The Bourne Legacy (2012/US)


Safety first, use your gun instead your helmet

Safety first, use your gun instead your helmet

Seharusnya film action keren ini tidak membawa embel-embel Jason Bourne didalamnya, karena percayalah, The Bourne Legacy bisa menjadi film action yang berdiri sendiri. Tapi karena sudah terlanjur, maka apa boleh buat, sehingga banyak sekali yang membandingkan film yang disutradarai penulis naskah tiga film bourne terdahulu, Tony Gilroy ini dengan trilogi Bourne yang memang menjadi salah satu film spy-action terbaik sepanjang masa. Beban memang berat untuk menghidupkan kembali ‘aura’ Jason Bourne di film ini, walau tanpa Paul Greengrass yang mahir dengan angle-angle dinamis nan shaky-nya itu, bagi saya Tony Gilroy sudah menyuguhkan film action yang tetap menarik dan menghibur.

Dimulai dengan sangat lambat di paruh pertama film, The Bourne Legacy berlatar belakang ketika kejadian dalam film The Bourne Ultimatum terjadi. Saat itu, ketika Jason Bourne sudah hampir menguak operasi rahasia CIA yang mempunyai nama lain Black Briar dan Treadstone, para petinggi CIA panik dan mulai menutup rapat-rapat operasi rahasia lain yang ternyata belum terkuak. Eric Byer (Edward Norton) sebagai orang yang bertanggung jawab atas operasi rahasia lain bernama Outcome dan LARX mulai menutup jejak dengan cara menghabisi semua orang yang terlibat dalam operasi tersebut. Maka Aaron Cross (Jeremy Renner), seorang agen Outcome yang sedang bertugas dan tidak tahu menahu menjadi target pemusnahan divisi Eric Byer. Bisa dibilang, dari sudut pandang berbeda Jason Bourne adalah biang kerok, he-he.

Beberapa hal yang menarik di film The Bourne Legacy salah satunya adalah kehadiran Jeremy Renner yang menjadi karakter utama, apakah kehadirannya bisa menggantikan penampilan Matt Damon yang ikonik? Saya rasa bisa, karena seperti yang saya bilang di awal, seharusnya film ini berjudul The Aaron Identity, walau sebenarnya Aaron tidak hilang ingatan disini, dengan kata lain Jeremy Renner bisa menjadi karakter bad-ass juga setelah penampilan minornya di The Avengers.

Kehebatan Aaron yang bisa dibilang hampir setara dengan Bourne didukung oleh teman mainnya, Dr. Shearing (Rachel Weisz) yang sebenarnya bisa digantikan oleh siapapun. Ya, cerita di film keempat ‘tidak resmi’ Bourne ini sebenarnya tidak mempunyai plot utama yang kuat. Pada intinya, film ini hanya menceritakan saat Aaron menyadari bahwa ia sendiri sekarang dan sedang butuh ‘suplemen’ untuk mempertahankan kehebatannya, maka ia minta bantuan dokter cantik bernama Shearing untuk membuat ramuan agar ia tidak addiktif lagi pada obat buatan CIA yang gemar membuat tentara super tanpa bilang-bilang ke media. Sisanya adalah kisah survival Aaron dan Shearing di jalanan Manila yang padat, dan diakhiri dengan ending yang sebenarnya saya tidak begitu peduli mau diteruskan ataupun tidak film ini di masa mendatang.

Tapi harus diakui, semangat tiga filmnya terdahulu tersaji dengan mulus disini, tensi yang dibangun untuk mencapai klimaks memang lambat, tapi mungkin hal tersebut dibutuhkan Tony Gilroy untuk memberikan sedikit insight pada penonton bahwa film ini masih ada kaitannya (walaupun secuil) dengan film Bourne terdahulu. Setia dengan adegan-adegan flashbacknya, dan tanpa Paul Greengrass pun, Tony Gilroy lumayan memberikan sajian film action yang asyik, dengan cut-cut yang cepat tanpa shaky camera yang sudah menjadi ciri khas Bourne, adegan action yang dilakukan Aaron tetap ciamik, apalagi ketika adegan kejar-kejaran menggunakan motor di paruh terakhir film ini, tetap mendebarkan dan senang rasanya bisa melihat agen-agen lain yang sama kuatnya dengan Aaron berduel, tapi sayang pertarungan jarak dekatnya masih terbilang minim kalau dibandingkan dengan film Bourne terdahulu.

Mau disebut mengekor atau tidak, The Bourne Legacy tetap menjadi film action menarik bagi saya. Sayang memang storylinenya kurang kuat, tapi jika memang ingin dibuat era baru setelah Jason Bourne, saya pikir harus ada landasan kuat untuk pengembangan cerita selain karena Aaron membutuhkan pil biru dan hijaunya. Well, The Bourne Legacy is still worth to watch, because the legacy continues!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s