A Glimpse Inside the Mind of Charles Swan III (2012/US)


Yes! Aubrey Plaza is in this flick too

Yes! Aubrey Plaza is in this flick too

Kita tahu kalau Charlie Sheen itu rada ‘gila’ belakangan ini, tidak aneh Roman Coppola mendapuknya sebagai bintang utama di film terbarunya yang ia sutradarai sendiri, A Glimpse Inside the Mind of Charles Swan III. Kurang lebih film ini seperti judulnya, sedikit menggambarkan apa yang ada di kepala Charles Swan, tanpa membedakan yang mana fantasi dan yang mana dunia nyata. Satu hal yang harus anda ketahui, jika anda tidak terbiasa menonton film-film yang naskahnya ditulis Roman Coppola, mungkin anda tidak akan suka dengan film ‘indie’ anak Francis Ford Coppola ini, karena tone dari film ini tidak jauh-jauh dari The Darjeeling Limited, bahkan Moonrise Kingdom, kadang unik, aneh dan absurd.

Charles Swan (Charlie Sheen) sendiri adalah seorang desainer sukses yang depresi karena baru saja diputuskan pacarnya yang super cantik, Ivana (Katheryn Winnick). Berusaha untuk move on dari Ivana, Charles malah makin memikirkannya dan membayangkan skenario-skenario gila yang ada di kepalanya tentang Ivana dan orang-orang yang ada di sekitarnya, seperti saudaranya, Izzy (Patricia Arquette), sahabatnya, Kirby (Jason Schwartzman) dan konsultan bisnisnya, Saul (Bill Murray). Kurang lebih, film ini menceritakan bagaimana usaha Charles untuk bisa move on dari Ivana lewat fantasi-fantasi liarnya.

Film yang durasinya saja kurang dari 90 menit ini memang seperti film santai yang sengaja dibuat Roman Coppola untuk memenuhi halaman portofolionya sebagai praktisi perfilman. Padahal film ini dibintangi artis-artis ternama Hollywood, termasuk artis-artis langganan keluarga Coppola dan juga Wes Anderson tentunya, seperti Bill Murray dan Jason Schwartzman. Tapi memang karakteristik duo Coppola ini suka agak beda dari selera mainstream kebanyakan. Sofia Coppola sendiri dalam waktu dekat ini akan merilis film terbarunya yang berjudul The Bling Ring yang nampaknya lebih ‘mainstream’ untuk ditonton, sedangkan Roman Coppola yang terbiasa menjadi sutradara video-video musik The Strokes ini lebih suka membuat drama-drama kehidupan yang sebenarnya mempunyai tema yang universal tapi entah kenapa selalu dikemas seaneh dan seabsurd mungkin. Jadi wajar jika karya-karyanya kadang tidak sesuai selera kebanyakan orang.

Tapi karena saya sudah terbiasa dengan gaya penuturan Roman Coppola yang ‘indie’ semenjak The Darjeeling Limited, saya menganggap filmnya yang berjudul panjang ini juga cukup menarik untuk disaksikan walau saya yakin akan cepat dilupakan juga. Tapi karena mood saya memang sedang ingin move on seperti yang dialami oleh Charles Swan yang nyentrik, film ini mendadak klop di hati saya. Akting Charlie Sheen yang mungkin tidak jauh beda dengan kehidupan sehari-harinya menjadikan karakter Charles Swan seperti karakter yang mungkin memang ada di sekitar kita sekarang. Flamboyan, gila wanita, terkadang congkak dan juga suka curhat, karakter yang sangat umum ditemui bukan?

Dipadupadankan dengan setting tahun 70-an dimana celana cutbray jadi tren yang sedang hip saat itu, A Glimpse Inside the Mind of Charles Swan III ini lumayan memberikan hiburan yang asyik walau hanya sesaat. Bahkan ibu saya sempat menyaksikan sebentar film ini dan berpendapat bahwa gambarnya bagus, mungkin beliau teringat masa masa mudanya ketika tahun 70-an, he-he. Dan keunikan Roman Coppola tidak berhenti sampai disitu, puncaknya adalah ketika semua pemeran utama di film ini memperkenalkan dirinya masing-masing sebagai pengganti closing credit. Ya, Roman Coppola memang hanya ingin bersenang-senang di film ini.

Tapi terlepas dari gaya sepupu Nicolas Cage ini setiap membuat film, film panjang kedua yang ia sutradarai sendiri ini tetap menghibur saya, karena lewat Charles Swan, fase-fase move on yang kata orang menyakitkan setidaknya dibuat lebih berwarna dan lebih imajinatif. At least, kalau ingin menghibur diri sendiri paska sakit hati, ada baiknya dilakukan dengan total, sehingga rasa sakitnya tidak terlalu terasa, he-he. Well, just sit and enjoy this ridiculous fantasy inside the mind of Charles Swan.

Rating: 3/5

 

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s