milik Michael Gondry yang menjadi film cult sampai sekarang. Tahun ini, nampaknya Ruby Sparks yang disutradarai oleh duo Jonathan Dayton dan Valerie Faris akan meneruskan trend drama romantis ‘surreal’ ala film Jim Carrey tersebut, tidak bisa disangkal, setelah dengan apik menyuguhkan Little Miss Sunshine tahun 2006 silam, Jonathan Dayton dan Valerie Faris makin matang dalam membuat film yang mempunyai cerita yang lumayan orisinil dan menghibur.

Kalau boleh dibilang, Ruby Sparks hampir mirip dengan Stranger Than Fiction yang dibintangi Will Ferrell dan Emma Thompson tahun 2006 silam, dimana tokoh utamanya ternyata adalah sebuah karakter di dalam sebuah buku yang sedang ditulis oleh seseorang. Jika dalam Stranger Than Fiction Will Ferrell tidak menyadari bahwa selama ini hidupnya ternyata adalah sebuah karakter dalam buku milik penulis yang gemar membunuh karakter utama di bukunya, maka dalam Ruby Sparks, Ruby (Zoe Kazan) adalah karakter ciptaan Calvin (Paul Dano), penulis sukses yang sudah lama kesepian dan mendambakan bisa bertemu dengan wanita impiannya.

Selalu muncul dalam mimpi Calvin, tanpa disangka Ruby tiba-tiba muncul dalam kehidupan nyata Calvin yang hanya mempunyai sahabat seekor anjing bernama Scotty. Uniknya kemunculan Ruby yang misterius karena tulisan Calvin yang belum selesai ikut disadari oleh kakak Calvin, Harry (Chris Messina). Hal tersebut justru membuat Calvin makin senang karena ia akhirnya bisa bertemu dengan wanita dalam mimpinya yang ia ciptakan secara literal! Tapi pepatah yang berbunyi “tidak ada yang sempurna” berlaku untuk semua ciptaan tuhan di muka bumi, bahkan ciptaan Calvin pun, Ruby, tidak bisa menjadi ciptaan paling sempurna Calvin.

Sekeras apapun usaha Calvin membuat Ruby menjadi seperti yang ia inginkan, hal tersebut justru malah membuat cinta yang terjalin diantara mereka makin tidak sehat, karena yang namanya manusia selalu tidak puas, sama halnya seperti Calvin yang selalu merasa tidak puas. Ya, naskah brillian ini ditulis oleh pemeran Ruby sendiri, Zoe Kazan yang bermain dengan sangat apik sepanjang film ini berjalan. Lahir di keluarga yang memang sudah lama berkecimpung di dunia film, Zoe Kazan menunjukan kebolehannya sebagai seorang aktris sekaligus penulis naskah yang selama ini selalu mendapat peran-peran kecil di setiap film yang dibintanginya.

Kehadiran Paul Dano sebagai pasangan main Zoe Kazan di Ruby Sparks makin mengukuhkan bahwa citarasa drama romantis sederhana tapi berkelas ala Jonathan Dayton dan Valerie Faris semenjak Little Miss Sunshine tidak pernah mengecewakan, filmnya selalu diisi oleh jajaran cast apik, bahkan kehadiran Antonio Banderas dan Annette Bening yang hanya sekilas malah memberikan warna tersendiri untuk film drama romantis unik ini.

Dibalik ceritanya yang agak nyeleneh dan bisa dibilang surreal, Ruby Sparks mempunyai pesan moral yang mungkin terbilang klise tapi tetap manis. Jadilah diri sendiri dan percayalah, yang namanya cinta sejati itu pasti sedang menunggu anda. Well, saya belum menonton To Rome with Love milik Woody Allen, oleh karena itu saya masih menjagokan Ruby Sparks menjadi salah satu film drama romantis terbaik tahun ini. Dipenuhi dengan cerita dan karakter yang unik, Ruby Sparks menjadi tontonan wajib bagi anda yang suka dengan film-film seperti ini. Enjoy!

Rating: 4/5

One thought on “Ruby Sparks (2012/US)

  1. Pingback: Trailer Film Drama Komedi Terbaru: What If | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s