Miracle in Cell No. 7 (2013/Korea)


Still have a lot touching moment

Still have a lot touching moment

Sudah lama saya tidak menonton film yang bisa membuat saya menangis meraung-raung, maka saya memutuskan untuk menonton salah satu film drama komedi Korea yang katanya sangat direkomendasikan oleh banyak orang, karena film ini adalah film yang bisa mengeringkan air mata para penontonnya. Film yang saya maksud adalah Miracle in Cell No. 7. Film yang menceritakan tentang hubungan ayah anak yang dimana ayahnya mempunyai penyakit keterbelakangan mental, yaitu berperilaku layaknya anak umur 6 tahun, sementara anaknya tumbuh normal, lalu apa yang terjadi jika anaknya sudah tumbuh dewasa dan mempunyai intelegensi yang jauh lebih baik dari ayahnya? Tenang, anda bukan sedang menonton film I am Sam yang dibintangi oleh Sean Penn, walau memiliki premis yang hampir mirip, tentang hubungan ayah anak yang mempunyai kelainan, film Korea yang disutradarai oleh Lee Hwan-Kyung ini lebih mengeksplor hubungan ayah anak tersebut di satu waktu, yaitu ketika sang ayah harus dipejebloskan ke dalam penjara gara-gara tindakan kriminal yang sebenarnya tidak pernah ia lakukan. Singkatnya, film ini sangat berpotensi untuk menjadi film tearjerker, tapi beberapa plot holenya terlalu mengganggu kekhusyukan saya menonton film berdurasi dua jam ini.

Miracle in Cell No. 7 dibuka dengan cerita seorang ayah yang mempunyai penyakit keterbelakangan mental, Yong-Goo (Ryu Seung-Ryong) yang tinggal dengan putrinya yang masih kecil, Ye-Seung (Kal So-Won). Mereka hidup bahagia berdua, sampai suatu waktu, ada insiden yang memisahkan Yong-Goo dan Ye-Seung. Yong-Goo dituduh telah menculik, memperkosa dan membunuh seorang gadis cilik yang sebaya dengan putrinya sendiri. Lebih parah lagi, gadis cilik yang tewas tersebut adalah anak dari seorang kepala polisi. Maka tidak ayal lagi, Yong-Goo yang bicara saja masih terbata-bata langsung dijebloskan ke penjara untuk dihukum mati, padahal kejadian yang dialaminya tidak sepenuhnya benar.

Masuk ke penjara penuh dengan para kriminal sejati tentunya memancing banyak perhatian, Yong-Goo yang basically adalah seorang yang ‘kurang pintar’ masuk ke dalam sel nomor tujuh yang dihuni oleh para mantan gangster dan penipu ulung. Tapi berkat suatu insiden yang lagi-lagi terjadi karena tindakan Yong-Goo yang polos, teman-teman satu selnya berusaha untuk membantu Yong-Goo, sampai akhirnya salah satu dari mereka nekat untuk menyelundupkan Ye-Seung ke dalam sel nomor tujuh, karena mereka tidak tahan dengan penderitaan Yong-Goo yang tidak bisa hidup jauh dari putrinya.

Pada dasarnya, film ini memakai resep jitu yang saya jamin bisa membuat 99% pria menangis meraung-raung. Konsepnya hampir sama dengan film Hello Ghost yang berhasil membuat saya mewek tak tertahankan, yaitu di paruh awal banyak sekali adegan yang memancing kelucuan, tapi mendekati paruh akhir, siap-siap saja mental anda ditempa dengan adegan-adegan tearjerker yang kurang ajar. Tapi sebagai film komedi, Miracle in Cell No. 7 sukses membuat saya tertawa terbahak-bahak, apalagi ketika Yong-Goo dan teman-teman satu selnya mulai berulah, tidak sedikit adegan konyol yang terjadi apalagi ketika sudah melibatkan sang mantan gansgter yang buta huruf, epik!

