Adaptation. (2002/US)


The one and only Nicolas "Kaufman" Cage

The one and only Nicolas “Kaufman” Cage

Sebelum film terbaru Spike Jonze yang berjudul Her rilis akhir tahun ini, ada baiknya saya mengajak anda untuk mengingat beberapa film terbaik sutradara yang selalu ambil bagian menjadi kakek tua menyebalkan di semua seri Jackass milik Johnny Knoxville. Salah satunya adalah Adaptation., film yang rilis tahun 2002 itu merupakan salah satu film film ‘out-of-the-box’ yang pernah ditangani oleh Spike Jonze, yang kalau boleh jujur, hampir semua film sutradara berusia 44 tahun itu bernuansa surreal sampai ‘out-of-the-box’. Dari Being John Malkovich, Where the Wild Things Are sampai film pendeknya I’m Here, semua itu adalah buah karya Spike Jonze yang mempunyai storyline aneh, unik tapi berkelas Oscar. Sama halnya dengan Adaptation., kegilaan film ini tidak lepas dari sang penulis naskah Charlie Kaufman yang menulis Eternal Sunshine of the Spotless Mind menjadi film romansa cult bagi beberapa orang. So bayangkan saja jika ide gila Charlie Kaufman dikombinasikan dengan ide gila Spike Jonze, kira-kira Adaptation. lah jawabannya.

Adaptation. merupakan film yang berhasil masuk empat nominasi kategori Oscar di tahun 2003, empat kategori utama malahan, yang akhirnya dimenangkan oleh Chris Cooper yang memboyong Best Actor in Supporting Role setelah tiga kategori lainnya gugur, dari Best Actor, Best Actress sampai dengan Best Writing. Ceritanya sendiri diangkat dari pengalaman pribadi Charlie Kaufman (Nicolas Cage) yang saat itu sedang kesusahan mengadaptasi novel milik Susan Orlean (Meryl Streep) yang berjudul The Orchid Thief menjadi sebuah naskah film. Ditengah kegalauan Charlie, pribadinya yang sangat introvert makin terganggu ketika saudara kembarnya, Donald Kaufman (masih Nicolas Cage) yang mempunyai sifat bertolak belakang tinggal serumah dengannya dan berusaha mengikuti jejak Charlie sebagai seorang scriptwriter.

Tapi kegundahan Charlie tidak berhenti sampai disitu, ia menyadari bahwa dibalik buku The Orchid Thief tersimpan beberapa cerita yang tidak pernah publik ketahui ketika Susan Orlean sedang melakukan riset dengan John Laroche (Chris Cooper), sang kolektor bunga orchid tersebut. Ya, demi mengungkap rasa penasaran dan memuluskan usahanya untuk mengadaptasi buku The Orchid Thief, Charlie meminta bantuan Donald untuk menginvestigasi kehidupan pribadi Susan Orlean dan John Laroche yang ternyata menyimpan cerita yang mengejutkan, jauh dari yang mereka bayangkan ketika membaca buku The Orchid Thief yang nearly perfect tersebut.

Sampai pertengahan film ini saya bertanya-tanya pada diri sendiri, apakah betul Charlie Kaufman mempunyai saudara kembar? Ternyata Donald Kaufman itu hanyalah karakter fiksi yang sengaja ia ciptakan ketika menulis naskah film ini. Jadi secara tidak langsung, Adaptation. adalah film yang bisa disebut sebagai script-ception! Dimana ada script yang sedang ditulis untuk sebuah film yang isinya menceritakan usaha seorang scriptwriter untuk mengadaptasi sebuah buku menjadi sebuah script film! Sudah mulai bingung? Ha-ha.

But don’t get me wrong, film yang berdurasi dua jam ini merupakan film brillian yang mengajarkan banyak hal dalam scriptnya yang berlayer-layer tersebut. Tentunya film ini adalah ‘jeritan hati’ dari scriptwriter manapun yang menghadapi writer’s block ketika ingin mengadaptasi sebuah buku menjadi sebuah film yang enak ditonton. Lalu karakter Donald sebagai saudara kembar Charlie itu bukan semata-mata karena Charlie Kaufman memiliki penyakit Schizophrenia ataupun kepribadian ganda. Donald secara tidak langsung merupakan refleksi Charlie dalam bentuk semangat positif yang turut serta membantunya ketika berusaha untuk membuat script film, menyeimbangkan kehidupannya yang introvert dan  kadang terlalu negatif dalam menanggapi hal-hal sepele, seperti ketika Charlie berpendapat bahwa seorang scriptwriter tidak boleh berkomunikasi dengan penulis yang bukunya sedang ingin diadaptasi menjadi sebuah script film.

So, diluar kegundahan Charlie Kaufman dalam mengadaptasi sebuah buku, penonton sebenarnya disuguhi sebuah konflik utama seorang penulis buku yang sebenarnya menganggap remeh nara sumber dalam risetnya tapi ternyata ia menyadari bahwa ia baru merasakan yang namanya ‘passion’ dan kasih sayang dari nara sumber yang ia remehkan tersebut. Well, Susan Orlean yang menganggap John Laroche itu hanya seorang pengkhayal tingkat tinggi dalam urusan botani ternyata pada akhirnya sadar bahwa setiap orang mempunyai value-nya tersendiri, tidak terkecuali seorang John Laroche yang nyentrik sekalipun.

Yes, film ini jenius, saya bisa menyaksikan dua plot cerita yang sebenarnya mempunyai impact yang berbeda tapi tetap berhubungan satu sama lain, saling mendukung dan saling menguatkan cerita dan karakter-karakter yang mewakili tiap permasalahan yang terjadi. Pertama saya simpati pada Charlie Kaufman, kemudian John Laroche sampai pada akhirnya Susan Orlean lah yang seharusnya mendapat perhatian yang paling besar.

Tidak aneh Adaptation. bisa memborong empat nominasi Oscar tahun 2003, selain ceritanya yang orisinil, aktor-aktor pendukungnya pun jempolan. Film ini adalah pembuktian masa-masa kejayaan Nicolas Cage sebagai aktor watak yang mumpuni dan juga Meryl Streep dalam industri film Hollywood. Bahkan aktor-aktor pendukung lainnya pun tidak kalah bagus, dari mulai Chris Cooper sampai Tilda Swinton, semua tampil dengan sangat meyakinkan di film ini.

Bagaikan menonton film dokumenter perjalanan seorang scriptwriter yang ditambah dengan bumbu-bumbu fiksi, saya masih bertanya-tanya apakah ini benar-benar kejadian yang dialami oleh Charlie Kaufman ketika ia mengadaptasi buku The Orchid Thief? Diluar dramatisasinya yang ada, Adaptation. tetap menjadi salah satu karya kolaborasi unik Spike Jonze dan Charlie Kaufman (setelah Being John Malkovich tentunya) yang tidak boleh anda lewatkan, apalagi bagi anda yang sudah antusias menyambut film Her. Mari nostalgia dulu dengan yang satu ini, enjoy!

Rating: 4/5

One thought on “Adaptation. (2002/US)

  1. Pingback: Joe (2013/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s