Pacific Rim (2013/US)


There's no lap dance in this scene

There’s no lap dance in this scene

It’s robots time! Pacific Rim merupakan film yang lumayan ditunggu-tunggu oleh para penggemar film robot apalagi para penggemar film-film karya sineas berdarah Meksiko, Guillermo del Toro (GdT) yang sukses membesut film-film yang selalu diisi dengan makhluk-makhluk aneh seperti Hellboy contohnya. Tapi kali ini, GdT nampaknya ingin bermain-main dengan makhluk-makhluk aneh yang berskala lebih besar, maka hadirlah Pacific Rim yang mengisahkan pertempuran antara robot dan monster dengan setting tidak jauh di masa depan.

Ceritanya bumi sedang diinvasi oleh para alien berbentuk monster besar yang menggunakan semacam portal rahasia yang muncul di kedalaman laut pasifik sebagai alat transportasinya. Monster tersebut dinamakan Kaiju oleh manusia (dalam bahasa Jepang berarti monster buas). Maka demi melawan monster berukuran besar tersebut, umat manusia bersatu dan membangun sebuah mesin tempur berupa robot besar yang dikendalikan oleh dua pilot bernama Jaeger (dalam bahasa Jerman berarti sang pemburu). Dikomandani oleh Stacker Pentecost (Idris Elba), ia berusaha menyelamatkan bumi ketika invasi para Kaiju sudah tidak terbendung lagi. Maka Pentecost meminta bantuan pilot-pilot Jaeger handal dari seluruh penjuru dunia, seperti Raleigh (Charlie Hunnam), Mako Mori (Rinko Kikuchi), hingga tim Jaeger ayah-anak asal Australia yang tidak terkalahkan, Herc (Max Martini) dan Chuck Hansen (Robert Kazinsky).

Pacific Rim adalah film bagi anda yang tumbuh besar menyaksikan film-film monster dan robot seperti Godzilla dan Ultraman bahkan Power Rangers mungkin. Karena secara tidak langsung Pacific Rim adalah sebuah tribute personal dari GdT untuk para sineas Jepang yang telah membuat banyak film monster dan robot seperti Tetsujin-28 sebagai salah satu inspirasinya. Bahkan setelah closing credit film ini selesai, anda jangan dulu beranjak dari kursi bioskop karena ada suara raungan Godzilla klasik karya Ishiro Honda sebagai bentuk dedikasi GdT untuk para sineas terdahulu yang telah mempopulerkan film-film bertemakan monster dan robot.

Sebelum film ini rilis, banyak sekali cuplikan film dan trailer yang dirilis oleh Warner Bros selaku rumah produksi film berdurasi 132 menit ini. Untungnya saya tidak banyak menonton cuplikan tersebut dan tidak memasang ekspektasi tinggi ketika memasuki bioskop untuk menonton film ini. Alhasil saya terhibur total, reaksi saya seperti ketika menonton film Transformers pertama, dimana banyak sekali pertarungan keren para robot. Bedanya, robot-robot di Pacific Rim mekanismenya seolah-olah realistis, jadi gerakannya pun terlihat sangat robotik sekali, tidak terlalu lincah seperti robot-robot di Transformers yang memang aslinya mereka itu robot alien.

Penampilan para karakter manusianya pun terbilang pas, dari mulai Idris Elba yang entah kenapa sering teriak-teriak di film ini sampai Charlie Hunham yang merepresentasikan jagoan ber-attitude koboi. Satu-satunya kekurangan hanyalah Rinko Kikuchi yang memerankan Mako Mori, penampilan aktris berdarah Jepang ini nampaknya sangat minor sekali, padahal ia diplot menjadi salah satu karakter utama di film berbujet 180 juta dollar ini. Sementara pemeran pembantu lainnya terbilang cukup menghibur, seperti duo ilmuwan konyol yang diperankan Charlie Day dan Burn Gorman dan jangan lupakan juga penampilan aktor langganan GdT, Ron Perlman yang memerankan Hannibal Choi, makelar jeroan Kaiju.

Pacific Rim merupakan ‘surat cinta’ GdT untuk para penggemar film-film monster dan robot jaman dulu, dibalut dengan spesial efek yang tergolong mulus dan teknologi konversi 3D yang tidak begitu mengecewakan, Pacific Rim menurut saya merupakan film summer blockbuster yang memuaskan dan mungkin salah satu film sci-fi terbaik tahun ini. Minimal anda seumuran saya (generasi 90-an) anda pasti akan terhibur dengan film perang monster dan robot ini, saya seperti kembali menjadi bocah lagi ketika menonton Pacific Rim. Penasaran? Just have a try! Enjoy the war!

Rating: 4/5

One thought on “Pacific Rim (2013/US)

  1. Pingback: Godzilla (2014/Remake/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s