Insidious: Chapter 2 (2013/US)


Happy family

Happy family

Bicara film horor dan nama James Wan, mungkin sebagian moviegoers sudah tidak asing lagi dengan karya-karyanya. Tahun ini sutradara yang lama kuliah di Australia itu mengawali kengerian dengan The Conjuring yang sempat jadi buah bibir di tengah tahun ini. Sukses membuat penonton untuk melihat ‘sisi lain’ dari lemari baju yang sederhana itu, James Wan langsung mengeluarkan senjata terakhirnya di bulan September ini, apa lagi kalau bukan sekuel yang dinanti-nantikan semua orang, yaitu Insidious: Chapter 2.

Langsung menyambung dari kejadian film pertamanya yang rilis tiga tahun lalu, chapter 2 ini menceritakan apa yang terjadi setelah Josh (Patrick Wilson) berhasil ‘menjemput’ anaknya dari alam gaib. Seperti yang kita ketahui, Josh berhasil pulang, tapi masalahnya, si nenek tua berjubah hitam ikut pulang juga, dan pertanyaan barunya, apakah si nenek tua menyeramkan tersebut berhasil bertukar posisi dengan Josh di alam nyata? Ya, setelah kematian Elise (Lin Shaye) yang naas (dicekik oleh si nenek tua). Josh bersama keluarga tercinta pindah ke rumah ibunya untuk sementara, but the problem continues. Josh, Renai (Rose Byrne), Dalton (Ty Simpkins) dan Lorraine (Barbara Hershey) malah diganggu penampakan lain yang selidik punya selidik ada hubungannya dengan masa lalu Josh dan si nenek tua keparat tersebut.

Belajar dari The Conjuring, untuk Insidious: Chapter 2 ini James Wan hanya memberikan sedikit gambaran saja lewat trailernya, semua kejutan gila akan anda temukan di film yang berdurasi hampir dua jam ini. Dan percayalah, karena ini sekuel langsung dari film pertamanya, sutradara jenius dibalik kegilaan franchise Saw tersebut langsung ‘tancap gas’ sejak menit awal film dimulai, tidak ada lagi tahap-tahap perkenalan karakter dan tetek bengek lainnya, penonton langsung dibuat paranoid dari awal mengira-ngira penampakan yang akan muncul nantinya.

Masih dengan scoring ‘eerie’ dan memekakan telinga dari Joseph Bishara, sebenarnya saya lebih menyukai dwilogi Insidious ini ketimbang The Conjuring, karena banyak karakter lovable disini, sebut saja Elise si pembasmi hantu yang kali ini dibantu kolega lamanya, Carl (Steve Coulter). Kemudian dua asisten Elise yang sok tau, Specs (Leigh Whannell itu sendiri) dan Tucker (Angus Sampson) dan tentunya Josh yang pasti akan membuat anda menebak-nebak apa yang sebenarnya terjadi pada karakter ini. Selain jajaran karakter lama yang muncul kembali, storyline di chapter 2 ini juga menarik, benar-benar sebuah pengembangan yang drastis, kompleks, menyeramkan dan melibatkan beberapa adegan kunci di film pertamanya. Jadi saran saya kalau anda mau menonton Insidious: Chapter 2, ada baiknya tonton dulu film pertamanya supaya fresh ketika menyaksikan film yang rumornya menjadi film horor terakhir James Wan sebelum masuk ke franchise Fast and Furious.

Harus diakui, Insidious: Chapter 2 ini merupakan pelengkap yang sempurna untuk film pertamanya, sebuah stunning conclusion bagi saga Insidious yang walaupun bakal ada film ketiganya, saya jamin tidak ada yang bisa mengalahkan kejeniusan James Wan dan Leigh Whannell dalam meracik cerita tentang situasi-astral-project-gone-wrong ini, bahkan ada beberapa adegan yang melibatkan unsur time traveling, sedikit homage klasik horor Asia, juga beberapa adegan yang akan mengingatkan anda pada film legendaris, The Shining, makin menarik bukan? So, inilah film horor yang wajib anda tonton tahun ini setelah The Conjuring, masih datang dari seorang James Wan yang senang bermain dengan boneka-boneka seram, tapi hati-hati, kalau anda sudah menonton The Conjuring, agak waspada ketika adegan yang melibatkan lemari dimulai, you know the drill! Be careful and enjoy the horror!

Rating: 3.75/5

3 thoughts on “Insidious: Chapter 2 (2013/US)

  1. Pingback: Annabelle (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s