21 & Over (2013/US)


What's my age again?

What’s my age again?

Kalau anda mencari versi lain dari film komedi The Hangover, jawabannya adalah film berjudul 21 & Over ini. Bahkan judulnya saja mempunyai kata “over”! (apasih!) Tapi jangan kaget, karena 21 & Over adalah film yang digarap oleh penulis saga The Hangover, yaitu Jon Lucas dan Scott Moore, jadi tidak heran kalau film komedi remaja ini mempunyai elemen-elemen kekacauan yang mirip dengan The Hangover, bedanya elemen-elemen kekacauan tersebut direduksi ke skala anak kuliahan, sehingga masih masuk akal dan lebih membumi.

Ceritanya sendiri adalah tentang seorang mahasiswa pintar bernama Jeff Chang (Justin Chon) yang sedang berulang tahun dan baru menginjak umur 21. Umur tersebut adalah umur sakral bagi para remaja di Amerika sana, karena akhirnya mereka bisa bebas masuk klub malam dan minum alkohol sepuasnya. Momen tersebut dimanfaatkan dua sahabat karib Jeff yaitu Miller (Miles Teller) dan Casey (Skylar Astin) yang ingin merayakan ultah Jeff di bar terdekat. Tapi tidak semudah itu, ayah Jeff melarang anaknya keluar mabuk-mabukan sampai malam karena esoknya Jeff harus bersiap untuk interview penting guna menjadi seorang dokter. But boys will be boys, dengan janji hanya satu gelas bir saja, perayaan ultah Jeff malam itu malah merembet ke hal-hal yang lebih kacau dari yang pernah dibayangkan.

Bedanya dengan The Hangover, di film berdurasi 93 menit ini hanya Jeff yang benar-benar tidak sadarkan diri ketika mabuk, sehingga beban berada di tangan Miller dan Casey yang berusaha untuk mengantarkan Jeff pulang ke kontrakannya tapi mereka tidak pernah tahu alamat lengkap Jeff. Sehingga perjalanan mencari alamat kontrakan Jeff malah berujung ke hal-hal absurd dan konyol ala anak kuliahan Amerika, dari mulai ritual aneh perkumpulan mahasiswi latin, pesta mahasiswa yang menggunakan konsep leveling sampai kericuhan yang melibatkan pemandu sorak dan bison.

Tapi siapa sangka dibalik kegilaan yang harus dilewati oleh Miller dan Casey mengantarkan Jeff pulang ke kontrakannya, mereka menemukan fakta yang lebih kelam dari sekedar pesta mabuk-mabukan semalam suntuk tersebut. Belum lagi re-definisi kata sahabat yang dipertanyakan ketiga remaja yang beranjak dewasa ini, apa betul kata ‘sahabat’ masih pantas mereka sematkan ketika ternyata mereka sendiri sudah tidak tahu lagi aktivitas dan masalah yang dihadapi sahabatnya masing-masing?

Ya, misi mengantarkan Jeff pulang bagaikan sebuah ‘perjalanan spiritual’ yang membuat Miller dan Casey sadar bahwa sebenarnya masih banyak kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki untuk menjadi seorang sahabat. Sebuah aktualisasi diri dan pembuktian bahwa hidup itu tidak harus selalu mengikuti apa kata orang, tidak harus selalu mengikuti apa yang orang tua inginkan, sebuah pencerahan bagi para remaja yang ingin menentukan masa depannya tapi dibalut dengan gaya yang lebih santai, kocak dan terkadang tolol tanpa harus mengawang-ngawang dan berlebihan.

Dengan pesan moral yang klise dan jalan cerita linear yang sederhana, 21 & Over mungkin menjadi representasi The Hangover untuk para generasi muda yang masih mempertanyakan eksistensi diri. Bukan masalah pesta bujang ataupun penculikan, tapi masalah harga diri dan cita-cita. Didukung dengan aktor-aktor muda yang notabene saya baru lihat di film ini semua, 21 & Over menjadi sebuah sajian ‘fresh from the oven’ bagi saya yang sudah lama merindukan film-film bergenre college humor yang konyol tapi masih masuk akal. Well done Jon Lucas and Scott Moore, you did it again guys!

Rating: 3.5/5

2 thoughts on “21 & Over (2013/US)

  1. Pingback: Movie Review: 21 & Over | VisitBDG.com

  2. Pingback: That Awkward Moment (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s