What to Expect When You’re Expecting (2012/US)


Here comes your papa

Here comes your papa

Tanpa sengaja, ketika menunggu waktu berbuka puasa saya menonton satu film drama keluarga yang dibintangi banyak artis-artis tenar Hollywood di HBO. Judulnya lumayan panjang, yaitu What to Expect When You’re Expecting, film ini bercerita tentang kehamilan! Ya, bukan film yang biasa saya tonton, tapi entah kenapa saat itu, sambil menunggu adzan maghrib berkumandang perhatian saya agak terpaku kepada film yang disutradarai oleh Kirk Jones ini.

Ceritanya sendiri tentang lima pasangan yang sedang menyambut kelahiran anak pertama mereka, uniknya film ini bergaya ala Babel, dimana cerita lima pasangan tersebut tidak ada kaitannya sama sekali, tapi cerita lima pasangan tersebut tentunya bersilangan di satu titik dan tentunya dengan tema yang serupa dimana mereka sama-sama mempersiapkan kehamilan sampai kelahiran yang sedang dialami istri mereka masing-masing.

Pertama ada pasangan seleb acara televisi, Jules (Cameron Diaz) dan Evan (Matthew Morrison), kemudian ada pasangan anak muda yang ‘tanpa sengaja’ harus hamil, yaitu Rosie (Anna Kendrick) dan Marco (Chace Crawford), kemudian ada pasangan dua generasi yang selalu bersaing yaitu Wendy (Elizabeth Banks) dan Gary (Ben Falcone) serta ayah Gary, Ramsey (Dennis Quaid) yang baru saja menikahi wanita muda, yaitu Skyler (Brooklyn Decker). Dan terakhir adalah pasangan yang berencana untuk mengadopsi anak saja yaitu Holly (Jennifer Lopez) dan Alex (Rodrigo Santoro).

Sesuai judulnya, cerita film ini memang paling cocok buat pasangan rumah tangga baru yang siap-siap menanti kelahiran anak pertamanya. Kadang ada pasangan yang sudah menyiapkan segalanya dari mulai kehamilan sampai kelahiran, kadang ada pasangan yang masih ragu dengan jalan yang mereka tempuh untuk mempunyai anak atau tidak dan kadang ada pasangan yang mengalami semuanya dengan normal tanpa terjadi drama dan huru hara yang biasa terjadi ketika hamil dan lahiran.

Film berdurasi kurang dari dua jam ini menceritakan semuanya dengan lengkap dan jelas, cocok sekali bagi para calon ayah yang sudah mulai stres melihat kelakuan istrinya yang ngidam sana sini. Apalagi selain lima pasangan diatas, masih ada beberapa karakter pendukung yang menambah cita rasa humor di film drama ringan ini, seperti geng para ayah yang diketuai oleh Vic (Chris Rock) yang mempunyai anak kembar tiga. Ya, Vic dkk merepresentasikan bagaimana rasanya nanti setelah menjadi ayah, apakah bakal lebih ribet sebelum mempunyai anak atau malah sebaliknya?

Akhir kata, What to Expect When You’re Expecting ini cocok menjadi tontonan santai di rumah dan tontonan wajib bagi para pasangan rumah tangga baru menyoal masalah kehamilan dan tetek bengeknya. Dengan ensemble cast yang lumayan banyak di satu film yang ceritanya diadaptasi dari buku best seller berjudul sama, saya pikir film ini merupakan film yang lumayan oke, karena saya sendiri baru sekarang menonton film drama keluarga yang inti ceritanya adalah tentang persiapan dari kehamilan sampai kelahiran. Cukup menarik apalagi bagi saya yang belum berumah tangga, sedikitnya film ini menunjukan sisi positif dari indahnya berumah tangga dan mempunyai anak. Walau kadang tidak semua yang diinginkan sesuai dengan harapan, tapi percayalah, Tuhan pasti akan selalu ada untuk anda diluaran sana yang mendambakan keluarga harmonis indah lengkap dengan bayi-bayi imutnya. Ah, jadi ingin segera berkeluarga, lho!

Rating: 3/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s