Grabbers (2012/UK)


Just some hot Irish girl

Just some hot Irish girl

Satu lagi film komedi konyol bernuansa sci-fi ala British. Grabbers adalah judul film yang saya maksud, film ini menceritakan invasi alien ke sebuah pulau kecil di belahan Irlandia yang penduduknya mungkin bisa dihitung dengan jari. Film arahan Jon Wright ini bersetting minimalis dan digarap serius, tidak bisa dibilang film kelas B juga, karena balutan spesial efek yang dihadirkan juga tergolong lumayan mulus, hanya saja konsep ceritanya yang agak konyol. Mungkin anda pernah menonton film berjudul Evolution yang rilis tahun 2001, film yang dibintangi oleh David Duchovny itu mempunyai tema yang sama, bagaimana cara melawan para alien yang menginvasi bumi, jika Evolution mempunyai Head & Shoulders sebagai solusi ampuh melawan para alien, Grabbers mempunyai solusi yang lebih simple, yaitu bir dan alkohol!

Alkisah di suatu hari yang damai, dua orang polisi lokal kepulauan terpencil di bagian Irlandia bernama O’shea (Richard Coyle) dan Lisa (Ruth Bradley) menemukan fenomena aneh, banyak ikan paus yang mati di pesisir pantai, dan kematian mereka disebabkan oleh makhluk aneh yang menyerupai gurita tapi mempunyai lidah panjang yang setelah diteliti ternyata para gurita aneh dari luar angkasa tersebut bisa bertahan hidup hanya dengan darah manusia dan air. Tapi kejadian lebih aneh terjadi, alien tersebut tidak bisa menghisap darah Paddy (Lalor Roddy) seorang nelayan tua yang suka mabuk-mabukan, diteliti lebih lanjut, alien yang dijuluki grabber oleh Paddy ternyata tidak bisa menyedot darah yang sudah terkontaminasi oleh alkohol. Maka sambil menanti bantuan datang dari kantor pusat, O’shea, Lisa, Paddy dan rekan-rekannya mengajak semua penduduk untuk mabuk-mabukan satu malam agar tidak diserang oleh para grabber.

Entah film ini disyuting di pulau apa, yang jelas, sinematografinya cantik, melihat hamparan pasir di pantai dan keindahan alam pulau tersebut yang masih alami, sebenarnya Grabbers dibuka dengan sangat lambat, mungkin dari tengah menuju akhir film kita baru mulai merasakan keseruan dan kekonyolan yang dibuat dengan serius oleh Jon Wright lewat film sci-fi minimalisnya ini. Melihat fenomena warga Irlandia yang suka nongkrong di bar sambil minum bir dan alkohol saja bisa menjadi ide untuk memberantas alien, tapi masalahnya, jika dalam keadaan sadar saja susah melawan para alien, apalagi dalam keadaan setengah sadar sambil bergumam tidak jelas, bisa dibilang absurd.

Maka untuk membuang imej absurd tersebut, diplotlah O’shea sebagai satu-satunya orang yang sadar ketika invasi alien ke pub tercinta mereka terjadi, O’shea yang pada dasarnya adalah pemabuk berat menjadi pahlawan sekaligus bukti bahwa dirinya bukanlah pemabuk akut, dan disitulah sisi drama film sci-fi agak konyol ini mulai ditonjolkan, bahwa O’shea tidak selamanya menjadi pemabuk, ada sesuatu yang membuat dirinya menjadi seperti sekarang, dan pertemuannya dengan Lisa akhirnya bisa membuat ia berubah, predictable dan memang terdengar seperti kisah romansa klise, tapi justru itu lucunya, masih sempat-sempatnya Jon Wright menyisipkan plot ‘agak’ serius di film yang seharusnya dibuat full tidak serius ini.

Untuk sebuah invasi alien yang memang ingin terlihat beda, kualitas Grabbers masih kalah jauh dari Attack the Block yang telah rilis duluan, tapi untuk sebuah tontonan komedi ringan yang memperkenalkan kita pada aksen-aksen orang Irlandia yang lebih unik dari orang Inggris, Grabbers bolehlah menjadi pilihan anda, selebihnya tidak ada yang istimewa dari film berdurasi 90 menit ini, saksikan saja kekonyolan orang-orang yang sedang mabuk berat melawan alien gurita aneh yang suka memakan manusia. Happy watching!

Rating: 2.75/5

5 thoughts on “Grabbers (2012/UK)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s