Trance (2013/Remake/UK)


Don't forget to trim your 'hair' before...

Don’t forget to trim your ‘hair’ before…

Kemana saja Danny Boyle setelah film terakhirnya 127 Hours berhasil masuk 6 kategori Oscar tahun 2011 lalu? Entahlah, yang jelas sutradara yang karirnya mulai menanjak setelah membesut film Trainspotting jadi film cult wajib diluar sana, ia kembali lagi dengan film terbarunya yang anehnya tidak begitu booming juga gembar gembornya. Judulnya Trance, yang bisa berarti ‘keadaan tidak sadarkan diri’, dan seperti ciri khas film-film Danny Boyle pada umumnya, Trance bagaikan film Inception yang di mashed up dengan film Trainspotting, bermain di alam bawah sadar seseorang dengan visualisasi layaknya orang yang sedang giting.

Film ini dibuka dengan adegan dimana ada karakter utama kita yang bernama Simon (James McAvoy), seorang petugas lelang lukisan mahal yang sedang menjelaskan konsep perampokan yang biasa terjadi di tempat pelelangan dan bagaimana cara mengantisipasi tindakan kriminal—yang ternyata sedang direncanakan juga oleh Franck (Vincent Cassel). Perampokan pun terjadi, Franck berhasil memboyong lukisan mahal di tempat pelelangan Simon, tapi sayang Simon mendapat pukulan telak di kepala, tak sadarkan diri selama berhari-hari, ketika bangun ia malah diteror oleh Franck. Disinilah berbagai kejutan muncul, Simon ternyata adalah inside man-nya Franck, kejutan lainnya adalah, Simon ternyata berusaha mencuri lukisan itu untuk dirinya sendiri tanpa sepengetahuan Franck, ironisnya, gara-gara pukulan telak di kepala, Simon lupa letak lukisan tersebut. Maka untuk mengetahui dimana lukisan itu berada, Franck meminta bantuan ahli hypnosis bernama Elizabeth (Rosario Dawson) untuk masuk ke dalam pikiran Simon dan me-recover kembali bagian ingatannya yang hilang tentang lukisan itu. Kejutan puncaknya adalah, anda tidak akan dengan mudah menonton film ini tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam kepala Simon.

Seperti yang saya bilang, bagaikan Inception yang di mashed up dengan Trainspotting, Danny Boyle setia dengan gaya penyutradaraannya yang khas, penuh dengan visual colorful gila yang dibarengi dengan scoring musik-musik tekno yang menggebu-gebu. Dengan bantuan editing dari Jon Harris yang pernah bekerja sama di 127 Hours, Trance menjelma menjadi sebuah film crime sci-fi yang kental sekali pop culturenya. Mencari tahu apa yang ada di dalam pikiran orang dengan cara terapi hypnosis itu bukan sesuatu yang mustahil, karena memang praktek seperti itu bisa saja terjadi, Danny Boyle hanya meningkatkan level kegilaan dari yang namanya hypnosis menjadi sepuluh kali lebih intense.

Film yang di-remake dari film televisi berjudul sama di tahun 2001 ini dapat dikatakan merupakan film Danny Boyle yang tidak terbilang baru, mempunyai tone yang masih sama dengan beberapa film pendahulunya, tapi dengan muatan violence yang lumayan mamprang. Jangan lupakan unsur nudity yang disapu bersih oleh Rosario Dawson berhasil membuat saya agak tertegun sejenak menonton film berdurasi kurang lebih 90 menit ini. Sementara James McAvoy tetap tampil prima bersama sama dengan Vincent Cassel yang juga merupakan salah satu aktor Eropa favorit saya. So, Trance merupakan film asyik bagi anda yang mencari film-film sejenis Inception, hanya saja, Trance bisa lebih mudah dicerna tapi tanpa terkesan dangkal dan tetap enjoy ditonton sampai klimaksnya yang bisa membuat anda seperti baru bangun dari terapi hypnosis dan berkata, ‘what the hell happened?’

Well, butuh hiburan ala orang giting yang sedang mencari petunjuk di dalam kepala orang lain? Langsung saja sisihkan waktu untuk menonton Trance, lagipula, melihat karakter James McAvoy di film ini layaknya persiapan sebelum menonton film terbarunya nanti yang berjudul Filth. Well enjoy the trance!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s