The Incredible Burt Wonderstone (2013/US)


The sickest magician ever

The sickest magician ever

Dunia sulap tidak harus selalu identik dengan yang namanya serius, tapi kebanyakan film yang mengisahkan tentang sulap memang selalu dibungkus dengan tone serius. Beda halnya dengan film terbaru Steve Carell yang berjudul The Incredible Burt Wonderstone ini. Lewat film ini, aktor yang terkenal dengan serial The Office-nya itu malah membuat dunia sulap menjadi sebuah hiburan yang tidak terlalu serius dan mungkin saja berusaha untuk mengembalikan esensi sulap itu sendiri, yaitu untuk membuat penonton takjub.

Burt Wonderstone (Steve Carell) dan Anton Marvelton (Steve Buscemi) adalah dua sahabat yang berprofesi menjadi pesulap paling tersohor di Las Vegas, sudah menekuni dunia sulap selama puluhan tahun mereka kini dihadapkan pada kenyataan pahit, yaitu dunia modern, dimana sulap yang standar bukanlah hiburan yang menarik lagi. Apalagi semenjak kehadiran Steve Gray (Jim Carrey), seorang pesulap jalanan yang biasa melakukan stunt-stunt mengerikan dalam melakukan aksi sulapnya hampir membuat orang-orang lupa kalau pernah ada yang namanya Burt dan Anton. Ketika eksistensi Burt dan Anton berada di ujung tanduk, persahabatan mereka pun perlahan-lahan retak dan film ini menceritakan bagaimana caranya Burt untuk kembali eksis di dunia sulap, bersaing dengan Steve Gray yang terlalu nyentrik, dan memperbaiki hubungannya dengan Anton lewat bantuan nasihat dari asistennya yang cantik, Jane (Olivia Wilde) dan mentornya, Rance Holloway (Alan Arkin).

The Incredible Burt Wonderstone bisa dibilang sebuah film tentang sulap yang menggambarkan bagaimana bisnis sulap saat ini, dimana sulap-sulap elegan kalah pamor dengan sulap-sulap jalanan yang brutal. Tapi dibalik itu, film yang disutradarai oleh Don Scardino ini seperti sebuah tribute untuk para pesulap tradisional yang masih memakai trik mengeluarkan burung dari topi panjangnya itu. Terlihat jelas dari kelakar Burt yang mengatakan bahwa Steve Gray itu bukan pesulap, karena dia tidak mempunyai kostum pesulap. Hal tersebut memang sederhana, tapi itulah elemen-elemen yang mungkin mulai dilupakan saat ini oleh para praktisi sulap modern, dimana elegan dan daya tarik serta daya takjub menjadi jualan nomor satu untuk menghipnotis para penontonnya takjub.

Sisi klasik tersebut diwakili oleh Burt, Anton dan juga Rance Holloway yang secara tidak langsung menjadi mentor Burt selama hidupnya. Kocaknya adalah ketika mereka berinteraksi dengan Steve Gray yang diperankan dengan sangat konyol oleh Jim Carrey, dengan persona ala Criss Angel yang ternyata menjadi konsultan untuk film ini juga, interaksi Steve Gray dengan Rance Holloway adalah adegan paling epik di film berdurasi kurang lebih 90 menit ini, walaupun sebentar, adu mulut antara Alan Arkin dan Jim Carrey berhasil membuat saya tertawa terbahak-bahak, epic laugh!

Film ini memang tidak begitu spektakuler dan super lucu, tapi humornya pas dan banyak sekali humor-humor yang menyindir industri bisnis kekinian, seperti pertanyaan Burt mengenai webisodes, he-he. At least, adu akting Steve Carell dan Jim Carrey bisa kita lihat lagi di film ini setelah bertahun-tahun lamanya, walau tidak terus menerus, karena film ini memang lebih menceritakan sisi Burt yang lebih dalam sebagai pesulap sombong yang akhirnya bangkrut. Tapi dukungan para aktor-aktor pendukungnya pun berhasil membuat film ini makin menarik, dari mulai Olivia Wilde yang seksi, Steve Buscemi, James Gandolfini, Alan Arkin sampai sang maestro sulap tahun 90-an—David Copperfield—pun turut serta meramaikan persaingan Burt dan Steve Gray.

Diluar aksi-aksi sulapnya yang telalu digampangkan dan terlalu konyol, The Incredible Burt Wonderstone memang tidak menawarkan plot baru tentang sebuah drama persaingan diantara para pesulap, bahkan romantisme klise pun masih menjadi sajian klimaks di film ini. Tapi, film ini merupakan hiburan yang segar, sebuah komedi ringan dari Steve Carell dan Jim Carrey yang patut menjadi tontonan di sela-sela waktu luang anda, enjoy!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s