Star Trek Into Darkness (2013/US)


Parental guidance alert!

Parental guidance alert!

Saya tahu Star Trek, tapi saya bukan seorang trekkie sejati, bahkan karakter Star Trek yang paling saya ingat yaitu kapten Picard yang diperankan Patrick Stewart, dan tentunya Spock yang sering disebut-sebut Sheldon di serial The Big Bang Theory. Beruntung, ketika Star Trek generasi J.J. Abrams rilis tahun 2009, saya ternyata bisa menikmatinya tanpa harus menonton ulang semua serial Star Trek dari tahun 80-an, dan Star Trek generasi J.J. Abrams ini pun cukup mengasyikkan, dan tinggal menunggu waktu sampai sekuelnya keluar di tahun ini, Star Trek Into Darkness yang ternyata masih seperti film pertamanya, asyik dan memang tipikal film blockbuster bergenre sci-fi yang menghibur.

Petualangan berlanjut di Star Trek Into Darkness, masih ada Kapten Kirk (Chris Pine) yang slebor, Spock (Zachary Quinto) yang seperti biasa selalu perfeksionis, Uhura (Zoe Saldana), Bones (Karl Urban), Scotty (Simon Pegg), Sulu (John Cho) yang mengarungi luar angkasa di pesawat Enterprise. Setelah opening scene yang agak konyol, Kapten Kirk dkk dipanggil ke bumi untuk berkumpul bersama para petinggi-petinggi Starfleet dikarenakan ada ancaman dari seorang teroris berkekuatan super bernama John Harrison alias Khan (Benedict Cumberbatch). Naas bagi Pike (Bruce Greenwood), mantan kapten Enterprise, dirinya tewas dibombardir serangan mendadak Khan. Melihat mantan mentornya tewas begitu saja, Kapten Kirk pun berencana untuk membalas kematian Pike dengan memburu Khan ke planet Klingon yang ternyata dibalik misi tersebut, ada maksud tersembunyi dari komandan tertinggi di Starfleet, Marcus (Peter Weller), yang sama-sama menginginkan Khan mati.

Kalau anda belum menonton film pertamanya pun, anda pasti bisa langsung mengikuti alur cerita film kedua ini, hanya saja mungkin anda akan bingung dengan karakter-karakter yang ada di Star Trek generasi J.J. Abrams ini. Tapi hal tersebut bukan masalah bagi anda yang memang ingin menonton film sci-fi yang seru, kocak dan juga mengharukan ini. Karena selain kegilaan spesial efek yang tentunya makin canggih dan makin menggelikan, Star Trek Into Darkness juga menyimpan porsi drama yang diperuntukan khusus untuk dua karakter utama yang paling digemari penonton, yaitu Kapten Kirk dan Spock tentunya.

Dibalik pertikaian Kapten Kirk dan Spock yang makin konyol, mereka harus berhadapan dengan Khan, seorang super villain yang entah bagaimana ternyata mempunyai kekuatan diatas manusia rata-rata. Lawan yang sepadan bukan? Apalagi Khan diperankan aktor paling digandrungi wanita seantero dunia, sang Sherlock Holmes sejati, Benedicth Cumberbatch yang harus saya akui ternyata cocok juga berperan menjadi seorang antagonis. Walau tata bicaranya seperti terlalu formal di film berdurasi kurang lebih dua jam ini, tapi amarah yang dikeluarkan oleh aktor british ini cukup meyakinkan, well done Benedicth!

Terakhir tentu saja hubungan bromance Kapten Kirk dan Spock yang menjadi highlight di film ini, jujur, interaksi kedua insan bertolak belakang ini berhasil menarik perhatian saya, karena kalau anda tahu, sifat Spock yang sangat ‘terorganisir’ itu akhirnya bisa luluh juga oleh Kapten Kirk di film kedua ini, semua makhluk hidup punya perasaan, dan Spock yang diperankan oleh aktor favorit saya ini berhasil membuktikannya. Maka tidak heran, Star Trek Into Darkness menjadi film yang paling memenuhi persyaratan film blockbuster di tahun ini, alur ceritanya gampang diikuti walau anda bukanlah seorang trekkie sejati, porsi aksi dan humornya berimbang, jajaran castnya yang masih prima seperti pendahulunya plus ditambah beberapa karakter baru yang sama-sama menarik perhatian dan tentunya sajian spesial efek dan sound effect-nya yang megah. Kalau boleh dibilang, Star Trek Into Darkness sedikit lebih menghibur saya daripada Iron Man 3 kemarin, he-he. Well, trekkie atau bukan, Star Trek Into Darkness wajib jadi tontonan pilihan anda pecinta film sci-fi di akhir pekan ini (atau kapanpun, he-he). Enjoy!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “Star Trek Into Darkness (2013/US)

  1. Pingback: Guardians of the Galaxy (2014/US) | zerosumo

  2. Pingback: Stretch (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s