Stoker (2013/US)


Yellow umbrella? Watch out Ted Mosby! :P

Yellow umbrella? Watch out Ted Mosby!😛

Tahun ini mungkin bisa dibilang tahunnya sineas Korea unjuk gigi di industri perfilman Hollywood, setelah Kim Jee-woon dengan The Last Stand-nya, bulan ini giliran Park Chan-wook dengan film psikologis thrillernya, Stoker. Tidak bisa dipungkiri, Stoker seperti pasangan yang pas untuk sutradara yang dikenal dengan film epiknya, Oldboy (yang sudah di-remake juga oleh Hollywood). Jadi jangan heran jika anda seperti melihat film tipikal thriller Korea yang berbahasa Inggris ketika menonton Stoker. Yang lebih mengejutkan, film ini naskahnya ditulis oleh Wenthworth Miller yang lebih dikenal dengan nama Michael Scofield di serial Amerika ternama, Prison Break, alhasil, perpaduan dua insan berbeda kewarganegaraan ini menjadikan Stoker film thriller paling indah yang pernah saya tonton di bioskop tahun ini.

Stoker sendiri menceritakan sebuah keluarga kecil yang sedang dirundung duka, yaitu ada Evelyn Stoker (Nicole Kidman) dan India Stoker (Mia Wasikowska) yang baru saja kehilangan figur suami dan ayah. Tapi tepat setelah pemakaman ayahnya, India melihat sosok baru di lingkungan rumahnya, yaitu Charles (Matthew Goode) yang tidak lain adalah paman yang tidak pernah diketahui oleh India maupun Evelyn. Kedatangan Charles menyimpan banyak pertanyaan bagi Evelyn khususnya India, kemana saja Charles selama ini? Apalagi selain penampilannya yang rupawan, Charles mempunyai sifat yang sangat ramah. Hal tersebut justru menyimpan banyak kejanggalan bagi India, karena makin lama Charles tinggal bersama dua keluarga Stoker yang tersisa, makin kuat juga perasaan “aneh” India terhadap Charles.

Beberapa hal patut diperhatikan ketika anda mau menonton film ini, pertama, jika anda bukan penggemar film-film thriller ala Korea, apalagi ala Park Chan-wook, anda pasti akan berpikir Stoker dimulai dengan alur yang sangat lambat, tapi tahan nafas anda, karena paruh kedua film ini bakal menyajikan momen-momen “what-the-fuck” yang sayang sekali untuk dilewatkan. Terakhir, selain cerita thriller yang solid, Stoker di dukung dengan sinematografi dan scoring yang ciamik. Chung Chung-hoon berhasil memaksimalkan objek-objek yang biasa kita temui di kehidupan sehari-hari lewat bidikan-bidikan makronya yang menawan, hal tersebut makin sempurna ketika iringan scoring Clint Mansell yang bernuansa “eerie” menambah aura misterius para karakter-karakter yang ada di film berdurasi kurang lebih dua jam ini.

Overall, Stoker berhasil menjadi film ‘sleeper hit’ versi saya di bulan ini, suatu film thriller yang memang sudah “nyetel” sekali dengan gaya penyutradaraan sineas yang pernah membuat film pendek menggunakan kamera iPhone itu. Ketika segi teknis sudah mumpuni, jajaran aktor dan aktrisnya pun berhasil menyuguhkan penampilan yang apik. Mia Wasikowska dan Matthew Goode sukses menjadi pusat perhatian, hubungan aneh diantara dua orang yang sebenarnya menyimpan banyak misteri ini berhasil disajikan dengan sangat baik, bahkan Nicole Kidman yang pada hakekatnya menjadi aktris ‘tempelan’ semata tetap memberikan penampilan terbaiknya di film ini. Alhasil, hanya dengan modal tiga bintang Hollywood, Stoker menjelma menjadi sebuah tontonan misterius, menegangkan dan bakal membuat penonton bertanya-tanya dari awal sampai ending film ini yang membuat mata saya terbelalak, what an ending!

Well, walau banyak sensor sana sini ketika saya menyaksikan film ini di bioskop, saya tetap puas menyaksikan film debutan bahasa Inggris pertama Park Chan-wook, penuh dengan signature ala film-film thrillernya di Korea, ternyata tetap matching dengan gaya film Hollywood. Ya, tunggu apalagi? Kalau kata orang, Stoker itu istilahnya, it’s a must see movie!

Rating: 3.5/5

7 thoughts on “Stoker (2013/US)

  1. Pingback: Snowpiercer (2013/Korea) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s