The Iceman (2012/US)


So, finally Captain America and General Zod...

So, finally Captain America and General Zod

Saat ini rasanya sulit untuk tidak suka dengan film-film yang dibintangi Michael Shannon, setelah namanya makin melejit di film super bombastis Man of Steel, aktor yang masih berusia 39 tahun itu tetap mengambil bagian di film-film drama berbujet tidak bombastis yang lebih mengandalkan kekuatan akting yang dimilikinya. Dari mulai Take Shelter yang menghipnotis, pemeran General Zod itu kembali lagi memerankan seorang figur dingin bernama Richard Kuklinski di film garapan sineas kelahiran Israel, Ariel Vromen ini. Film ini diangkat dari kisah nyata kehidupan Richard Kuklinski yang berprofesi sebagai pembunuh bayaran tapi di sisi lain ia adalah seorang pria berkeluarga yang sayang sekali dengan istri dan anaknya.

Layaknya film-film gangster Amerika, Richard Kuklinski (Michael Shannon) yang biasa dipanggil Ritchie ini menjadi tangan kanan Roy Demeo (Ray Liotta), seorang gangster yang lumayan berpengaruh di awal tahun 70-an. Sambil menata rumah tangganya yang harmonis dengan sang istri, Deborah (Winona Ryder), Ritchie tetap menjalankan tugasnya untuk membunuh target yang diberikan oleh Roy. Hingga suatu saat, terjadi perpecahan di kubu Roy yang memicu terjadinya ketidakpercayaan antar sesama anggota, Ritchie pun jobless sampai suatu hari ia bertemu dengan seorang pembunuh bayaran lain yang biasa dipanggil Mr. Freezy (Chris Evans). Menjadi seorang ‘freelance-killer’ membuat hidup Ritchie makin rumit, apalagi ketika sasaran berikutnya adalah mantan bosnya sendiri, apakah Ritchie bisa menyeimbangkan kehidupan rahasianya dari istri dan anaknya sendiri yang sudah mulai curiga dengan tindak tanduk pria ketutunan Polandia tersebut?

Penampilan Michael Shannon memang harus diapresiasi di film ini, seperti judulnya, The Iceman, Shannon berhasil menampilkan persona dingin yang tidak kenal ampun pada siapapun yang ditemuinya. Aktor watak ini sekali lagi berhasil menunjukan kalau sebenarnya karakter berwatak kejam itu nyetel dengan penampilannya, atau entah karena saya masih kena sindrom Man of Steel saja, he-he. Yang jelas, jika memasang Michael Shannon sebagai lead actor di film-filmnya, saya jamin tidak sedikit yang akan suka dengan film tersebut.

Sisanya film ini terbantu dengan dukungan para aktor-aktor lain yang sebenarnya tidak bisa dianggap remeh. Ada Ray Liotta yang seperti biasa selalu menjadi karakter antagonis yang meyakinkan, kemudian penampilan Chris Evans yang lumayan berbeda dari biasanya dan juga pasangan Ritchie dalam berumah tangga, Winona Ryder yang sukses melengkapi sisi lembut dari kehidupan Ritchie yang brutal serta James Franco juga numpang lewat di film berdurasi 90 menit ini. Dan jangan lupakan alumnus serial Friends, David Schwimmer yang secara mengejutkan ambil bagian memerankan Rosenthal, anak buah kepercayaan Roy Demeo, dengan kumis tebalnya yang agak konyol dan bisa ditebak menjadi karakter yang akan menemui ajalnya dengan naas.

Selebihnya film ini walaupun mengandalkan penuh Michael Shannon sebagai daya tarik tapi juga tergolong mempunyai alur cerita sederhana layaknya film-film gangster Amerika lain. Hanya saja lebih disorot dari sisi seorang pria yang harus menjalani dua kehidupan sekaligus. Bahkan saya yakin serial favorit saya, Dexter, season finalenya mungkin akan berakhir seperti The Iceman ini, karena pada akhirnya, setinggi tingginya tupai meloncat, pasti akan jatuh juga. Sangat tidak mungkin mempunyai dua kehidupan yang bertolak belakang secara bersamaan, tapi hebatnya, yang Ritchie sesali sampai ia meninggal di tahun 2006 lalu hanyalah ia tidak bisa bersama keluarganya lagi. Well, one of my favorite movie from Michael Shannon of this year. Have a try guys.

Rating: 3.5/5

5 thoughts on “The Iceman (2012/US)

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s