The Internship (2013/US)


Quidditch in real life? WAINI!

Quidditch in real life? WAINI!

Jika anda penasaran dengan yang namanya kantor Google, film The Internship yang baru rilis reguler di bioskop minggu ini dapat memberikan sedikit gambaran situasi kondisi bagaimana rasanya kerja di salah satu perusahaan besar dunia yang bergerak di bidang IT. Sekarang, rasanya sudah tidak mungkin orang tidak tahu yang namanya Google, search engine terbesar di muka bumi ini setidaknya bisa memberikan hampir semua informasi yang anda inginkan hanya dengan mengetik kata kunci di laman Google yang identik dengan warna putih bersih itu.

Lalu apa jadinya jika orang yang jarang melek teknologi dihadapkan dengan pilihan untuk bekerja di bidang IT? Setidaknya itulah yang dirasakan Billy (Vince Vaughn) dan Nick (Owen Wilson) ketika perusahaan jam tangan yang memperkerjakan mereka harus gulung tikar karena ‘seleksi alam’, dimana sekarang orang sudah beralih ke dunia serba digital, meninggalkan dunia analog mereka yang klasik. Sebagai salesman jam tangan handal, Billy dan Nick tidak tinggal diam, mereka nekat mengikuti program magang di kantor Google selama musim panas demi mendapatkan posisi sebagai karyawan tetap disana.

Hanya saja, pesaing Billy dan Nick adalah para remaja jenius berusia 21 tahun yang lebih mahir di dunia teknologi digital. Salah satunya adalah Graham (Max Minghella), peserta magang congkak yang menganggap Billy dan Nick sudah terlalu tua untuk bersaing dengan dirinya dan semua peserta magang yang notabene memang masih belum pernah merasakan yang namanya kesenangan ‘duniawi’. Challenge accepted! Dengan bantuan seorang mentor muda yang kaku dan sok keren, Lyle (Josh Brener) dan tiga peserta magang lainnya yang sangat sulit dimengerti, Stuart (Dylan O’Brien), Neha (Tiya Sircar) dan Yo-Yo (Tobit Raphael). Mereka berlima berusaha mendapatkan posisi terbaik di perusahaan IT raksasa tersebut sekaligus membuktikan bahwa teknologi bukanlah segalanya untuk memenangkan sesuatu.

Duet Vince Vaughn dan Owen Wilson ini akan mengingatkan anda pada film lama mereka yang berjudul Wedding Crasher, tapi bayangkan saja sekarang bukan pernikahan yang mereka kacaukan, melainkan kantor Google dengan segala kecanggihannya yang ingin mereka taklukan dengan segala keterbatasan mereka di dunia IT. Di bawah arahan sutradara Shawn Levy yang pernah menangani Real Steel dan Date Night, The Internship hadir menjadi sebuah film komedi segar yang tidak sedikit di dalamnya penuh dengan lelucon yang ‘menyindir’ tentang penggunaan teknologi yang berlebihan di masa sekarang, khususnya teknologi-teknologi yang dipakai oleh para generasi muda saat ini.

Film ini tidak hanya untuk anda yang mempunyai latar belakang pendidikan IT, karena banyak lelucon ngaco yang sebenarnya keluar dari duet gila Vince Vaughn dan Owen Wilson. Tanpa meninggalkan citarasa ‘geeky’ dan ‘nerdy’ yang mungkin kata orang itu kampungan, tapi percayalah, menjadi seorang jenius itu keren, dan lebih keren lagi kalau tetap menghargai nilai-nilai sosial yang tumbuh dalam kehidupan bermasyarakat. Pesan moralnya sederhana, gunakan teknologi sebaik-baiknya tanpa harus memutus komunikasi dengan sesama di dunia nyata, kurang lebih itulah mungkin yang ingin disampaikan film berdurasi 119 menit ini, atau lebih tepatnya, yang ingin disampaikan oleh Google, he-he.

Well, kalau anda suka dengan lelucon-lelucon ala Vince Vaughn dan Owen Wilson, sepertinya anda bakal suka juga dengan The Internship ini, buktikan saja sendiri, just Google it! Enjoy.

Rating: 3.75/5

3 thoughts on “The Internship (2013/US)

  1. i enjoyed watching their quidditch match too much kayanya~ I’ve been wanting to see an actual quidditch match for a long time ahahaah:D

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s