The Odd Life of Timothy Green (2012/US)


The odd family

The odd family

Waktunya menonton film dongeng modern ala Walt Disney, kali ini pilihan saya jatuh kepada film ‘aneh’ yang menceritakan seorang bocah yang muncul tiba-tiba dari dalam tanah. Walau terdengar seperti premis film horor, percayalah, The Odd Life of Timothy Green adalah sebuah film drama keluarga ringan menyentuh yang dibumbui dengan nuansa fantasi di dalamnya. Film arahan Peter Hedges ini merupakan film yang tidak begitu booming tahun lalu, tapi ceritanya yang ringan dan menyampaikan banyak pesan positif di dalamnya lumayan membuat hati saya tergerak, singkat kata, anda butuh film yang mengajarkan anda untuk move on? The Odd Life of Timothy Green jawabannya.

Alkisah ada sepasang suami istri bernama Jim (Joel Edgerton) dan Cindy (Jennifer Garner) yang tidak bisa mempunyai anak setelah sekian kali mencoba, hingga suatu malam mereka memutuskan untuk mengakhiri semua usaha mereka selama ini untuk bisa mempunyai anak, tapi karena Jim dan Cindy sangat menginginkan seorang anak, mereka menulis semua kriteria impian anak mereka dalam secarik kertas kemudian menguburnya di pekarangan rumah mereka sendiri. Tak disangka, malam itu juga seorang bocah secara ajaib muncul dari pekarangan rumah Jim dan Cindy, bocah tersebut bernama Timothy (CJ Adams) dan ia mempunyai daun yang tumbuh di kakinya. Bagaikan mimpi yang jadi kenyataan, Timothy lambat laun menjadi bagian dari keluarga Jim dan Cindy, tapi mereka tidak tahu bahwa Timothy tidak akan bersama mereka untuk selamanya.

Film yang dibintangi oleh Jennifer Garner dan Joel Edgerton serta penampilan menggemaskan dari CJ Adams ini merupakan sebuah film yang menyenangkan dan penuh dengan pesan moral yang memberikan harapan positif bagi siapapun diluaran sana yang mempunyai masalah serupa dengan Jim dan Cindy. Kadang kala ada keluarga yang tidak siap mempunyai anak tapi mereka sudah dikaruniai anak, kadang kala ada yang memang sudah siap tapi mereka tak kunjung dikaruniai anak, hal tersebut memang ujian terberat dalam berumah tangga, tapi kesiapan kita sebagai orang tua pun patut dipertanggungjawabkan. Jim dan Cindy tahu bahwa Timothy hadir dari imajinasi mereka untuk mempunyai seorang anak yang sempurna, tapi mereka harus menghadapi kenyataan bahwa Timothy tidak akan ada untuk mereka selamanya, at least kehadiran Timothy semata-mata untuk memberikan tanda bahwa impian Jim dan Cindy untuk mempunyai seorang anak tidak boleh pupus begitu saja. Never give up!

Di dukung dengan jajaran cast yang mumpuni, alur cerita film ini mengalir dengan mulus, indah, mengharukan dan terkadang lucu. Apalagi kehadiran CJ Adams yang selalu tersenyum lugu dijamin bisa membuat anda seperti ingin memeluknya selalu, karena ia memang menjadi karakter yang paling loveable di film ini. Walau pada intinya film ini mempunyai pesan moral yang memang sudah biasa kita dapatkan di film-film bertema serupa, The Odd Life of Timothy Green menyampaikan pesan tersebut dengan caranya sendiri yang lebih aneh tapi tetap masuk akal. Tidak ada yang sempurna di dunia ini, bahkan keinginan paling mulia sebuah keluarga pun kadang tidak pernah terkabul, tapi selalu ada jalan lain untuk meraih keinginan tersebut, asalkan kita tidak mengubur harapan dan impian tersebut, never give up! Enjoy guys!

Rating: 3/5

7 thoughts on “The Odd Life of Timothy Green (2012/US)

  1. kereeeennnnnnnnnnnnnnn…film yg mendidik dan seharusnya patut mendapatkan penghargaan karna bukan sekedar kesan tpi apa yg disampaikan…bukan sekedar tampilan tapi isi dari keinginan dan harapan…

    ia lahir dari keinginan ia tumbuh dalam harapan ia tidak berakhir dalam cengengnya kesedihan dan ia pergi meninggalkan pesan akan kebahagiann
    tidak sempurna…tapi menyempurnakan…

    Like

  2. Nonton film ini kemaren pas lagi di puter di HBO Family, dan langsung dibuat jatuh cinta sama film ini.
    Walaupun sebenernya film ini punya plot cerita yang ga terlalu waw, tapi karena dimainkan sangat apik oleh pemain-pemainya, film ini jadi luar biasa (menurut saya hahaha)

    Timothy emang ngajarin kita untuk move on, tapi adegan yang paling sedih pas Timothy di dalam suratnya nyeritain siapa aja yang dia kasih daun. After all, film ini sangat bagus untung di tonton berkali-kali🙂

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s