Pain & Gain (2013/US)


They are living the wrong American dream

They are living the wrong American dream

Entah kebetulan atau tidak, setelah kemarin saya menonton film yang berdasarkan kisah nyata, Captain Phillips, tanpa sengaja saya menonton satu film lagi yang berdasarkan kisah nyata. Bedanya, kisah nyata yang satu ini tidak semenegangkan kisahnya Captain Phillips, yang ada kisah nyata yang satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu kisah nyata teraneh yang pernah saya tonton. Ya, film yang saya maksud adalah Pain & Gain, dan jangan kaget kalau film ini ternyata disutradarai oleh Michael Bay, yang konon menjadi film paling ‘murah’ yang pernah diproduksi sineas yang dapat dikatakan sineas paling royal dalam soal bujet film.

Saya sebenarnya tidak menonton film ini gara-gara Michael Bay yang menjadi sutradaranya, tapi tentunya karena ada Mark Wahlberg di dalamnya. Ya, Marky Mark berpasangan dengan Dwayne “The Rock” Johnson dan Anthony Mackie di film ini. Film yang diangkat dari kisah nyata yang entah tolol bon ajaib ini menceritakan tentang tindakan kriminal yang dilakukan tiga orang kekar member Sun Gym, tempat fitness yang menjadi rumah kedua bagi mereka. Inisiatornya adalah Daniel Lugo (Mark Wahlberg) yang entah kenapa tiba-tiba berniat untuk menculik seorang juragan kaya raya yang menjadi member di Sun Gym, yaitu Victor Kershaw (Tony Shalhoub). Ya, Daniel bosan dengan hidupnya yang tidak berkembang secara finansial. Maka ia berpikir sudah waktunya untuk merasakan living the American dream, yaitu dengan cara merampas semua kekayaan Victor, yang bagi sebagian orang Victor adalah orang yang menyebalkan, intinya, ia patut untuk bangkrut.

Meminta dua bantuan temannya di Sun Gym, Paul (Dwayne Johnson) dan Adrian (Anthony Mackie) yang sama-sama hidup merana dari sisi finansial, mereka bertiga pun beraksi untuk menculik dan merampas harta Victor. Tapi entah kenapa, karena mereka bukan trio kriminal tulen, rencana penculikan mereka malah berjalan konyol dan tanpa arah yang jelas. Sehingga kasus konyol ini tercium oleh seorang detektif swasta senior, Ed DuBois (Ed Harris), yang ingin membongkar rencana selanjutnya trio Sun Gym. Lalu, apakah Daniel Lugo bisa merasakan apa itu yang namanya living the American dream? You don’t say!

Pain & Gain simply menjadi sebuah film drama crime yang sebenarnya brutal tapi disajikan dengan gaya nyeleneh dan tidak jarang memancing tawa. Sebuah karya yang sangat ‘unusual’ yang keluar dari gaya penyutradaraan Michael Bay, atau mungkin juga dapat dikatakan early ‘screening test’ bagi Mark Wahlberg yang sudah didapuk menjadi karakter utama di film Transformers selanjutnya, he-he. Yang jelas, Pain & Gain menceritakan tindakan kriminal yang ‘goes in wrong direction’. Hampir sama dengan film-film crime heist unik nan konyol milik Guy Ritchie, bedanya Pain & Gain diangkat dari kisah nyata Daniel Lugo yang jujur saya masih bingung apa yang ada di pikirannya ketika memutuskan untuk menculik Victor Kershaw karena hanya gara-gara termotivasi oleh seorang motivator yang mengatakan bahwa dirinya adalah seorang ‘do-er’, bukan ‘don’t-er’, what a silly decision ever.

Walau durasi film ini menurut saya ‘agak’ kelamaan sedikit, tapi Pain & Gain tetap menjadi sajian yang menghibur, khususnya bagi anda penggemar Marky Mark yang sekali lagi selalu tampil meyakinkan di setia film-film yang dibintanginya. Banyak momen-momen konyol yang sukses membuat saya tertawa, apalagi ketika hampir mendekati paruh akhir, saya hampir lupa kalau film ini berdasarkan kisah nyata, I mean, it’s too silly to be true. Well, dengan bujet yang katanya hanya sekitar 20 juta dollar, Michael Bay ternyata bisa membuktikan bahwa dirinya masih bisa membuat film-film yang tidak selalu tergantung kepada spesial efek yang mumpuni, mungkin mengingatkan anda pada kejayaannya ketika masih menangani Bad Boys atau The Rock, no robots, but still fun to watch. Well, penasaran? Tonton saja langsung, Pain & Gain maybe the most underrated movie of this year, just go see it!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s