Side Effects (2013/US)


Yes, you make me w*t, a lot!

Yes, you make me w*t, a lot!

I know it! Saya tahu Side Effects bakal berakhir seperti itu! Bagi anda yang heran kenapa saya tiba-tiba banyak menggunakan tanda seru di dua kalimat pertama review ini adalah, jangan terlalu banyak menggali lebih dalam tentang film terbaru arahan Steven Soderbergh yang katanya bakal jadi film terakhirnya doski sebagai sutradara (we’ll see). Side Effects, jika dilihat dari judulnya, film ini akan bercerita banyak tentang masalah obat-obatan dan hal-hal yang ada di sekitarnya, entah itu dokter, perusahaan obat maupun rumah sakit, tapi nyatanya, it’s more than that.

Emily (Rooney Mara) adalah wanita yang sudah ditinggal oleh suaminya—Martin (Channing Tatum)—selama empat tahun mendekam di penjara, hanya saja kesedihan Emily akan terobati, karena akhirnya Martin bebas. Tapi entah kenapa setelah Martin bebas, Emily seperti tidak bahagia dan cenderung depresif, hingga akhirnya ia berkonsultasi ke seorang psikiater bernama Jonathan Banks (Jude Law). Sesuai petunjuk Banks, Emily dianjurkan untuk meminum obat anti depresi, tapi tidak lama setelah itu, muncul efek samping yang ternyata lebih mengerikan dari yang dibayangkan.

Anda cukup tahu sinopsis film ini sampai situ saja, karena saya jamin jika anda lebih banyak tahu dari itu, anda tidak akan menikmati ketegangan yang dibangun di paruh akhir film ini, karena jujur, film ini merupakan sebuah film psikologikal thriller yang lumayan bagus, apalagi muncul dari komando seorang sutradara yang dapat dikatakan pernah mencoba semua genre film untuk ditangani. Well, bahkan Side Effects banyak mengingatkan saya kepada film-film bertema ‘serupa’ yang rilis tahun 90-an, khususnya yang dibintangi oleh Richard Gere (saya tidak akan beritahu apa filmnya, karena dijamin akan merusak kesenangan anda nanti ketika menonton film ini).

Let’s say, Side Effects merupakan salah satu karya terbaik Steven Soderbergh tahun ini. Gaya penyutradaraan film ini hampir sama dengan Magic Mike, banyak menggunakan tone warna sendu serta sangat minim sekali long shot. Ya, sutradara yang berusia genap 50 tahun ini nampaknya suka sekali mengeksploitasi angle-angle dekat alias extreme close up, hampir di sepanjang film ini berjalan, saya jarang tahu setting tempat mereka berada secara detailnya, selalu mengekspos percakapan kontak mata secara lebih intens seperti menyiratkan pada penonton, look closer!

Percayalah, anda tidak usah tahu lebih jauh film ini menceritakan apa, anda cukup tahu saja bahwa Emily adalah korban dari efek samping obat-obatan anti depresi yang menjamur di Amerika sana. Ataukah semua itu hanya sebuah skema untuk menguntungkan pihak tertentu? Entahlah, yang jelas, selain pengetahuan tentang obat-obatan anti depresi, saya jadi berpikir bahwa obat-obatan semacam itu termasuk hal yang biasa dikonsumsi disana, entah menyindir ketergantungan pada obat-obatan atau simply menjelaskan bahwa sekarang sudah makin banyak orang Amerika yang depresi karena pekerjaan, ha-ha, hanya sebuah asumsi saja.

But, overall, film berdurasi 106 menit ini memang cukup menarik untuk disaksikan, penjelasan demi penjelasan dibuka perlahan-lahan sampai klimaksnya di akhir. Dan ketika anda pikir itu sudah klimaks, tunggu beberapa saat sampai kebenaran yang sesungguhnya muncul. Dengan bantuan akting Rooney Mara yang sekali lagi selalu tidak tanggung-tanggung dalam berakting (I mean, she’s so easy to get naked), Jude Law yang kharismanya mengalahkan Channing Tatum yang mungkin memang hanya diplot sampai ‘segitu’ saja, serta penampilan yang cukup ‘mengagetkan’ dari Catherine Zeta-Jones, film ini cukup berbicara banyak dan cukup mengajak penonton untuk terdiam di depan layar sambil bergumam, what the fuck is really happening? Ha-ha. Yeah, don’t dig too much, just enjoy the side effect(s).

Rating: 3/5

3 thoughts on “Side Effects (2013/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s