The Man with the Iron Fists (2012/US)


The man with the iron tits!

The man with the iron tits!

Setelah dibombardir dengan horor galau ala Silent Hill: Revelation, saya pun langsung melanjutkan menonton film action perdana milik RZA yang menjadi sutradara sekaligus pemain disini, mungkin bagi yang belum tahu siapa itu RZA, sederhana saja, ia merupakan salah satu pionir grup hip hop tahun 90-an, Wu-Tang Clan. Selain menjadi rapper, ternyata RZA berteman dengan banyak orang film, salah satunya adalah Quentin Tarantino dan Eli Roth, maka film terbarunya yang berjudul The Man with the Iron Fists ini pasti tidak akan jauh-jauh dari style film-film Quentin Tarantino dan Eli Roth yang hobi memamerkan kekerasan tapi tetap fun untuk ditonton.

The Man with the Iron Fists sendiri adalah julukan bagi seorang Blacksmith (RZA) di desa hutan yang terletak entah di Cina bagian mana. Suatu ketika Blacksmith yang lebih sering berbicara dalam bentuk narasi ini kebanjiran order dari klan singa yang dipimpin oleh Singa Perak (Byron Mann). Karena pada saat itu, Singa Perak berencana merampok emas milik pemerintah yang transit di desa hutan yang mempunyai PSK cantik-cantik. Belum cukup dengan gaya kepemimpinan konyol ala Singa Perak, datang seorang english man bernama Jack Knife (Russell Crowe) yang doyan bermain pisau. Lalu, jika bicara soal pisau, Zen Yi (Rick Yune) yang mempunyai julukan The X-Blade, yang juga merupakan anak dari Singa Emas (Kuan Tai Chen) datang juga ke desa hutan untuk menuntut balas pada Singa Perak.

Jadi sekarang sudah banyak sekali para jagoan yang berkumpul di desa hutan, belum ditambah dengan germo para PSK cantik nan seksi desa hutan yang bernama Madam Blossom (Lucy Liu), dan anak buah kesayangan Singa Perak, Brass Body (Dave Bautista) yang bisa dibilang mantan anggota X-Men (dan WWF) karena tubuhnya bisa berubah menjadi logam yang sulit ditembus pisau manapun. Kesimpulannya, anda akan menyaksikan banyak tumpah darah di film yang tadinya bakal berdurasi empat jam ini!

Banyaknya karakter di film ambisius RZA ini sebenarnya bukan masalah bagi saya, karena secara tidak langsung, The Man with the Iron Fists ini seperti film tribute untuk film-film silat Cina jaman dahulu kala yang memang punya banyak karakter di dalamnya, dengan koreografi beladiri ala silat-silat Cina jaman dulu yang banyak mengandalkan gerakan terbang dan menukik, film ini terbilang film action yang asyik, apalagi beberapa adegan pertarungannya ada yang dibuat terlalu (entah sengaja) berlebihan, seperti darah yang muncrat kemana-mana. Diantara lucu dan bosan juga sih kalau keseringan.

Dari jajaran cast sebenarnya tidak banyak masalah, kecuali RZA-nya sendiri. Saya lihat doi kurang cocok jadi aktor laga disini karena karakternya seperti karakter minor di film-film laga yang sebenarnya tidak terlalu penting tapi malah mendapat porsi action yang paling keren. Sayang sekali memang, apalagi ada adegan dimana sang Blacksmith menceritakan masa lalunya yang kalau boleh saya bilang terlalu lama, karena tidak terlalu signifikan juga untuk keseluruhan cerita. Beruntung ada beberapa aktor veteran yang menghiasi film yang mempunyai credit title asyik ini, Russell Crowe dan Lucy Liu lumayan mendapat porsi yang seimbang, sisanya hanya menjadi penghias semata, meramaikan suasana chaos saja istilahnya.

Jangan lupakan scoring musiknya yang didominasi oleh melodi-melodi hip hop dan musik ala koboi, lucu bukan? Yang pasti, The Man with the Iron Fists merupakan hiburan segar bagi anda yang kangen film silat Cina jaman dulu. Yang menarik adalah ketika Zen Yi ingin berduel dengan Singa Perak, ada adegan dimana ia masuk kedalam ruangan penuh cermin, seketika mengingatkan saya pada satu adegan di film Enter the Dragon milik Bruce Lee, meta-reference yang manis! Well, butuh film action brainless ala film silat Cina klasik? The Man with the Iron Fists adalah jawabannya! Enjoy!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s