A Fantastic Fear of Everything (2012/UK)


What happen in laundrette, stay in laundrette

What happen in laundrette, stay in laundrette

Mungkin film yang berjudul agak panjang ini, A Fantastic Fear of Everything, bisa dibilang film yang mengeluarkan potensi terbaik seorang Simon Pegg sebagai seorang komedian. Pasalnya, film ini tidak begitu terekspos oleh orang banyak, tapi ketika saya menonton film yang disutradarai oleh sutradara debutan, Crispian Mills ini, saya jadi tersenyum-senyum sendiri, sebuah komedi yang memang bernuansa suram tapi mempunyai ide cerita yang bisa dibilang orisinil, tidak mengulang formula komedi British kebanyakan, khususnya film-film komedi yang dibintangi oleh Simon Pegg.

Ceritanya berkutat di seorang penulis novel crime bernama Jack (Simon Pegg), demi menyelesaikan tulisannya, Jack melakukan riset mendalam tentang seluk beluk pembunuh-pembunuh berantai legendaris, sampai suatu hari, Jack menjadi paranoid, karena ia merasa bahwa dirinya sedang diawasi oleh seorang pembunuh berantai dan hal tersebut ada hubungannya dengan ketakutan Jack untuk keluar dari apartemennya, apalagi jika Jack disuruh untuk pergi ke laundry. Terlihat seperti tidak ada hubungannya, tapi disitulah misteri yang harus dikuak oleh Jack, pembunuh berantai dan laundry.

A Fantastic Fear of Everything memang bukan film untuk semua orang, apalagi yang terbiasa menonton film-film komedi slapstick yang ringan. Film ini memang berjalan lambat, tapi perlahan-lahan saya mulai menikmati kegelisahan Jack terhadap penyakitnya, hal tersebut ditambah dengan gimmick-gimmick yang selalu diperagakan Jack, seperti selalu membawa pisau, selalu memakai celana dalam dan suara hati dari diri Jack sendiri yang selalu curiga pada keadaan sekitarnya.

Tanpa disadari, disanalah letak kekonyolan film ini, tidak perlu setting yang beragam, cukup apartemen Jack dan sebuah tempat laundry, kehebatan Crispian Mills dalam menerjemahkan skripnya ke dalam bentuk visual terbilang sukses mengocok perut saya, apalagi dukungan scoring yang sangat pas dengan suara-suara ala film-film pembunuhan berantai jaman dulu, A Fantastic Fear of Everything bisa memberikan apa yang penonton mau minimal dari membaca judul filmnya saja.

Ceritanya memang lumayan mudah ditebak di akhir-akhir, tapi adegan di dalam laundry adalah adegan paling memorable dari film ini, dimana situasi yang sebenarnya ‘normal’ jika kita melihat sebuah laundry pada umumnya bisa menjadi thrilling lewat film berdurasi 100 menit ini. Well, apa mau dikata, sebagai sebuah film komedi yang menampilkan Simon Pegg di dalamnya, film ini tergolong underrated, padahal saya suka dengan film ‘aneh’ ini, he-he.

Simon Pegg sendiri bermain dengan sangat total disini, kegilaan-kegilaannya tersampaikan dengan jelas lewat karakternya yang suka meracau dan berhalusinasi tak jelas, tanpa akting yang berlebihan, walau sebenarnya ketakutannya pada sesuatu yang entah itu apa sudah terlihat sangat berlebihan, penampilan aktor yang sering berduet dengan Nick Frost ini menjadi ‘nyawa’ dari film komedi minimalis ini. Sebuah effort yang luar biasa, salut untuk sang sutradara dan Simon Pegg yang bisa menghidupkan film ini. Jika anda penggemar Simon Pegg, saya rasa film ini tidak boleh sampai dilewatkan, enjoy the fear!

Rating: 3/5

2 thoughts on “A Fantastic Fear of Everything (2012/UK)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s