This Is 40 (2012/US)


This is LIFE

This is LIFE

Susah rasanya hidup jika usia sudah beranjak tua, jangankan tua, baru menginjak umur 40 saja dunia rasanya sudah seperti kiamat, seperti yang dirasakan oleh pasangan suami istri bernama Pete (Paul Rudd) dan Debbie (Leslie Mann), yang secara tidak langsung merupakan pasangan suami istri yang pernah muncul di film Knocked Up tahun 2007 silam. Jangan bingung, karena film berjudul This Is 40 ini adalah sebuah film spin-off dari film Knocked Up yang sama-sama disutradarai oleh Judd Apatow, spesialis komedi brutal dan vulgar yang menohok. Walaupun bukan sekuel secara tidak langsung dari Knocked Up, tapi semangat film ini masih sama seperti film yang dibintangi Seth Rogen terdahulu itu, bagaimana caranya menghadapi kehidupan yang tiba-tiba berubah karena suatu hal (entah itu bayi ataupun usia yang bertambah tua)?

Usia Pete dan Debbie sudah menginjak kepala empat, di angka cantik ini justru mereka jadi makin sering bertengkar, dimulai dari hal sepele, seperti hasrat Pete menggunakan viagra agar bisa bercinta dengan Debbie sampai cara mendidik kedua putri mereka yang masih bocah tapi sudah kecanduan serial Lost. This Is 40 tidak lain ingin memberikan gambaran gamblang apakah yang akan dihadapi suatu pasangan jika usia mereka berada di antara usia produktif dan tidak produktif lagi, apakah mereka harus berubah total dan siap-siap menyambut hari tua yang membosankan? Atau nikmati saja hidup dengan mengurangi sedikit demi sedikit kebiasaan buruk mereka di masa-masa muda?

Film drama komedi berdurasi dua jam ini lumayan memberikan perspektif segar dikala anda yang mungkin sudah berusia seperti Pete dan Debbie sedang mentok-mentoknya menjalani aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Judd Apatow melihat fenomena “menuju hari tua” ini dengan caranya seperti biasa, nyeleneh, brutal dan juga vulgar pastinya. Tapi mungkin pesan terdalam dari Judd Apatow lewat film yang melibatkan kedua putrinya ambil bagian di film ini langsung adalah jangan takut berubah karena keadaan, karena cepat atau lambat, kita semua akan bertambah tua, dan cepat atau lambat kita semua harus bisa mengontrol emosi dan perasaan kita terhadapa keadaan sekeliling.

Well, kalau boleh jujur, saya tidak pernah peduli jika film ini merupakan spin-off atau bukan spin-off dari film Knocked Up, karena daya tarik dari film ini tentu saja adalah keberadaan Paul Rudd yang merupakan salah satu aktor spesialis film komedi ringan favorit saya di Hollywood, film-filmnya tidak pernah saya lewatkan, sebagian bagus, sebagian jelek, sebagian biasa-biasa saja, dan mungkin This Is 40 adalah yang masuk ke daftar “sebagian biasa-biasa saja” dari filmnya Paul Rudd tersebut.

Ceritanya berjalan linear dan tergolong lambat untuk sebuah film drama komedi, tapi itu memang ciri khas Judd Apatow yang berusaha menangkap bagaimana sebuah keluarga bisa menghadapi kenyataan dimana faktor usia dan faktor finansial sedang mencekik mereka. Hasilnya tentu saja beragam dan mostly, di film ini, hasilnya adalah kegilaan dan kekonyolan yang dilakukan Pete dan Debbie dalam menghadapi itu semua dengan cara mereka masing-masing.

Beruntung banyak sekali aktor dan aktris pendukung di film panjang terakhir Judd Apatow setelah Funny People ini, dari mulai Jason Segel, Chris O’Dowd, Megan Fox yang luar biasa seksi sampai tiga musisi beda jaman pun ambil bagian kecil disini, Ryan Adams, Graham Parker (The Rumour) dan Billie Joe Amstrong (Green Day). Jangan lupakan penampilan gila Melissa McCarthy (yang memerankan Catherine) yang booming lewat Bridesmaids ikut meramaikan suasana brutal lewat adu sumpah serapah dengan Pete dan Debbie yang tidak ambil pusing.

Overall, This Is 40 tergolong sebuah film drama komedi yang “so-so”, untung saja saya tidak berekspektasi terlalu tinggi ketika ingin menonton film garapan terbaru sutradara yang mempunyai PH bernama Apatow Productions ini. Selain durasinya yang menurut saya kelamaan, konklusi dari cerita hari tua Pete dan Debbie pun tidak begitu istimewa, dengan kata lain, we’re 40 and all is fine. Well, hope you’ll like it!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s