Tapi seperti yang saya bilang di awal, Miracle in Cell No. 7 terlalu menyepelekan hal-hal detail yang jujur sebenarnya ingin saya abaikan ketika menonton film-film seperti ini, tapi seperti jeblosnya Yong-Goo ke penjara tanpa persidangan yang layak dan rekomendasi yang layak dari seorang saksi ahli kalau ia itu sebenarnya mempunyai penyakit keterbelakangan mental benar-benar sangat tidak masuk akal, sekalipun korbannya adalah anak kepala kepolisian seantero Korea Selatan, hal-hal seperti ini harusnya menjadi sorotan media yang lebih kritik. Kemudian kondisi penjara yang benar-benar seperti penjara ‘bocah’, padahal di dalamnya diisi oleh para napi kelas kakap, apalagi ketika adegan balon udara muncul, oke itu memang terlalu ‘fairytale’ sekali, jika disebut ‘hyper-realism’ juga sudah sangat terlalu hyper, harus dibedakan dengan Hello Ghost yang memang sedari awal sudah mengusung konsep supernatural, sehingga even jika ada adegan-adegan diluar logika muncul pun masih bisa dimaafkan. Tapi di Miracle in Cell No. 7 ini simply to good to be true.

Well, diluar semua itu film ini masih mempunyai momen-momen magis dalam menguras air mata para penontonnya, saya harus akui, tidak sedikit juga adegan yang sangat menyentuhnya, apalagi ketika mendekati ending film ini. Tapi ya itu dia, impact-nya mungkin tidak se-tearjerker Hello Ghost yang berhasil membuat saya benar-benar menitikkan air mata, ha-ha. Long story short, Miracle in Cell No. 7 adalah film keluarga paket lengkap, drama dan komedinya berimbang dan bersinergi dengan sangat sempurna, penampilan para aktor dan aktrisnya pun patut diacungi jempol, apalagi para teman-teman satu sel Yong-Goo yang luar biasa konyolnya. Tunggu apalagi? Kalau anda sedang butuh tontonan yang menyentuh dari negeri ginseng, langsung saja tonton Miracle in Cell No. 7. Remember, don’t cry a lot, he-he.

Rating: 3.5/5

35 thoughts on “Miracle in Cell No. 7 (2013/Korea)

  1. pengen nonton film ini gara2 liat member exo yang nangis pas nonton (sayangnya belum nonton sampe sekarang,hehe)
    kayaknya ceritanya bagus,makasih infonya🙂

    Like

    • Bagus kok, drama komedi yang diakhiri dengan tearjerker fest ala film film korea pada umumnya, hehe, untuk enjoy film ini mah gak usah mikirin logika logika janggal, let it flow aja😛

      Like

    • Endingnya jelas kok, bapaknya kan tetep dihukum, terus si anaknya itu di ending udah gede dan jadi pengacara buat menegakkan keadilan buat si bapaknya kalo sebenernya si bapaknya itu gak pernah bersalah. Jadi kayak membersihkan nama baik bapaknya setelah sekian tahun kasus itu ditutup, begitu lho.🙂

      Like

  2. tapi sebenernya bapaknya udah nggak ada yha pas di akhir cerita, kok gak ditampilin…..
    trus bapaknya kemana, kalo lebih detil pas bagian itu, pasti lebih bagus filmnya…
    ane terharu sama film ini, kasian nasib ye seung, masih kecil udah ngehadapi cobaan seberat itu…..

    Like

  3. Wah gila.. Sampe gk bisa ambi nafas pas nangis..
    Lucunya juga sampe skit perut😀
    Mengingatkan sosok ayah sy yang udah di samping اَللّهُ ..
    Thanks for Miracel in Cell No. 7.. :*

    Like

  4. libur-libur gini sngaja gw cari2 film yg enak d tonton, kpikiran buat cari film sedih😀. Prtama gw nemu judul film korea miracle of giving fool lngsung gw search ke google nyari link download, pas gw ketik Miracle di search google muncul daftar paling atas miracle in cell no. 7 gw kira itu music symphony eh trnyata film korea yg rntingnya lumayan tinggi d imdb. di kaskus bnyak yg komen nangis-nangis stlh nonton ni film. Jd gw download ini aja deh.

