This Ain’t California (2012/Germany)


Denis, die legende

Denis, die legende

Film favorit kedua saya di German Cinema Film Festival jatuh kepada film dokumenter berjudul This Ain’t California. Film ini merupakan film dokumenter yang bercerita tentang scene skateboard kecil yang berkembang di Jerman Timur sebelum terjadinya unifikasi Jerman Barat dan Jerman Timur. Tergolong film dokumenter yang menarik karena perkembangan scene tersebut diambil dari sudut pandang seorang skater muda yang penuh gejolak bernama Denis yang sayangnya meninggal pada tahun 2011 karena ia ikut serta dalam perang di Afghanistan. Hal tersebut menjadi sebuah tanda tanya besar sekaligus kejutan yang tidak mengenakkan bagi rekan-rekan Denis semasa kecil yang tumbuh besar menjadi ‘legenda’ di Jerman Timur dalam memajukan olahraga papan di awal tahun 80-an. Maka film yang disutradarai oleh Marten Persiel ini mengajak para penonton untuk mengikuti perkembangan olahraga skateboard dari mulai lingkungan kecil Denis di Jerman Timur sampai kejuaraan skateboard akbar di Jerman Barat. Sebuah dokumenter yang informatif sekaligus menyentuh.

Kita tahu bahwa scene skateboard pertamanya memang terkenal di Amerika, untuk contoh gampangnya tonton saja film Lords of Dogtown yang dibintangi oleh mendiang Heath Ledger dan juga aktor muda berbakat Emile Hirsch, film tersebut menceritakan pergerakan anak muda California dalam menjalani aktivitasnya sebagai skater yang mempunyai jiwa pemberontak yang tinggi di awal tahun 70-an. Kurang lebih sama, maka tidak aneh jika film dokumenter Jerman ini menjadi film dokumenter terbaik di ajang Berlinale tahun kemarin. Bukan hanya masalah sosial dari segi intern para penggiat olahraga papan tersebut saja yang dibahas disini, melainkan juga dari dampak sosial politik yang terjadi di Jerman Timur saat itu, yang membentuk para anak muda disana untuk bermain skateboard tapi yang ada malah dicap berandalan oleh pemerintah yang tidak suka bentuk westernisasi halus ini. Ya, Jerman Timur bukan California, oleh karena itu perkembangan olahraga papan ini memang penuh dengan perjuangan dan problematika para skaternya.

Denis sebagai figur panutan secara tidak langsung menjadi pemicu kenangan lama para rekan-rekannya yang sekarang sudah tidak menggeluti dunia skateboard lagi. Film ini menceritakan semua perkembangan skateboard di Jerman Timur sampai Jerman Barat dari semua orang yang pernah terlibat di dalamnya, khususnya yang pernah terlibat dekat dengan Denis yang menjadi katalis, sebuah ‘simbol’ dari bentuk opresi pemerintahan Jerman saat itu. Agak sedih juga sih mendengar penuturan dari rekan-rekan Denis yang merasa dulu masih terlalu muda untuk berani menolong Denis dari tindakan berontaknya yang sudah terlalu berlebihan sehingga membuat Denis masuk penjara dan tiba-tiba saja hilang kontak dengan rekan-rekannya dan tahu-tahu sudah menjadi seorang tentara yang malah menjadi korban di medan perang.

Kadang orang berubah, tapi semangat tetap sama, para narasumber di film dokumenter berdurasi 100 menit ini juga sempat kaget dengan perubahan Denis yang sangat benci dengan aturan tapi tiba-tiba menjadi seorang tentara yang penuh dengan aturan. Bahkan para rekan tentara Denis tidak pernah tahu bahwa pria berambut pirang tersebut sempat menjadi legenda di scene skateboard Jerman Timur pada awal tahun 80-an. Film dokumenter ini memang menceritakan semuanya, jatuh bangunnya olahraga skateboard di Jerman Timur sampai jatuh bangunnya idealisme dan kultur budaya yang selalu berubah seiring dengan perkembangan jaman di negara yang terletak di Eropa Barat itu.

Dipenuhi dengan footage-footage lama yang mungkin direkam dengan kamera super 8 dan berjumlah sangat banyak, menambah sisi emosional dari film yang didedikasikan khusus untuk Denis ini. This Ain’t California merupakan sebuah film dokumenter yang menyentuh dan juga sebuah mesin waktu yang berharga untuk para skater diluaran sana yang ingin tahu bagaimana olahraga ini bisa berkembang di Jerman. Skateboard bukan sebuah bentuk pemberontakan, tapi merupakan sebuah bentuk ekspresi positif dari sesuatu yang telah mengekang terlalu lama. This movie will tell you all about it, a must see documentary!

Rating: 4/5

10 thoughts on “This Ain’t California (2012/Germany)

  1. Wah dokumenter ya? selama ini pelem jerman yang saya liat cuman Das Boot, Stalingrad samaThe Lives of Others aja..woy bang tuker link boleh gak? thanks.

    Like

  2. i loved this faux docu/docufiction film. Sayang banget pas screening di bandung banyak yang keluar duluan padahal keren abis gitu. damn. i’d love to rewatch this again!

    Like

    • Lah nonton pas di bandung juga toh, kenapa gak ketemu yah (kaya udah kenal aja, hahaha) iya tuh banyak yg walk out, soalnya emang genre dokumenter mah gak semua suka sih, wajar aja… Ya kapan2 nobar ma anak2 film lah kalo emg di bandung biar bisa saling tukar pikiran, haha😀

      Like

      • iya saya memang dibandung😀 lagi kuliah disini jadi ngekos.
        ROFL ajak2 ya kalo ada acara2 nobar. biasanya gw nonton sendiri aja seenak perut bikin maraton sendiri xD kalo nunggu temen kampus rata2 pada maunya yang komersil2 aja soalnyah ahaha!

        Like

      • Haaa, bilang dong, kita (moviegoersBDG) juga sering nonton ma anak2 movie bloggers juga, rencana sih ntar kita mau nobar You’re Next, dan biasanya kita nobar di Blitz sih, biar lebih terorganisir (godbless siapapun yg bikin blitzcard!)

        Ntar juga Gravity kita ada jadwal nge-IMAX, ikut aja, seru ntar kumpul ma movie bloggers di jakarta juga, ntar juga ada tuh pecinta akut film2 eropa art house dan eksperimental, dijamin nyambunglah kalo nonton😛

        Yep, follow twitternya dulu aja kali yah😛

        Like

      • hooo ada moviegoersBDG toh!😄 waw! Okelah i do have blitzcard too😄 useful for early bookings for weekend shows hahaha

        Duh can not wait for Gravity gilaaaak!!!

        Ah i just notice you follow me on twitter xD nanti i follow moviegoers juga deh hehe

        Like

      • Iyesss ada dongs, ngumpul ma anak MoviegoersID di jakarta kalo ada nobar2 film2 gede, kaya sebelumnya Man of Steel, nanti next rencananya Gravity oktober, stay tune ajah yah😉

        Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s