Olympus Has Fallen (2013/US)


Listen son, never use handgun to kill an Asian, ever!

Listen son, never use handgun to kill an Asian, ever!

Sudah lama saya tidak menyaksikan film action se-asyik ini pasca A Good Day to Die Hard, dan kalau boleh jujur, film berjudul Olympus Has Fallen ini lebih mengasyikkan dari film Bruce Willis terakhir itu. Ditangani oleh sutradara yang sudah terkenal dengan film crime-action ala Training Day dan Brooklyn’s Finest serta beberapa action ringan seperti Shooter dan Tears of the Sun, Antoine Fuqua kembali dengan film action yang bisa membuat anda terpaku selama kurang lebih dua jam menyaksikan invasi yang dilakukan sekelompok teroris bermata sipit ke gedung putih yang katanya gedung paling aman di dunia.

Ceritanya berkutat pada satu orang bernama Mike Banning (Gerard Butler) yang berprofesi sebagai anggota secret service Presiden Asher (Aaron Eckhart). Tapi setelah kejadian yang menewaskan istri sang presiden, Mike Banning tidak lagi menjadi pengawal pribadi orang nomor satu di Amerika tersebut. Hingga suatu saat, Mike Banning mendapati gedung putih diserang habis-habisan oleh sekelompok teroris yang dipimpin oleh Kang (Rick Yune), serangan cepat tersebut langsung meluluh-lantahkan gedung putih dalam sekejap, semua lusinan secret service jadi ajang latihan tembak menembak pasukan gerilya Kang. Satu-satunya yang selamat dari serangan gila tersebut adalah Mike Banning, yang kemudian berjuang untuk menyelamatkan Presiden Asher yang disekap di dalam bunker kepresidenan gedung putih.

Dengan konsep ala Die Hard, dimana ada orang yang terjebak di tempat yang salah dan waktu yang salah, tidak lantas membuat film action menggelegar ini menjadi sebuah film action klise yang basi. Walau memang masih tergolong sebuah film action brainless yang mengandalkan adu tembak dan kepala bocor, Olympus Has Fallen memiliki alur cerita yang terjaga dari awal sampai akhir, sehingga ketegangan film ini bisa mencapai klimaks dengan seharusnya di akhir cerita. Tidak seperti Training Day dan Brooklyn’s Finest yang lebih menitikberatkan pada kekuatan dramanya (dan harus diakui dua film tersebut termasuk dua film tentang polisi favorit saya sepanjang masa) Antoine Fuqua nampaknya tidak mau buang-buang waktu di film yang mempunyai saingan film berplot sama yang rilis Juni nanti, White House Down.

Mengandalkan tiga aktor yang sudah tidak asing lagi namanya, Gerard Butler bisa dibilang kembali lagi pada performa terbaiknya setelah berperan menjadi raja yang tidak kenal ampun di 300. Masih dengan kebrutalannya, sosok Mike Banning bagaikan sosok John McClane di Die Hard pertama, masih fit, prima dan tidak kenal ampun tapi tetap mempunyai hati. Kemudian masih ada Morgan Freeman dan Aaron Eckhart yang menjadi aktor pendukung disini, penampilan mereka pun cukup memberi warna tersendiri, apalagi saya tidak pernah menyangka bahwa orang dengan setelan seperti Aaron Eckhart terlihat pantas memerankan presiden Amerika (walau terlihat terlalu tampan dan lebih berotot).

Dan di setiap film action brainless yang bombastis selalu membutuhkan sesosok penjahat yang khas. Olympus Has Fallen mempunyai Kang yang diperankan dengan sangat baik oleh Rick Yune, dan jujur saja, sosok Kang disini lebih menyeramkan dan lebih sebanding dengan Mike Banning daripada penjahat yang ada di film A Good Day to Die Hard, yang mengandalkan skema klise terorisme yang sudah ketinggalan jaman. Kang di Olympus Has Fallen lebih senang bermain nyawa tanpa mengenal gender dan usia, hal tersebut membuat keseluruhan film ini menjadi makin menarik, karena penonton tidak hanya disuguhi aksi berdarah-darah dari jagoannya saja, tapi juga dari karakter antagonisnya.

Overall, Olympus Has Fallen menjadi film yang paling mengagetkan saya di bulan Maret, bulan dimana saya pikir sudah tidak ada lagi film action yang memuaskan, film garapan Antoine Fuqua ini berhasil memuaskan rasa haus saya akan film-film action Hollywood yang menyelipkan unsur nasionalisme di dalamnya. Memang sih secara garis besar film ini tidak akan mengesankan anda yang suka dengan film-film berat, tapi percayalah, sebelum White House Down garapan Roland Emmerich rilis nanti, untuk sementara, film penyerangan gedung putih terkeren tahun ini masih ada di tangan Olympus Has Fallen. Merdeka!

Rating: 4/5

One thought on “Olympus Has Fallen (2013/US)

  1. Pingback: The Equalizer (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s