Oz the Great and Powerful (2013/US)


Just kiss her already!

Just kiss her already!

Setelah lumayan lama saya tidak mengunjungi bioskop, akhirnya baru kemarin saya sempat menyaksikan film-film Hollywood yang menyerbu bioskop-bioskop di kota saya, karena kebingungan ingin menonton yang mana dulu, maka saya putuskan film yang diadaptasi dari cerita dongeng popular jaman dulu, The Wizard of Oz, yang berjudul Oz the Great and Powerful lah yang menjadi pilihan saya. Ada Sam Raimi yang menjadi sutradara disini, setelah Drag Me to Hell yang bernuansa horor, Sam Raimi kembali lagi dengan film fantasi yang lebih berwarna dan tak lupa mengajak aktor langganannya di Spider-Man trilogy, James Franco untuk ambil bagian di film terbarunya ini.

Lupa-lupa ingat, saya tidak pernah tahu cerita seutuhnya The Wizard of Oz, tapi ketika menonton film ini, ingatan tersebut perlahan-lahan kembali muncul. Alkisah ada seorang pesulap bernama Oscar (James Franco) yang biasa dipanggil Oz ketika ia perform di sirkus kelilingnya. Oscar merupakan pesulap yang arogan dan juga sering memberi harapan palsu pada wanita-wanita yang mencintainya, dengan dalih ia ingin melakukan sesuatu yang spektakuler dulu semasa hidupnya. Tapi mulutmu adalah harimaumu, ketika angin topan datang menyapu sirkus kelilingnya, Oscar terbawa angin topan tersebut bersamaan dengan balon udara yang dinaikinya, dan tanpa disadari ia terlempar ke tempat yang belum pernah ia lihat sama sekali, tempat yang dikenal dengan the land of Oz. disana pula ia bertemu dengan beberapa wajah baru, diantaranya adalah kakak beradik Evanora (Rachel Weisz) dan Theodora (Mila Kunis) yang percaya bahwa Oscar adalah raja yang diramalkan akan datang untuk memimpin kota Emerald. Tapi sebelum menjadi pemimpin, Oscar harus membunuh penyihir jahat bernama Glinda (Michelle Williams). Dibantu dua sahabatnya yang unik, Frank (Zach Braff) dan China Girl (Joey King), dan demi emas yang melimpah di kota Emerald, Oscar pun pergi memburu Glinda yang sebenarnya masih banyak kesalahpahaman di petualangannya tersebut.

Saya menonton film ini yang versi 3D-nya, dan harus saya akui, versi 3D-nya lumayan bagus, bukan 3D abal-abal seperti film-film Hollywood yang terbawa trend 3D kebanyakan, Oz the Great and Powerful ini memberikan banyak pengalaman sinematik 3D yang indah ketika kita dibawa untuk menjelajahi the land of Oz yang mungkin hampir mirip dengan dunia fantasi di film Alice in the Wonderland. Selain itu, opening scene film ini juga bisa dikatakan menarik, film dimulai dengan warna sephia dan ukuran frame yang masih menggunakan aspect ratio 4:3 seperti halnya film-film di awal tahun 1900-an dulu. Tapi ketika Oscar terlempar ke the land of Oz dan mulai menyadari bahwa ia berada di tempat yang asing, frame film perlahan-lahan mulai melebar dan mulai berwarna layaknya film-film jaman sekarang, dan sekaligus menandai dimulainya petualangan Oscar yang sok tahu di the land of Oz.

Oz the Great and Powerful ini menurut saya tidak memiliki kelemahan dari segi teknis, karena jujur, dari awal hingga akhir film, saya menikmati setiap visualisasi yang disuguhkan oleh Sam Raimi. Malah kalau bicara soal plot ceritanya, film yang terkenal dengan a yellow brick road ikoniknya ini terbilang sederhana, predictable dan memang seperti itu adanya. Tidak ada misteri maupun twist yang mencengangkan, semuanya tipikal film dongeng fantasi yang berusaha mewujudkan daya imajinasi kita ketika menontonnya. Penampilan para aktor dan aktris yang ada di dalamnya pun tidak begitu istimewa, dari mulai James Franco, Mila Kunis hingga Rachel Weisz, semua menampilkan performa terbaiknya masing-masing tanpa ada yang menonjol sama sekali kecuali make up super jelek Mila Kunis ketika ia menjadi seorang penyihir, he-he.

Well, the yellow brick road, the flying monkey, the china girl dan beberapa elemen khas dari The Wizard of Oz sudah hadir kembali di film ini dengan versi yang lebih keren dan lebih memanjakan mata, tapi secara keseluruhan, bagi anda yang ingin mencari tontonan untuk mengisi waktu luang, film ini cukup menghibur tapi mungkin cepat dilupakan juga. So, just enjoy the adventure!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s