Escape Plan (2013/US)


Let's rumble!

Let’s rumble!

Masih kurang puas dengan The Expendables yang menyatukan beberapa aktor laga lawas yang ikonik beberapa puluh tahun kebelakang dalam satu film? Jangan khawatir, Escape Plan akan memuaskan dahaga anda, malahan kalau saya bilang lebih memuaskan dari dua seri The Expendables, padahal di film bertema prison break terbaru ini, Escape Plan hanya mengandalkan kharisma dua aktor utamanya yang tentunya sudah tidak asing lagi, yaitu Sylvester Stallone dan Arnold Schwarzenegger, tapi percayalah, film berdurasi kurang lebih 90 menit ini amat sangat menghibur sekali!

Film ini menceritakan tentang sepak terjang Ray Breslin (Sylvester Stallone), seorang mantan jaksa penuntut yang beralih profesi menjadi seorang pengusaha swasta di bidang keamanan. Tugasnya selama 14 tahun terakhir adalah masuk penjara dan mencoba kabur dari penjara tersebut, untuk mengetes apakah penjara yang Ray huni sudah teruji keamanannya. Berkat prestasinya yang gemilang, seorang agen CIA meminta bantuan Ray untuk menguji sebuah penjara baru yang mempunyai keamanan super ketat. Tapi ketika Ray masuk ke penjara yang lokasinya ia pun tidak ketahui tersebut, ada sebuah konspirasi yang membuat dirinya terjebak di penjara bernama ‘the tomb’ tersebut.

Beruntung Ray bertemu dengan seorang napi veteran disana, Rottmayer (Arnold Schwarzenegger). Dengan bantuan Rottmayer, Ray sekarang benar-benar harus mencoba mencari celah untuk bisa kabur dari penjara dengan keamanan super ekstra ketat yang dipimpin oleh seorang kepala sipir kejam bernama Hobbes (Jim Caviezel) dan kaki tangannya yang brutal, Drake (Vinnie Jones). Jadi, selama sekitar 116 menit, anda akan menyaksikan kerjasama apik dua aktor ikonik film-film action Hollywood masa lalu ini bahu membahu untuk bisa kabur dari penjara ala Prison Break ataupun The Shawshank Redemption. Yang menarik adalah, walau di dalamnya ada Sly dan Arnie yang biasa bermain ‘otot’ dalam film-film yang mereka bintangi, kali ini anda akan menyaksikan sedikit ‘otak’ di dalam ceritanya yang jarang kita saksikan dari film-film yang dibintangi dua aktor lawas ini.

Ya, secara keseluruhan, Escape Plan adalah sebuah film action crime bertema prison break yang sangat menghibur. Makin tua makin menjadi-jadi adalah sebuah ungkapan yang makin cocok disematkan kepada Sly dan Arnie yang berhasil membuat saya betah menyaksikan aksi mereka di layar bioskop. Jarang-jarang saya melihat film Sly yang hampir separuh durasinya ia bertindak taktikal dan terencana, tidak selalu harus menggunakan ototnya untuk menghajar para penjahat. Sama halnya dengan Arnie, walau porsinya bertarung dan mengeluarkan dialog maut ‘one liner’-nya lebih banyak dari Sly, penampilan keren bahkan kocaknya tetap menghibur saya apalagi ketika ia mulai mengucapkan sumpah serapah dalam bahasa Jerman, epik!

Film yang disutradarai oleh Mikael Håfström ini makin seru ketika banyak karakter pendukungnya yang mumpuni. Sebut saja Jim Caviezel yang karirnya sedang menanjak (lagi) lewat serial televisi andalan CBS, Person of Interest, kemudian masih ada Vinnie Jones yang sudah jarang terlihat tampil di film-film produksi Amerika sampai Faran Tahir yang menjadi tandem Sly dan Arnie untuk kabur dari penjara yang lokasinya saya jamin tidak pernah terpikirkan oleh anda sekalipun, he-he. Selain mereka semua, masih ada rapper 50 Cent alias Curtis Jackson yang ikut nampang di film yang asalnya berjudul The Tomb ini.

Semua elemen tersebut dibungkus rapih dengan situasi set penjara minimalis tapi terasa sekali futuristiknya, bahkan penggambaran penjara ‘the tomb’ cukup terlihat ekstrim dan keji (sel berdinding kaca, penjaga yang memakai topeng dll). Apalagi ada beberapa unsur religi yang disentil di film ini tapi tidak lantas membuat saya tidak nyaman, semua dibalut dengan pas, sesuai pada tempatnya dan tidak berlebihan. All in all, Escape Plan adalah tontonan yang tepat di bulan-bulan penuh dengan film ‘serius’ yang bersaing untuk ajang Oscar tahun depan. Tidak terlalu menjadi sebuah film action brainless, sedikit cerdik, kocak dan tetap menegangkan dan tentunya kudos to Sly dan Arnie yang akhirnya mendapatkan kesempatan untuk duet di film yang tepat, well done guys!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s