The Croods (2013/US)


Welcome to Pandora

Welcome to Pandora

Setelah kejayaan Ice Age yang menceritakan perilaku hewan purba yang super konyol, kali ini ada The Croods, satu keluarga jaman purba yang terbiasa hidup di dalam gua. The Croods menjadi film animasi yang sejauh ini paling menghibur saya di tahun 2013. Film ini juga menjadi pertanda bahwa suara berwibawa Nicolas Cage memang tidak pernah ada matinya, karena ia menjadi salah satu pengisi suara karakter utama di film produksi DreamWorks Animation ini. So, siapa bilang karir aktor yang kerap disapa Nic Cage itu tamat?! Film animasi keluarga ini menjadi buktinya, dan saya puas akan hal tersebut! (penggemar garis keras Nicolas Cage)

The Croods sendiri menceritakan sebuah keluarga beranggotakan enam orang yang dikepalai oleh Grug (Nicolas Cage) yang sangat protektif terhadap anak-anaknya, salah satunya adalah Eep (Emma Stone), anak gadis Grug yang selalu ingin tahu dengan kehidupan di luar gua yang sempit dan gelap. Hingga suatu hari tanpa sengaja, Eep bertemu dengan Guy (Ryan Reynolds), seorang manusia gua yang sudah jauh lebih modern dari keluarga Eep. Pertemuan dengan Guy membuat Eep yakin bahwa ada sesuatu yang lebih menarik diluar sana. Apalagi ketika itu bumi sedang dalam proses terbelah-belah, menyebabkan gua yang dihuni keluarga Grug hancur. Maka mau tidak mau, Grug sekeluarga harus mencari tempat aman lainnya dengan bantuan Guy yang membuat Grug cemburu. So, dimulailah petualangan otak dan otot di jaman purba yang diselingi dengan kekonyolan yang tidak terhingga.

Film ini memang mengingatkan saya pada film Ice Age, dimana ada sekumpulan karakter yang berbeda-beda melakukan petualangan bersama, hanya bedanya, The Croods menceritakan dari sisi yang lebih logis, yaitu para manusia ketimbang para hewan yang bisa berbicara. Lucunya, sebenarnya ada keluarga Flinstones yang mengawali trend komedi jaman batu, tapi entah kenapa bayangan tersebut tidak muncul di otak saya pertama kali menonton film keluarga jaman batu yang lebih kocak ini, he-he.

DreamWorks Animation sendiri sudah terkenal dengan film-film animasinya yang memang rata-rata berkualitas, seperti Kung Fu Panda dan Madagascar-nya, tidak lupa jejeran aktor ternama papan atas pun selalu menjadi pilihan untuk mengisi suara di film-film animasinya. Sama halnya seperti The Croods, justru selain suara Nicolas Cage yang khas (dan keren), sebenarnya masih ada Emma Stone yang sedang naik daun, Ryan Reynolds dan aktor remaja Clark Duke yang mengisi suara anggota keluarga Grug di film yang dirilis juga dalam format 3D ini.

Selain kekonyolan para anggota keluarga The Croods, film ini di dukung dengan animasinya yang mulus dan lucu, penggambaran hewan-hewan jaman purbanya terbilang lucu dan imut-imut, walau tanpa kehadiran dinosaurus sekalipun, saya yakin macan purba di film ini bisa membuat buah hati anda yang masih bocah tertawa puas. Jadi intinya, imej hidup keras di jaman purba (yang terlihat sangat biasa di film ini) malah tertutupi oleh penampakan lucu para hewan-hewan yang menghuni bumi saat itu, bahkan saya berpikir film ini settingnya berada bukan di bumi karena hewan-hewan di film ini sepertinya tidak pernah eksis.

Tapi terlepas dari tingkat keakuratan historical film ini, The Croods tetap tampil menghibur dan tentunya merupakan film keluarga wajib tonton bagi anda yang sedang mencari pilihan film untuk buah hati. Selain teknologi 3D yang memanjakan mata dan ceritanya yang ringan, The Croods tidak melupakan pesan moral yang paling dasar dalam berkeluarga dan berkehidupan. Kasih sayang keluarga memang tidak ada batasnya dan jangan takut untuk mengeksplorasi sesuatu yang baru, karena ‘baru’ bukanlah sesuatu yang selamanya buruk. Well, lucu, konyol, sedih dan terharu pasti akan anda rasakan ketika menonton film ini, tunggu apalagi? Let’s go to tomorrow!

Rating: 4/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s