Identity Thief (2013/US)


Live fast, die young, bad girl doing great

Live fast, die young, bad girl doing great

Terhibur dengan film komedi gila Horrible Bosses tahun lalu, tak ada salahnya saya tidak melewatkan film komedi terbaru Seth Gordon tahun ini yang berjudul Identity Thief. Berharap Horrible Bosses 2 yang katanya bakal rilis tahun depan bisa lebih lucu dari pendahulunya, tidak ada salahnya anda menonton Identity Thief dulu, filmnya ternyata cukup menghibur dan kalau boleh saya bilang level kekonyolannya hampir sama dengan Horrible Bosses.

Masih dengan aktor andalannya, Jason Bateman, di film ini, sesuai dengan judulnya menceritakan perjuangan seorang pria bernama Sandy (Jason Bateman) yang berusaha untuk menangkap seorang penipu ulung yang telah mencuri identitasnya dan memalsukan kartu kreditnya, yaitu Diana (Melissa McCarthy). Karena nama Sandy sendiri lebih condong ke nama wanita di Amerika sana, maka tidak aneh Sandy jadi korban selanjutnya Diana. Karir Sandy hampir terancam, apalagi bos baru di kantornya tidak mau menerima Sandy jika reputasi dirinya belum bersih gara-gara kelakuan Diana yang menyalahgunakan identitasnya. Tapi sayang, perjalanan Sandy menjemput paksa Diana tidak semudah yang ia bayangkan, karena secara tak langsung Sandy juga harus berurusan dengan gembong narkoba yang sama-sama telah ditipu Diana.

Identity Thief merupakan film yang mempunyai konsep hampir serupa dengan film Due Date yang dibintangi Robert Downey Jr. dan Zach Galifianakis. Dimana sekarang posisi mereka digantikan oleh Jason Bateman dan komedian wanita yang sedang naik daun berkat peran gilanya di Bridesmaids, Melissa McCarthy. Kesimpulannya, duet Jason dan Melissa cukup oke, tingkah gila dan urakan ala Melissa seperti biasa dapat diimbangi dengan gaya kalem Jason Bateman yang saya pikir perannya memang tidak pernah jauh-jauh dari peran pria dewasa kalem yang sadar bahwa hidupnya sedang kacau dan harus segera diperbaiki.

Penipuan dengan cara pencurian identitas bukanlah hal yang baru di Amerika sana, apalagi dengan semakin canggihnya teknologi, tapi film berdurasi dua jam pas ini lebih dalam menceritakan hubungan Sandy yang menyadari bahwa Diana hanyalah seorang sociopath yang menjadi seorang penipu karena sistem dan latar belakang yang salah. Maka seperti tipikal film komedi Hollywood pada umumnya, perjalanan penuh tumpah darah dan kekonyolan mereka diakhiri dengan solusi manis yang menyentuh, dimana karakter ‘gila’ di film ini lambat laun menyadari bahwa perbuatannya tidak selalu benar, terima kasih kepada karakter ‘waras’ yang telah membuat si karakter gila menyadari hal tersebut setelah mengalami rangakaian peristiwa kurang waras yang dialami selama perjalanan, dari mulai aksi kucing-kucingan yang diakhiri dengan pukulan ke tenggorokan sampai kejar-kejaran dengan bounty hunter sekaligus gembong narkoba.

Overall, Identity Thief lumayan asyik untuk ditonton ketika waktu luang, film yang sama-sama menghibur layaknya Horrible Bosses. Semoga saja nanti Seth Gordon akan memberikan sesuatu yang baru lewat Horrible Bosses 2-nya, jangan hanya jadi semacam copy paste semata seri pertamanya saja layaknya The Hangover. Well, sambil menunggu, tidak ada salahnya menonton kegilaan Melissa McCarthy di film satu ini, enjoy!

Rating: 3.25/5

One thought on “Identity Thief (2013/US)

  1. Pingback: Melissa McCarthy Yang Kocak Dalam Tammy | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s