After Earth (2013/US)


I'm sick kid, so please save the world by yourself, okay!

I’m sick kid, so please save the world by yourself, okay!

Percaya atau tidak, pasti anda pikir film ini bakalan busuk karena ada nama Shyamalan di dalamnya? Apalagi setelah keanehan The Last Airbender yang saya juga tidak mengerti kenapa M. Night Shyamalan mau-maunya membuat film seperti itu. Tapi kalau anda sudah menonton film After Earth dan masih berpikir bahwa film ini sama busuknya, jangan salahkan Shyamalan, karena secara tidak langsung, film sci-fi ini merupakan proyek pribadi Will Smith dan keluarga (baca: Jaden Smith). Shyamalan di film ini hanya sebagai sutradara yang lebih condong mengawasi aspek-aspek visualnya saja, soal pengarahan para aktor dan aktrisnya katanya hampir semua dilakukan oleh Will Smith, bahkan ide cerita ini juga asalnya dari aktor yang saya tonton aksi pertamanya di film Independence Day itu. So, kalau anda bilang film ini busuk dan semua gara-gara Shyamalan, itu tidak sepenuhnya benar. Tapi bagi saya sendiri, film sci-fi ayah anak ini cukup menarik kok, kalau bisa dibilang hampir selevel lah dengan Oblivion meski kalah di beberapa aspek CGI-nya.

Sesuai judulnya, After Earth menceritakan apa yang terjadi seribu tahun kedepan di muka bumi ini? jawabannya adalah bencana, dan semua manusia pun pindah ke planet lain dimana mereka bisa memulai kehidupan baru walau harus menghadapi serangan alien yang disebut Ursa. Ursa ini secara teknis buta, tapi mereka bisa mencium rasa takut manusia, maka satu-satunya cara melawan Ursa yaitu, jangan takut! Satu-satunya orang yang tidak punya rasa takut itu adalah Cyhper (Will Smith), komandan tertinggi yang sedang mengawasi pelatihan para kadet-kadet muda, diantaranya adalah anaknya sendiri, Kitai (Jaden Smith). Tapi ketika perjalanan menuju tempat latihan, pesawat ‘semi-enterprise’ mereka mengalami kecelakaan dan jatuh ke planet yang tidak dikenal (alias bumi). Bisa ditebak, Cypher terluka parah, tinggal Kitai yang masih segar bugar dan harus mencari bantuan dengan menembakan sinyal yang alatnya ada di puing-puing pesawat yang lokasinya cukup jauh dari tempat Cypher dan Kitai mendarat. So, dengan panduan ayahnya, Kitai harus melewati hutan belantara yang sudah dihuni oleh hewan-hewan yang ukurannya membesar di bumi yang sudah menjadi planet pra Planet of the Apes tersebut.

Film ini sebenarnya lebih condong ke film drama yang dibalut dengan nuansa sci-fi, malahan kalau bisa dibilang hampir sama dengan film Will Smith dan Jaden Smith yang berjudul The Pursuit of Happyness, ayah anak yang mengalami musibah dan harus berjuang agar bisa selamat, bedanya, di After Earth, ayah anak ini berusaha bertahan dan selamat di planet bumi yang sudah bukan seperti planet bumi lagi. Justru bumi disini tidak menjadi sesuatu yang ditonjolkan, beda halnya dengan Oblivion yang memang ingin menonjolkan bahwa bumi itu adalah kenangan yang patut diperjuangkan. Ya, After Earth lebih condong ke aktualisasi diri seorang Kitai yang bisa berubah menjadi lebih dewasa dan berani dalam mengambil keputusan di dunia nyata dengan dorongan ayahnya yang mempunyai watak keras.

So, kalau dibilang sebagai film comebacknya Shyamalan, After Earth mungkin tidak termasuk kategori tersebut, karena film ini tidak ditulis oleh sutradara yang sering jadi cameo di film-filmnya sendiri itu. Will Smith secara pribadi memang menginginkan Shyamalan untuk menyutradarai film ini. Tapi untuk sebuah hiburan drama sci-fi, After Earth lumayan menarik, soal akting sih tidak usah ditanya, Will Smith bisa saja makin matang, tapi kalau Jaden Smith saya belum bisa menilai, bagi saya ia masih sama seperti bocah yang waktu itu memerankan karakter utama di Karate Kid. Overall, After Earth bukan film yang terlalu busuk juga, anggap saja ini film kolaborasi Will Smith dan Shyamalan, so worth to watch dan memang cocok sebagai film keluarga. Enjoy!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s