Seven Psychopaths (2012/UK)


The ridiculous final shoot-out

The ridiculous final shoot-out

Martin McDonagh adalah salah satu sutradara unik asal Inggris yang sudah menorehkan masterpiece-nya lewat film In Bruges. Bisa dibilang, selera Martin McDonagh dalam membuat film agak-agak ‘menyimpang’, karena In Bruges sebenarnya tergolong film yang brutal jika ditilik dari premisnya, tapi hasilnya sendiri malah lebih variatif, brutal dan somehow kocak. Maka kesuksesan In Bruges lima tahun lalu dibayar dengan film yang lebih unik (dan aneh) lagi di tahun 2012 kemarin, masih menggaet bintang utama dari film pertamanya, Colin Farrell, Martin McDonagh kembali dengan cerita para psikopatnya dalam Seven Psychopats.

Film ini mempunyai plot cerita yang tergolong unik, dimana ada seorang penulis script film bernama Marty (Colin Farrell) yang sedang terkena writer’s block dalam menyelesaikan naskah Seven Psychopats-nya. Kemudian ada sahabat Marty, Billy (Sam Rockwell) yang mempunyai profesi sebagai penculik anjing peliharaan, kemudian ketika orang yang kehilangan mulai mencari anjing tersebut dengan menjanjikan imbalan bagi yang menemukan, maka partner Billy, Hans (Christopher Walken) yang maju sebagai sang pahlawan yang menemukan anjing yang sebenarnya diculik Billy, singkat kata mereka adalah penipu. Hingga suatu saat, Billy menculik anjing kesayangan seorang mafia kejam bernama Charlie (Woody Harrelson), tanpa sengaja Marty ikut terlibat. Tapi lucunya, semua kejadian yang menimpa Marty dari awal layaknya visualisasi nyata dari screenplay yang sedang ditulisnya, dimana karakter-karakter psikopat yang ditulisnya ternyata mempunyai banyak kesamaan dengan karakter-karakter yang dikenalnya di dunia nyata, kebetulankah?

Dibuka dengan dialog absurd dua pembunuh bayaran, yang salah satunya diperankan oleh Michael Pitt, hingga mereka tewas ditembak oleh psikopat pertama yang gemar meninggalkan kartu remi di korbannya, kemudian kita akan dikenalkan dengan psikopat-psikopat karangan Marty yang ternyata mereka ‘eksis’ di dunia nyata Marty. Film ini bukanlah film fantasi ala Stranger than Fiction tapi seperti film yang sedang menceritakan bagaimana caranya film Seven Psychopats ditulis dan bisa diwujudkan menjadi sebuah film, aneh tapi nyata. Martin McDonagh seperti menjelaskan bahwa screenplay Seven Psychopats yang ia inginkan adalah seperti yang Billy ceritakan dengan penuh semangat di sepanjang film ini, tapi tanpa sadar, orang-orang di sekeliling Marty adalah para psikopat yang setengahnya merupakan keinginan pribadi Billy untuk terwujud.

Ada karakter Hans dan Myra (Linda Bright Clay) yang mempunyai kesamaan dengan karakter Zachariah (Tom Waits) dan Maggie (Amanda Mason Warren), yaitu mereka pernah membunuh seorang pembunuh berantai. Dan tidak lupa Billy yang ternyata menyimpan kejutan. Dengan naskah yang unik ini, entah bagaimana sang sutradara yang juga sang penulis berhasil mengaitkan benang merah karakter psikopat lain rekaan Marty dengan salah satu kejadian nyata yang cukup menghebohkan di Saigon tahun 60-an. Ya, bagian itu lumayan membuat saya tercengang, karena tujuan awal Marty membuat naskah Seven Psychopats memang ingin mengenalkan karakter psikopat baru yang tidak menggunakan kekerasan sama sekali. Dan adegan tersebut membayar rasa penasaran saya, ha-ha.

Sama halnya dengan In Bruges, Seven Psychopats mungkin bukan film untuk semua orang, kadar black comedy di film ini terlalu kelam untuk dinikmati orang awam, tapi akting Sam Rockwell dan Christopher Walken termasuk akting jempolan disini selain Colin Farrell yang menggunakan aksen britishnya yang kental. Bahkan Tom Waits dan Olga Kurylenko yang mendapat porsi tak terlalu banyak pun cukup memaksimalkan peran mereka di film yang mungkin bergaya semi-Inception ini. Jangan lupakan Woody Harrelson, walau tadinya peran Charlie akan diambil Mickey Rourke, tapi penampilan Woody Harrelson sebagai bos mafia yang terlalu sayang anjingnya sendiri tidak mudah dilupakan, mengerikan tapi justru konyol, dan anda akan melihat kekonyolan mereka ketika adegan final shoot-out di gurun, absurd nan kocak, ha-ha.

Banjir darah dari menit-menit awal, Seven Psychopats bisa dibilang merupakan langkah besar Martin McDonagh setelah In Bruges, dengan banyaknya karakter dan semuanya saling bersinergi di film yang entah mau anda sebut apa genrenya, Seven Psychopats bisa dibilang sama bagusnya dengan In Bruges. Well, for you who love movie with ridiculous brutal scene and black comedy in it, this one is a must!

Rating: 3.5/5

4 thoughts on “Seven Psychopaths (2012/UK)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s