Parker (2013/US)


Payback has a new name, and a new style too

Payback has a new name, and a new style too

Tidak lengkap rasanya kalau setiap tahun tidak ada film action dari Jason Statham, dan sebagai pecinta film-film action, film terbaru Jason Statham yang berjudul Parker ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Judulnya sendiri sudah menunjukan bahwa tokoh utama di film yang disutradarai oleh Taylor Hackford ini bernama Parker (Jason Statham), seorang kriminal yang gemar mencuri dan merampok tapi mempunyai etika tersendiri ketika melakukan pekerjaannya. Tapi sayang, setelah pekerjaan terakhirnya, Parker malah dikhianati oleh krunya sendiri, di duga mati, Parker secara mengejutkan kembali dari kematian dan mempunyai satu misi, yaitu membalas dendam dan memburu kru lamanya yang tengah merencanakan perampokan berlian di kawasan elite Palm Beach.

Entah film ini sudah menjadi film Jason Statham keberapa yang saya tonton, walau perlu diakui bahwa setiap film yang dibintangi olehnya selalu mempunyai blueprint yang sama, yaitu jalan cerita yang sederhana dan porsi aksi yang memanjakan mata para pecinta film action. Tapi ada juga beberapa film Jason Statham yang mempunyai nuansa “berbeda”, seperti Blitz dan film terbarunya tahun ini juga, yaitu Hummingbird yang belum saya tonton (dan pasti akan saya tonton). Meskipun begitu, tema dari tiap film aktor yang mulai melejit setelah ambil bagian di film-filmnya Guy Ritchie ini tidak akan jauh berbeda, entah itu soal balas dendam yang disebabkan tindakan kriminal ataupun sebaliknya.

Maka, lewat Parker, secara tidak langsung kita akan melihat situasi ala film lamanya Jason Statham, Lock, Stock and Two Smoking Barrels, dimana ada grup pencuri yang jadi target grup pencuri lain. Bedanya, pertama, grup pencuri di Parker hanya jadi target Parker seorang yang hanya dibantu oleh agen real estate seksi bernama Leslie yang diperankan dengan sangat menggoda oleh aktris sekaligus penyanyi, Jennifer Lopez. Lalu kedua, Parker menjanjikan aksi yang lebih serius dan berdarah-darah daripada film debutan Guy Ritchie tersebut. Ya, aksi pertarungan Parker dengan musuh-musuhnya di film ini terbilang cukup banyak tapi rapih dan tidak berlebihan, walau kebanyakan menggunakan senjata api, tapi pertarungan tangan kosong yang hanya melibatkan bantuan sebilah pisau pun cukup asyik untuk dinikmati di film berdurasi dua jam ini.

Tapi sekilas saya seperti menonton film yang di adaptasi dari game Grand Theft Auto (GTA), dimana caption-caption tiap kota yang didatangi Parker ditulis dengan animasi huruf-huruf besar berwarna merah dan jangan lupakan kelihaian Parker ketika mencuri mobil di film ini, entah bagaimana caranya tapi saya sampai tidak sempat menghitung berapa mobil yang dicuri Parker saking lihainya, konyol memang, tapi peduli setan dengan plot hole dan aksi “die hard” Parker yang tidak mati-mati walau ditusuk dan ditembak berkali-kali, film ini tetap memberikan hiburan action yang pas bagi saya.

Well, apalagi yang kurang? Kalau anda suka Jason Statham dan suka film action, Parker layak masuk ke daftar tontonan santai anda di akhir minggu. Selain aksi cantik aktor berkepala plontos ini, anda juga bisa menyaksikan adegan cantik lainnya, termasuk para wanita-wanitanya yang menggoda, dari mulai blonde sampai latin, ada semua disini, he-he. Yes, this one is Statham as usual, enjoy!

Rating: 3/5

2 thoughts on “Parker (2013/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s