Safe (2012/US)


There's so many picture of Jason holding a gun in his movie, bet this one looks familiar among his movies

There’s so many picture of Jason holding a gun in his movie, bet this one looks same among his movies

Kembali lagi ke dunia perfilman Hollywood, khususnya film-film action, kali ini film yang akan sedikit dibahas adalah filmnya para jemaah action Hollywood, siapa lagi kalau bukan Jason Statham. Ya, film aktor berkepala botak ini memang tidak pernah habis, dan entah takdir atau bukan, saya tanpa sengaja menonton film berjudul Safe ini di channel televisi berlangganan yang singkatannya home box office. Tidak sengaja dan memang tidak direncanakan, tapi saya penasaran juga karena Safe merupakan salah satu film Jason Statham yang saya lewatkan tahun lalu, jodoh memang tidak kemana, bukan?

Safe ini ceritanya agak suram dan lumayan brutal, bahkan adegan actionnya pun disimpan sampai pertengahan film yang disutradarai oleh Boaz Yakin ini, yang ternyata menulis screenplay untuk film sulap menyulap berjudul Now You See Me juga. Ada dua karakter di film Safe yang diperkenalkan secara terpisah dan memang tidak berkaitan, tapi pada akhirnya, kedua karakter ini bersinggungan dan terlibat dalam satu problematika gangster di Amerika. Pertama ada Luke (Jason Statham), seorang petarung yang istrinya baru saja dibantai mafia Rusia karena Luke berhutang banyak pada mereka setelah pertandingan terakhirnya. Kemudian ada gadis cilik berdarah Cina bernama Mei (Catherine Chan), yang berusaha lari dari jeratan para triad karena keahlian matematikanya yang gemilang. Luke dan Mei akhirnya dipertemukan oleh takdir dan tanpa basa basi, mereka secara tidak langsung berusaha keluar dari ‘lingkaran setan’ mafia Rusia, triad dan juga polisi korup secara bahu membahu.

Memang susah kalau diceritakan lebih lengkap, yang jelas, Safe berusaha untuk menduetkan dua karakter yang bertolak belakang, baik itu dari segi ras, umur dan fisik, tapi mereka saling melengkapi. Kalau bisa dibilang, film ini agak bernuansa film Léon: The Professional yang menduetkan Jean Reno dan Natalie Portman yang masih belia. Bedanya, hubungan intens dua karakter ini baru bisa dirasakan dari mulai pertengahan film hingga akhir, karena di paruh awal, Boaz Yakin pede sekali untuk memperlihatkan karakter Jason Statham yang ditindas tapi tidak berdaya. Lalu ketika tensi mulai naik, boom! Aksi gila nan brutal dari aktor yang pasti punya film action setiap tahunnya itu langsung meledak-ledak seketika.

Ada yang menarik dari para villain di film ini, di dominasi oleh karakter-karakter triad yang tidak kenal ampun dan mafia Rusia yang agak sinting. Justru penampilan polisi korup Kapten Wolf yang diperankan oleh Robert John Burke yang lumayan menarik perhatian saya. Karena apa? Karena Robert John Burke juga mempunyai peran sama di serial televisi favorit saya—Person of Interest—yaitu sama-sama menjadi polisi korup yang bengis, konyol bukan? Tapi entah kenapa, nampaknya doski memang sudah cocok menjadi orang jahat. He-he.

Dengan alur penceritaan yang agak berani dari awal, karena tidak langsung menonjolkan keperkasaan Jason Statham secara langsung, mungkin Safe agak terlihat membosankan di awal. Saya terus bertanya-tanya kapan Luke mulai mengamuk dan membantai orang-orang yang menghancurkan hidupnya, tapi nampaknya transisi ke arah situ memang sengaja dibangun secara perlahan dan memuaskan di akhir. Semua teknik martial arts nampak dikeluarkan Jason Statham di film ini, dari mulai pertarungan tangan kosong sampai senjata berat, dari mulai perang triad, mafia Rusia sampai para polisi korup semua ada disini, paket lengkap bagi yang menanti film action doski.

Satu lagi yang agak berbeda adalah tidak adanya love interest dari karakter Jason Statham di film ini, walau diceritakan istrinya dibantai mafia Rusia, tidak sekalipun film berdurasi 90 menit ini mengungkit-ngungkit masa lalu kelam Luke, semuanya digantikan dengan aksi Luke yang berusaha melindungi Mei, yang diyakininya sebagai sebuah takdir karena Mei telah ‘mengubah’ dirinya ketika sedang di ujung tanduk (walau terlihat agak janggal). Well, Safe merupakan film tipikal Jason Statham yang enak ditonton pastinya, duduk santai dan nikmati saja aksi-aksi seru aktor botak ini.

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s