Argo (2012/US)


If I'm going to make a fake movies, it's going to be a fake hit.

If I’m going to make a fake movies, it’s going to be a fake hit.

Oke, anda pasti gila kalau tidak suka film terbaru Ben Affleck ini, apalagi kalau anda penonton film-film mainstream, keterlaluan kalau anda tidak suka film Argo. Bukan tanpa alasan, film ini merupakan pencapaian paling epik dalam karir Ben Affleck sebagai sutradara, Gone Baby Gone merupakan drama yang bagus, The Town sebuah action flick yang oke, tapi Argo merupakan film yang menggabungkan unsur drama kuat di Gone Baby Gone dan thriller asyik di The Town. Ben Affleck terus belajar dan berkembang, dan tidak bisa dipungkiri, setelah kemunculan Argo, saya pasti akan selalu menanti film-film yang disutradarai oleh aktor yang usianya sudah mencapai kepala empat ini.

Awal tahun 80-an, kedutaan besar Amerika di Iran diserbu para pemberontak yang meminta pemimpin mereka untuk dipulangkan, setelah kedubes jebol dan diduduki oleh para revolusioner, ternyata ada enam orang Amerika yang berhasil kabur dan bersembunyi di kediaman duta besar Kanada. Sementara konflik di Iran tidak kunjung berhenti, CIA memutuskan untuk menyelamatkan enam orang yang masih bersembunyi di Iran, maka seorang agen CIA bernama Tony Mendez (Ben Affleck) mempunyai rencana yang agak konyol untuk mengeluarkan enam orang Amerika tersebut dari Iran, yaitu dengan cara pura-pura menjadi produser film Hollywood yang ingin membuat film sci-fi epik di Iran dan menyamarkan keenam orang Amerika tersebut menjadi kru filmnya. Saat itu memang tidak ada ide bagus untuk menyelamatkan para ‘buronan’ tentara revolusioner Iran, yang ada hanyalah ide buruk, tapi pertanyaannya adalah, ide buruk mana yang menurut anda paling bagus?

Film ini, walau para juri Oscar mendepak Ben Affleck dari nominasi sutradara terbaik, Argo tetap menjadi salah satu film terbaik tahun 2012. Terlepas dari ide film yang diangkat dari buku berjudul The Master of Disguise karangan Tony Mendez yang asli, Argo yang mungkin beberapa scenenya di dramatisir dari kejadian aslinya, tetap memberikan sebuah pengalaman menonton yang bisa membuat jantung anda berpacu dengan waktu, harap-harap cemas apakah rencana gila Tony Mendez di negara yang sedang konflik tersebut bisa berjalan mulus.

Ben Affleck berhasil memaksimalkan plot cerita yang linear menjadi sebuah petualangan mendebarkan tiap menitnya. Sedari awal, saya terus terpaku pada rentetan kejadian yang dibangun dengan narasi singkat dari awal film hingga aksi melarikan diri yang sebenarnya tergolong klise tapi entah kenapa saya jadi ikut-ikutan tegang. Ya, pacing dari Argo tersaji dengan sempurna, aktor pemeran Daredevil itu tahu betul dimana harus menampilkan momen-momen menarik di drama yang melibatkan kisah spionase yang terbilang mempunyai cerita yang predictable.

Selain itu, suguhan visual yang cantik pun berhasil ditampilkan dengan sangat apik oleh Ben Affleck, efek-efek grainy ala film tahun 80-an dan beberapa scene yang dibuat sedemikian miripnya dengan kejadian asli yang terekam kamera puluhan tahun lalu pun berhasil ditampilkan kembali dengan sangat meyakinkan, dari segi teknik dan editing, saya bisa bilang, Argo sangat sempurna.

Jangan lupakan para aktor pendukung lain yang bermain dengan sangat baik serta menjadi bumbu tawa tersendiri di film yang berdurasi kurang lebih 90 menit ini. Ada Alan Arkin dan John Goodman yang berhasil membuat Argo menjadi film spionase yang makin ‘berwarna’. Selebihnya, jajaran cast yang lainnya berhasil merepresentasikan karakter masing-masing yang terlibat di film ini dengan sangat baik, bahkan keotentikan pakaian hingga make up-nya pun patut diacungi jempol, anda akan melihat sendiri nanti ketika closing credit Argo mulai berputar.

Well, mungkin saya gila, tapi kalau boleh memilih, film ini seharusnya menang nominasi best picture untuk Oscar nanti, seharusnya. Karena tidak bisa disangkal, Argo adalah sebuah karya Ben Affleck yang menegangkan, menghibur dan bisa dinikmati oleh penonton film pada umumnya, bukan film yang berusaha terlihat pintar dan sok artsy, Argo adalah sajian audio visual bertema mainstream yang diangkat dari kisah nyata dan menjadi lebih menarik setelah film ini ditangani oleh Ben Affleck. Well, what are you waiting for? Go see this movie!

Rating: 5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s