You’re Next (2011/US)


Eenie, meenie, moo

Eenie, meenie, moo

It’s slasher time! Setelah belakangan ini layar bioskop kita jarang dihuni film-film berdarah-darah (yang berkualitas) akhirnya muncul juga salah satu film slasher buah karya sutradara muda Adam Wingard yang telah malang melintang di dunia perfilman slasher dan gore dan aneh-aneh pokoknya. Karya-karya brutal Adam Wingard bisa anda saksikan di kompilasi film brutal seperti The ABC’s of Death dan dwilogi V/H/S. Tapi percayalah, Adam Wingard ini tidak selalu ‘serius’ dalam menyuguhkan sebuah film yang brutal, dibalik kekonyolan segmen Q-nya dalam The ABC’s of Death, sekiranya tone itulah yang saya dapatkan ketika menonton You’re Next, judul dari film slasher terbaru Adam Wingard yang mau saya bahas sekarang. Ada perasaan ngeri tapi di satu sisi juga ingin membuat saya tertawa.

You’re Next menceritakan sebuah cerita slasher pada umumnya, yaitu sebuah liburan di rumah terpencil di tengah hutan yang ternyata rumah tersebut menjadi target selanjutnya dari orang-orang yang gemar membunuh. Dalam situasi ini kita akan diperkenalkan pada keluarga Davison yang terdiri dari ayah, ibu, serta keempat anaknya yang sudah dewasa dan mempunyai pasangan masing-masing. Tapi fokuskan perhatian anda pada karakter Crispian (AJ Bowen) dan pacarnya, Erin (Sharni Vinson). Karena tidak lama setelah mereka menggelar acara makan malam bersama yang berujung adu mulut antar anggota keluarga di rumah besar tengah hutan yang nyaman tersebut, adu mulut antara Crispian dan saudara-saudaranya berubah jadi adu panah dan golok.

Keluarga Davison diserang oleh sekelompok pembunuh yang mengenakan topeng (harus pake topeng dong), satu persatu dibantai sampai menyisakan beberapa karakter kunci saja, yaitu adik Crispian, Felix (Nicholas Tucci) dan pacarnya yang aneh, serta adik Crispian yang lain, Drake (Joe Swanberg) yang sekarat serta tentu saja Crispian dan Erin yang nampaknya menjadi satu-satunya wanita di keluarga ini yang mengerti betul tentang situasi yang sedang terjadi. Lalu, siapakah para pembunuh bertopeng tersebut? Anda akan mengetahuinya dengan segera apalagi ketika mereka sudah berhadapan dengan Erin yang ternyata bukan wanita biasa, he-he.

Tidak ada yang baru dari film slasher yang sudah rampung dari tahun 2011 ini, masih menggunakan konsep slasher pasaran lainnya, hanya saja sutradara yang berduet dengan penulis Simon Barrett itu berhasil mengeksekusi You’re Next menjadi sebuah slasher yang menghibur. Tidak selalu dengan nuansa kelam dan depresif, You’re Next menyisakan beberapa ruang untuk penonton bisa tertawa dan memaki-maki karakter-karakter yang melakukan tindakan bodoh di dalamnya. Dan jangan lupakan beberapa twist sederhana yang diakhiri dengan kekonyolan lainnya, makin mengukuhkan bahwa segmen Q yang dibuat Adam Wingard di The ABC’s of Death itu memang apa adanya, just for fun and for laugh, and maybe it works for me.

Big applause mungkin harus diberikan kepada Sharni Vinson yang berhasil memerankan karakter Erin menjadi mulai menakutkan di pertengahan film. Layaknya karakter femme fatale pada umumnya, Erin bertransformasi menjadi sebuah jagoan yang penonton idam-idamkan ketika sedang menonton sebuah film slasher yang melibatkan sekelompok orang tak berdaya yang diteror orang gila. Pasti kita selalu berharap ada orang yang bisa menghentikan teror tersebut, dan kali ini Sharni Vinson lah orangnya, atau lebih tepatnya, wanitanya!

So, tidak berlebihan PT Merantau Films mendistribusikan film berdurasi kurang lebih 90 menit ke Indonesia, Gareth Evans nyatanya jatuh cinta dengan film ini, karena bukan hanya soal darah saja yang diekspos, tapi juga unsur ‘fun’ dari sebuah pembantaian yang diakhiri dengan balas dendam tersebut. Well, suka film berdarah-darah yang tak terlalu sadis tapi tetap menyenangkan untuk ditonton? Tunggu apalagi, You’re Next!

Rating: 3/5

3 thoughts on “You’re Next (2011/US)

  1. Pingback: The Guest (2014/US) | zerosumo

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s