    Sejak dulu gw berharap bisa nangis nonton film korea, dr smua judul film korea yg prnah gw tonton the classic, hello ghost, the screet, a millionaire’s first love, dll udah gw paksa-paksain biar nangis eh.. tetep aja gak bisa.
    Baru kali ini gw nangis beneran saat nonton film miracle in cell no. 7 ini.😀 gw ngrasa ini adlh berkah.
    tp sayang ide critanya mirip Green Mile tentang orang idiot yg d anggep psikopat dan pedofil, tp keren ad gubahan yg latar blakangnya cocok dg piskologis orang asia dan bisa lbh mantep lg kalo ini kisah nyata.

    barangkali bisa kasih gw saran film-film lain yg bisa bikin nangis.

    Like

    • Hai, salam kenal, thanks udah menyempatkan membaca review film-film disini, hehe.

      Film2 yang bisa bikin nangis? justru itu Hello Ghost yg udah disebutin sama Tri lebih bikin gw nangis daripada Miracle ini, haha…

      Kalo film2 asia yg bikin nangis rekomendasi dari saya belom begitu banyak, tapi kalo dari hollywood yang bisa bikin mewek mungkin bisa cobain Into The Wild atau 127 Hour, nangisnya kalo nonton film itu nangis yg memotivasi soalnya, haha.

      Sementara itu dulu kali yah, nanti kalo inget lagi film apa yg bisa bikin nangis saya pribadi, dikasih tau deh, hehe. Thanks a lot.

      Like

  5. Awalnya dapet 2 rekomendasi film dari temen, hello ghost sma film ini . pas nonton hello ghost gak dapet feelnya , trus jadi males nonton film ini. setelas sekian lama kesimpen silaptop. akhirnya ditonton jg dan hasilnya Nyesel gak nonton film ini dari kemaren2. Ngorbanin air mata banget ini film🙂

    Like

    • Hehe, film ini sama hello ghost kapasitasnya emang bikin air mata banjir, tapi kalo buat saya jujur hello ghost lebih nyesek soalnya saya nonton itu sama sekali gak tau apa2 dan ditutup dengan twistnya yang kurang ajar bikin kejantanan ini leleh, haha, jadi pas nonton film ini udah persiapan duluan bakal se-tearjerker apa filmnya.

      But, so far dua duanya emang bagus kok😀

      Like

  6. I miss you Dad
    film yang mengajarkan betapa cintanya seorang ayah dan kecintaan seorang anak untuk membebaskan ayahnya dari tuduhan kasus yang menjerat ayahnya.
    kasih sayang seorang anak kepada ayahnya walau ayahnya cacat mental tapi tidak cacat hatinya seorang ayah untuk mencintai anaknya dengan tulus.

    Like

  7. Reviewnya asik nih, thanks. Oyah, mau ngasih tau nih ada lg film2 koreayg pernah gue liat yg emg bikin nangis, Wedding Dress(cerita ttg ibu dan anak), A long visit mom(ttg ibu juga). Keren dan bikin kejer. Siapin tisu aja deh, hehe

    Like

    • Wow, thanks untuk apresiasinya dan thanks juga untuk rekomendasi film film korea tearjerker lainnya, hehe, nanti segera dicari deh, kebeneran emang jarang nonton film asia yang tear jerker😛

      Like

  8. Baru nonton juga…bikin nangis walau ga sebaanjir hello ghost… Cuma mmg agak mengganggu dengaan beberapa hal kayak proses sidang, trus jg sidaang membersihkan nama baik, kepala polisinya ga dihadirkaan di sidang… Sama… Mamanya Ye Seung sapa ya???

    Like

    • Mamanya emang gak di highlight kalo gak salah, agak2 lupa gw juga, tapi proses sidang itu emang rada janggal sih, tapi ya udahlah, selama masih bisa bikin nangis, berarti tujuan pelmnya tercapai bukan? hehe.

      Like

  9. coba a long visit a.k.a my mom, itu juga bikin nangis tapi ini tentang ibu :”D
    nonton ini lumayan mewek, tapi miracle in cell no 7 nomer 1 dah yg bikin mewek hahaa. nonton filem2 ini tahun lalu sih kayaknya, tapi masih membekas.

    beberapa film nyesek korea versi ane😀

    1. miracle in cell no 7
    2. hello ghost
    3. my mom
    4. wedding dress
    5. hope
    6. always

    Like

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s