About Time (2013/UK)


Love actually is...

Love actually is…

Kembali lagi dengan review film yang terakhir saya tonton, kali ini giliran film Inggris bergenre romantis sci-fi yang akan saya bahas, yaitu About Time. Film ini sudah cukup lama nangkring di bioskop-bioskop terdekat, tapi karena beberapa kesibukan yang saya kerjakan, baru kemarinan saya akhirnya bisa mampir ke bioskop lagi untuk nonton film, dan About Time yang menjadi pilihan sekaligus my lucky pick, karena hari dimana saya menonton film ini adalah hari terakhir About Time nangkring di bioskop. Dan memang saya beruntung, film garapan Richard Curtis ini memang manis, hampir sama manisnya seperti dua film terdahulu yang pernah digarap sineas yang lahir di Selandia Baru ini, Love Actually dan The Boat that Rocked/Pirate Radio.

About Time menceritakan pengalaman romantis nan unik seorang pria bernama Tim (Domhnall Gleeson) yang sedang mencari cinta sejatinya, tapi tanpa disengaja, ketika ia menginjak usia 21 tahun, ayah Tim (Bill Nighy) memberitahu bahwa dirinya mempunyai kemampuan untuk menjelajah waktu. Sebuah kemampuan yang agak konyol bukan? Tapi percayalah, kemampuan menjelajah waktu tersebut berhasil merubah hidup galau Tim hingga akhirnya ia bertemu cinta sejatinya, Mary (Rachel McAdams). Lalu seperti kisah cinta berbumbu sci-fi pada umumnya, Tim berusaha memanfaatkan kemampuan ‘time travelling’-nya untuk ‘memperbaiki’ apapun yang menurut dirinya bisa mempengaruhi kehidupan cinta dan keluarganya.

Oke, About Time mungkin masih kalah mengharukan dengan dua film Richard Curtis terdahulu, karena topik yang diangkat di film ini sebenarnya tidak terlalu baru, dan sedikit bumbu time travelling-nya juga tidak begitu berperan banyak di film berdurasi kurang lebih dua jam ini. Malahan hubungan percintaan Tim dan Mary bukanlah poin utama yang mempengaruhi cerita Tim dalam mengembangkan kemampuan time travelling-nya. Tetap saja, About Time pada akhirnya lebih menonjolkan hubungan ayah-anak yang memang berhasil tampil lebih manis daripada hubungan romantis Tim dan Mary.

Ya, tidak ada loophole maupun time paradox yang begitu signifikan dalam film ini, sebuah unsur yang biasanya menjadi muatan wajib dalam film yang mengusung tema time travelling, maka tidak usah heran dan mengeluh dengan kemampuan Tim yang bisa menjelajahi waktu dengan mudahnya, bahkan ada beberapa scene yang membuat saya agak bertanya-tanya soal time paradox yang terjadi, seperti ketika Tim yang berusaha untuk merubah hidup kakaknya di masa lalu. Tapi semua itu tidak begitu berpengaruh karena pada akhirnya film ini menyampaikan pesan moral yang paling sederhana dalam hidup, yaitu hargailah waktu.

Dengan suasana ‘hangat’ ala film-film Richard Curtis terdahulu, saya pikir About Time tetap menjadi sebuah film romantis ringan ala British yang sukses membuat saya tertawa renyah dan lumayan terharu di beberapa scenenya. Tidak terlalu menye-menye walaupun memang tetap menjadi sebuah film yang diakhiri happy ending. Penampilan para aktor dan aktrisnya pun saling mendukung, dari penampilan kikuk Domhnall Gleeson, penampilan anggun Rachel McAdams, penampilan nyentrik seperti biasa Bill Nighy dan para peran pendukung lainnya, semuanya dibungkus dengan apik dalam satu kesatuan cerita romantis yang tidak saja menceritakan hubungan manis sepasang kekasih tapi juga keharmonisan sebuah keluarga besar yang mempunyai pribadi-pribadi bertolak belakang.

Pada akhirnya, About Time berhasil meninggalkan ‘bekas’ yang lumayan, karena tidak selamanya kemampuan menjelajah waktu bisa memperbaiki hidup seseorang, tapi cara terbaik untuk bisa memperbaiki dan menikmati hidup itu adalah dengan menghargai waktu dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Seperti kata orang kebanyakan, jalani hari dengan sepenuh hati seperti itu hari terakhir anda. It’s not about back in time, it’s about how you spending your time perfectly. Hope you’ll like it!

Rating: 3.5/5

What's your opinion?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s